RouteOpBlog e1579556685926

Route Optimization, Atur Jalur Distribusi Paling Efisien

Berkat teknologi yang semakin berkembang, kini hampir semua hal bisa menjadi lebih gampang. Salah satu yang paling terasa adalah mengetahui jalur transportasi yang semakin mudah. Dulunya untuk mengetahui jalur transportasi kita hanya bisa melihatnya lewat peta manual, menanyakan ke orang lain dan cara manual lainnya yang tentu sangat merepotkan, ya. Namun sekarang hanya dengan memanfaatkan gadget yang ada seperti smartphone, kita sudah bisa mencari rute transportasi yang paling optimal.

Aplikasi route optimization juga semakin sering digunakan karena manfaatnya yang begitu banyak. Selain itu, untuk beberapa bidang pekerjaan juga aplikasi route optimization ini sangat penting. Dengan kehadiran berbagai aplikasi seperti route optimization ini tentu untuk penyaluran produk, manajemen logistik. Bahkan, dokumentasi pada manajemen inventory bisa menjadi lebih mudah karena hanya dengan memanfaatkan koneksi internet dan fitur Global Positioning System (GPS).

Pengertian Route Optimization

Road trip taxi, pave the route, location information. Premium Vector

sumber : freepik

Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan route optimization? Ada beberapa orang yang memang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan route optimization ini. Jadi, route optimization merupakan suatu proses untuk menemukan rute perjalanan atau transportasi dengan biaya yang paling murah untuk beberapa perjalanan hanya dalam satuan waktu.

“Jadi apakah route optimization ini sama saja seperti Google Map?” Banyak pertanyaan seperti demikian, padahal kenyataannya route optimization berbeda dengan Google Map. Perbedaan keduanya terletak di prioritas fungsinya.

Route optimization adalah aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk navigasi rute perjalanan. Pada awalnya, aplikasi route optimization memang bentuknya masih sederhana karena pada saat itu fungsinya hanya untuk navigasi perjalanan dan juga membagikan lokasi (share location). Maka dari itulah dulunya route optimization pemanfaatannya sangat terbatas.

5 Elemen Penting di Aplikasi Route Optimization

Gps navigation. smartphone with map, route and pointers. geolocation. map world. Premium Vector

sumber : freepik

Kehadiran route optimization, seperti Google Map sangat memudahkan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan transportasi salah satunya transportasi online, marketplace, ataupun untuk perusahaan travel. Sedangkan untuk beberapa perusahaan kecil memang biasanya lebih memanfaatkan Google Map untuk sekedar membagikan lokasi terkini saja.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi route optimization sekarang ini memang ada banyak karena banyak developer yang mengembangkannya. Selain itu, aplikasi route optimization juga digunakan di semua sektor bisnis seperti layanan jasa, ritel, perusahaan distribusi dan banyak lagi.

Aplikasi route optimization memang beragam dan juga memiliki fungsi yang beragam pula. Sebagai contoh route optimization untuk manajemen logistik, yang memang berperan penting untuk mengetahui detail keberadaan produk, informasi, modal, dan tentunya energi. Selain itu, aplikasi route optimization juga akan sangat membantu berbagai proses logistik mulai dari perencanaan, pengendalian, hingga finishing.

Ada 5 elemen penting di aplikasi route optimization yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Global Positioning System (GPS)

GPS atau Global Positioning System merupakan suatu sistem yang memungkinkan sebuah aplikasi bekerja dan membantu penggunanya untuk mengetahui posisi terkini suatu objek yang ada. Untuk sistem kerja GPS sendiri yaitu dengan mentransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS yang ada. Setelah itu, GPS akan kembali menerima sinyal dari satelit dan perangkat yang digunakan nantinya dapat menentukan lokasi yang diminta hanya dalam waktu singkat dan bahkan kurang dari 1 detik.

Dengan waktu yang sangat singkat itu, maka akan lebih memungkinkan perangkat untuk memberikan informasi dengan sangat akurat mengenai keberadaan suatu objek dan apa saja cara yang paling mudah untuk bisa mencapai objek tersebut.

Baca juga! : Tips Sukses Menjadi Distributor Baju Langsung Dari Pabrik

2. Aplikasi Programming Interface (API)

Elemen route optimization yang kedua yaitu API (Aplikasi Programming Interface). Yang mana fungsi utama dari route optimization yaitu sebagai navigasi digital yang dapat menampilkan peta secara virtual. Aplikasi tersebut tentunya akan sangat berguna karena menyediakan berbagai fitur yang beragam. Salah satu fitur yang sangat berguna yaitu dapat melakukan pencarian rute dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dengan adanya elemen GPS dari smartphone, maka aplikasi route optimization ini pun sangat bisa dirasakan manfaatnya, seperti untuk tracking. Selain itu, manfaat lain yang bisa dirasakan pengguna dengan adanya Aplikasi Programming Interface ini yaitu gambar yang ditampilkan pun akan mendekati yang sebenarnya.

Dengan aplikasi Google Map, maka berbagai gambar yang ditampilkan memang bukan yang diperbarui secara real time, namun gambar lama. Bahkan usia dari gambar tersebut bisa 3 tahun lebih. Tentunya hal tersebut berbeda dengan aplikasi route optimization profesional, yang mana gambar yang tersedia merupakan gambar yang terbaru. Dengan demikian, pembaruan tata kelola jalan memang selalu dilakukan sehingga dengan demikian bisa mengurangi risiko terjadinya kesalahan rute untuk para pengguna aplikasi route optimization.

3. Assistance Global Positioning System (A-GPS)

A-GPS atau Assistance Global Positioning System (A-GPS) sebenarnya hanya pelengkap dari GPS. Meskipun hanya pelengkap tapi A-GPS ini sangat penting untuk setiap aplikasi route optimization yang terinstal di smartphone penggunanya. Di setiap rute perjalanan, A-GPS ini dapat menyimpan banyak data penggunanya. 

Setelah itu maka data ditransformasikan oleh server ketika dibutuhkan. A-GPS dapat menentukan mana rute yang sering mengalami macet, jarang dilalui oleh kendaraan, dan bahkan mana rute khusus untuk kendaraan tertentu. Dengan adanya A-GPS, maka GPS dapat memberikan rekomendasi rute terbaik untuk para pengguna yang disesuaikan dengan jenis transportasi apa yang digunakan.

Sebenarnya baik GPS ataupun A-GPS sama-sama memiliki keakuratan data yang baik. Di mana saja dan kapan saja, ataupun dalam kondisi cuaca apapun GPS dan A-GPS dapat digunakan dengan lancar. Selain itu, keistimewaan dari dari A-GPS adalah tingkat akurasinya yang sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 3 meter hingga 15 meter. A-GPS dirancang secara khusus agar perangkat yang digunakan bisa lebih cepat terhubung ke satelit dan lebih bisa diandalkan. A-GPS tentunya dapat memberikan berbagai informasi penting ke server GPS.

4. Best Path

Selanjutnya ada Best path yang merupakan elemen pendukung navigasi pengguna route optimization. Sebagai contoh, jika sedang diaktifkan maka Aplikasi memberikan perintah untuk belok ke jalan yang dituju setelah sekian meter, atau bisa juga memberikan informasi bahwa pengguna telah berada dan telah sampai di tempat yang dituju.

Best path memiliki peran yang sangat penting dalam membangun algoritma sehingga pengguna akan merasa nyaman pada saat menggunakan aplikasi di smartphone masing-masing. Bahkan, pada awal pencarian suatu objek, Best Path ini dapat memungkinkan para pengguna untuk bisa menemukan lokasi yang dituju hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci yang diinginkan.

5. ETA (Estimated Time Of Arrival)

Sebenarnya salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari aplikasi route optimization yaitu dapat meningkatkan ketepatan perkiraan waktu kedatangan atau ETA (Estimated Time of Arrival). Sehingga dengan demikian dapat membantu pelanggan untuk mengetahui kapan tibanya produk yang mereka pesan.

Dengan kelebihannya ini, pelanggan akan mengetahui kapan mereka harus ada di rumah untuk menunggu datangnya produk dan membuat aturan apa saja yang diperlukan. Dengan adanya elemen ini maka transaksi akan jauh lebih mudah.

Ada berbagai fitur menarik dari ETA, antara lain sebagai berikut:

  • Bisa menentukan mana rute paling cepat sehingga bisa menghemat bahan bakar.
  • Hanya dengan menggerakkan jari maka dapat mengoptimasi rute tujuan.
  • Menemukan rute terbaik sesuai dengan kebutuhan dan jenis kendaraan.
  • Selanjutnya dapat menghitung kemampuan pengiriman yang sesuai dengan volume kendaraan.
  • Secara otomatis dapat mengetahui waktu kedatangan, perkiraan toko buka jam berapa dan kapan kendaraan akan tersedia.
  • Adanya peta interaktif sehingga dapat mengetahui jalan yang macet, jalan yang lancar dan lampu merah.
  • Secara otomatis bisa mengonversikan alamat pelanggan dan koordinat lokasinya.
  • Bisa diintegrasikan dengan aplikasi 3rd party.
  • Dan yang terakhir yaitu adanya fitur re-route sehingga dapat mengatur ulang rute terbaik dan terlancar jika ada hambatan di suatu jalur.

Kapan Bisnis Perlu Menggunakan Route Optimization?

Delivery concept. orange delivery truck moving with red sign above, male and female characters standing near big smartphone, man talking on phone. navigation map on screen. Premium Vector

sumber : freepik

Jika ada beberapa titik perhentian dalam pengiriman barang, maka Anda sangat memerlukan cara untuk bisa menemukan urutan penghentian yang optimal sehingga rute yang digunakan memang efisien. Sebenarnya efisiensi rute memang sangat penting menjadi salah satu dampak besar dari pada profitabilitas bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya saja pada saat Anda melewati 6 alamat, maka perencanaan dalam rute dan merencanakan rute yang efisien dengan cara manual menggunakan Google Maps akan sangat rumit, dan tentunya rentan terhadap kesalahan manusia (human error), apalagi jika Anda memerlukan suatu  pertimbangan di beberapa keadaan yang berkaitan dengan pengiriman barang. Bahkan tidak jarang juga suatu bisnis pengiriman barang menghabiskan beberapa jam mencari di Google Map hanya untuk mencari suatu rencana rute yang nantinya akan dilewati.

Lantas, kapan dibutuhkan route optimization? Jadi, jika Anda menemukan 4 masalah di bawah ini maka jangan ragu untuk menggunakan route optimization:

1. Adanya Batasan dalam Perencanaan Rute (Routing Constraints)

Yang pertama adalah Anda memiliki beberapa ketentuan ataupun batasan untuk bisa memaksimalkan proses pengiriman. Contohnya saja seperti jendela waktu (time window), ukuran muatan kendaraan, waktu jeda dan istirahat kurir dan berbagai ketentuan lainnya.

2. Mengoptimalkan Urutan Titik Perhentian

Untuk masalah titik perhentian, Google Map memang menyerahkannya ke para penggunanya. Namun sayangnya titik perhentian tersebut hanya dibuat secara terbatas dengan 10 titik dan para pengguna pun harus mengeluarkan biaya lagi untuk dapat meng-upgrade jika ingin menambah titik perhentian. Dengan demikian, membuat Anda harus melakukannya secara manual dengan melihat peta, menarik lalu melepaskannya ke alamat urutan terbaik yang bisa Anda buat untuk pengemudi.

3. Diperlukannya Banyak Rute untuk Berbagai Kendaraan dengan Jenis yang Berbeda

Selanjutnya, jika Anda memiliki daftar alamat dan membagikannya untuk dua atau lebih kendaraan, bisa saja Anda menentukan mana pengemudi yang harus mendapatkan pesanan pengiriman tertentu. Maka dari itulah kendala tersebut menjadi lebih kompleks.

4. Di saat Anda Perlu Mengelola Operasi Pengiriman Lainnya

Dan yang terakhir jika Anda perlu mengelola operasi pengiriman yang lainnya. Karena seperti yang diketahui akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis pengiriman jika dibandingkan dengan rute yang optimal. Contohnya dengan melakukan pelacakan dari lokasi pengemudi, melakukan identifikasi apakah pengemudi tersebut berpegang teguh pada rute yang sesuai, memastikan pengemudi tepat sasaran untuk ETA yang dikomunikasikan kepada para pelanggan bisnis Anda, dan tentunya mengetahui kapan masalah terjadi. Beberapa hal tersebut merupakan komponen yang tentunya sangat penting dari pelaksanaan rute pengiriman yang efektif.

Manfaat Aplikasi Route Optimization untuk Bisnis

Setelah melihat pembahasan di atas tentunya Anda bisa mengetahui apa saja manfaat dari aplikasi route optimization ini ya. Untuk lebih lengkapnya, mari ketahui berbagai manfaat lainnya mengenai aplikasi route optimization di bawah ini:

1. Visibilitas yang Lebih Luas

Jika Anda menggunakan aplikasi route optimization maka Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik yang berkaitan dengan operasi bisnis secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa melihat dengan lebih jelas mengenai di mana posisi kurir, status paket terkini, waktu pengiriman, dan lain sebagainya.

2. Lebih Hemat Uang dan Waktu

Pada dasarnya aplikasi route optimization ini memang bisa mengurangi waktu perencanaan rute hingga menjadi beberapa menit. Indikator tersebut menjadi salah satu efek yang paling cepat bagi bisnis yang memang menggunakan metode rute manual ataupun yang menggunakan semi-manual. Sehingga waktu yang hemat akan berbanding lurus dengan penghematan biaya juga.

3. Produktivitas Lebih Meningkat

Penghematan waktu dengan menggunakan aplikasi route optimization juga dapat digunakan untuk mengakomodasi berbagai pesanan dan kiriman sesuai permintaan pelanggan. Dengan hal tersebut maka bisa meningkatkan kinerja, misalnya pengemudi yang lebih bisa berkonsentrasi dengan tugasnya.

4. Perencanaan Penugasan Lebih Baik

Manfaat terakhir dari penggunaan aplikasi route optimization yaitu perencanaan penugasan yang lebih baik. Route optimization tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan pendistribusian tugas secara otomatis sehingga bisa meminimalkan proses manual yang sangat melelahkan, merepotkan dan tinggi risiko human error.

Route optimization bisa memberikan rekomendasi kendaraan yang paling sesuai berdasarkan dari lalu lintas, volume, ukuran pengiriman, jenis kendaraan, waktu pengiriman, durasi berhenti, dan lain sebagainya. Sehingga proses logistik pun bisa berjalan dengan lebih lancar.

Fitur Route Optimization di SimpliDOTS

Landscape2

Ada berbagai manfaat dari aplikasi route optimization. SimpliDOTS juga menghadirkan fitur route optimization dan menjadikannya sebagai delivery force automation nomor satu di Indonesia. Dengan menggunakan fitur ini di SimpliDOTS maka ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Lebih Cepat dan Irit

Akan memberikan rute tercepat sehingga akan lebih menghemat bensin dan tentunya efektivitas lebih tajam.

2. Multistop

Mengantar banyak barang ke berbagai tujuan bukan lagi masalah, karena optimasi akan dilakukan secara instan oleh SimpliDOTS hanya untuk Anda.

3. Auto Calculate Packing

Selanjutnya dapat mengkalkulasikan kemampuan pengantaran sesuai dengan volume kendaraan yang digunakan.

4. Delivery Window

Dapat mengetahui waktu tiba dengan tepat secara otomatis. Selain itu juga terdapat estimasi kapan jam buka toko dan kapan kendaraan Anda tersedia.

5. Automated Assignment Delivery

Secara cepat dan tepat sistem dapat membagikan barang ke berbagai armada, tentunya disesuaikan dengan dengan ketersediaan armada yang ada, supir dan lokasi pelanggan.

Anda telah mengetahui fitur route optimization dari SimpliDOTS dan juga manfaat dari fitur yang disediakan. Bisnis akan berjalan dengan lebih mudah, cepat dan hemat hanya dengan fitur dari SimpliDOTS ini. Jika Anda sedang menggeluti bisnis distribusi, jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk mendukung jalannya bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi Delivery & Route Optimization yang dikembangkan oleh SimpliDOTS, Anda bisa membacanya di sini.