Penambahan fitur Import Update Data Customer, Product, Employee dan Export PriceList pada Sales Management Hub (SMH) – [15 August 2022]

Terdapat fitur baru di Sales Management Hub yaitu Import untuk update data. Menu ini memiliki fungsi untuk mengubah data customer, product, employee dan pricelist langsung via import.

Background

Sebelumnya, di SimpliDOTS SMH sudah ada fitur import data, akan tetapi cara kerjanya jika data yang sudah ada di sistem di import kembali, maka akan ter-skip saat import (tidak update existing data) hanya insert data baru saja.

Flow seperti ini beberapa distributor belum cocok, karena kadang kala reimport kembali data untuk update existing data ketika ada perubahan dalam jumlah banyak.

Sehingga untuk itu di SimpliDOTS SMH kita sediakan 2 pilihan, yaitu :

  1. Import Data
  2. Import Update Data

Bisa digunakan untuk reimport / reupdate existing data di sistem, akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan untuk import data yg sudah ada.
Jika melakukan import data yg tidak ada dari sistem, maka system akan menampilkan error data2 baru yang belum ada tersebut, bahwa data tidak bisa update dan juga tidak otomatis membuat data baru.
Karena fitur import update data ini hanya dikhususkan import update data yg sudah ada.

Saat terjadi error, yang tidak terupdate hanya data yang error tsb sedangkan data yg tidak ada masalah tetap terupdate dan masuk ke sistem.

Contoh: user import data sebanyak 100 data. 2 dari data bermasalah. Maka 98 data lainnya tetap terupdate di sistem, hanya 2 data yang bermasalah tersebut yang tidak terupdate.

Sedangkan update data baru digunakan untuk import data2 baru saja, jika disini dilakukan import data yang sudah ada, maka sistem akan skip data-data yang sudah ada tersebut (seperti flow saat ini).

image 20220812 110804
Tampilan menu Import Update Data pada Customer
image 297
Tampilan menu Import Update Data pada Product
image 298
Tampilan menu Import Update Data pada Employee

Sebelumnya di SimpliDOTS SMH belum ada fitur export Pricelist, sehingga jika user ingin export data harus minta bantu ke tim CSA lalu CSA ke tim Dev SimpliDOTS. Ini kurang efektif karena user depend ke tim SimpliDOTS.

User melakukan export pricelist untuk mengoreksi / update harga penjualan yang sudah tersimpan sebelumnya, lalu setelah di update di excel dapat diimport kembali.

Saat ini sudah ditampilkan menu export to excel agar user tidak harus menginput ulang atau request ke tim CSA secara manual.

image 20220812 111127
Tampilan Export to Excel

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait