image1

Pahami Software Penjualan Distribusi Beserta Fitur-Fiturnya

Software atau bisa juga disebut dengan perangkat lunak merupakan suatu istilah khusus yang memang untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, salah satunya adalah software penjualan distributor. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai software penjualan distributor beserta dengan fitur-fiturnya.

Mengenal Lebih Dekat Software Penjualan Distributor

Sebelum mengetahui apa saja software penjualan distributor beserta dengan fitur-fiturnya, maka kita akan mengenal lebih dekat apa itu software penjualan. Software penjualan distributor sebenarnya adalah suatu software yang menggunakan sistem manajemen penjualan dan juga distribusi yang memberikan manfaat seperti kemudahan untuk melakukan pelacakan, mengelola stok, melacak distribusi pesanan, dan bahkan menghasilkan laporan.

Manfaat Menggunakan Software Penjualan Distributor

Kehadiran software penjualan distributor tentunya menghadirkan banyak sekali manfaat untuk usaha distribusi ya. Apalagi selama menjalankan usaha atau bisnis, bisa saja berbagai masalah mengenai distribusi bisa terjadi. Maka dari itulah software penjualan distributor sangat dibutuhkan.

Manfaat software penjualan distributor antara lain sebagai berikut: 

  1. Manfaat yang pertama adalah mendapatkan wawasan (insight) yang lebih rinci lagi terkait dengan sales funnel. Anda juga bisa melihat pertumbuhan bisnis yang sedang Anda jalankan, mengetahui berbagai hal yang memang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Sebagai contoh mengenai produk / jasa apa yang paling laris, ataupun wilayah mana yang repeat-ordernya tinggi, dan lain sebagainya.
  2. Manfaat software penjualan distributor yaitu dapat menciptakan jalur produksi, penjualan dan tentunya distribusi sehingga menjadi lebih efisien.
  3. Berbagai informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan Anda tentunya akan menjadi lebih cepat untuk ditindaklanjuti atau ditangani, sehingga nantinya akan memberikan dampak positif terhadap kepuasan pelanggan, selain itu dapat juga menarik calon pelanggan lainnya.
  4. Manfaat yang selanjutnya adalah lebih mudah untuk memahami dan juga melakukan peninjauan mengenai calon pelanggan dan tentunya juga bagaimana perilaku mereka sebagai target penjualan perusahaan Anda. Dan hal itu tentunya juga bisa dicapai berkat adanya komunikasi yang terjadi dengan lebih baik antara mereka dengan perusahaan yang Anda jalankan.
  5. Untuk meminimalisir hilangnya dokumen-dokumen penting, salah satunya seperti invoice, yang memang bisa mengganggu jalannya bisnis distribusi. Dengan adanya software penjualan, maka pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.
  6. Pemantauan pekerja atau tim juga bisa dilakukan secara berkala, kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  7. Selanjutnya adalah bisa meningkatkan pendapatan dan juga meningkatkan produktivitas dari tim sales.
  8. Pengambilan tindakan pun menjadi lebih cepat dalam hal penyelesaian suatu masalah, dan juga mencegah berbagai risiko yang bisa saja terjadi.
  9. Dan yang terakhir yaitu dapat menghemat pengeluaran perusahaan.

Software Penjualan Distributor Beserta Fitur-fiturnya

Dan di poin ini kita akan membahas mengenai software penjualan distributor berikut dengan fitur-fiturnya, antara lain sebagai berikut: 

1. SimpliDOTS

Accurate + SimpliDOTS - SimpliDOTS

Software penjualan distributor yang pertama adalah SimpliDOTS. Aplikasi yang berbasis cloud ini akan lebih memudahkan distributor dalam menjalankan bisnis distribusi. Bukan hanya itu saja, software penjualan distributor SimpliDOTS juga dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis seperti jual-beli, hutang piutang dan bahkan melakukan monitoring mengenai posisi karyawan yang memang sedang bertugas di lapangan.

Selain itu, software penjualan distributor SimpliDOTS juga dapat terhubung dengan aplikasi lainnya, seperti: 

  • Sales Force Automation.
  • Retail Direct Order.
  • Monitoring.

Selain adanya berbagai fitur menarik tersebut, dengan software penjualan distrbutor SimpliDOTS ini Anda pun sudah bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang sangat menarik, seperti:

  • Yang pertama adalah adanya fungsi kolaborasi dengan mitra dagang perusahaan Anda.
  • Software ini bisa mengelola berbagai operasional distribusi dengan lebih mudah sehingga tentunya bisa lebih menghemat waktu.
  • Pemantauan kerja pun dapat dilakukan secara mobile, kapan saja dan di mana saja Anda bisa melakukan pemantauan.
  • Waktu komunikasi antar divisi yang menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Selanjutnya yaitu bisa melakukan penjadwalan rute sehingga memberikan efisiensi pengunjungan dan tentunya juga pengantaran.
  • Keberadaan petugas di lapangan dapat dicek dan sehingga Anda bisa melakukan kontrol lebih.
  • Berbagai data penting yang dimiliki oleh perusahaan Anda nantinya akan diubah menjadi laporan dan juga grafik sehingga pembacaan akan jauh lebih mudah, selain itu juga dapat meningkatkan kinerja yang dikenal dengan Business Intelligence (BI).
Software penjualan distributor SimpliDOTS dinamakan Sales Automation Platform karena mampu membuat sistem dan kinerja sales berjalan otomatis dan lebih efektif efisien. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai software penjualan distributor dari SimpliDOTS, klik link ini. Free Trial 14 hari.

2. Qontak.com

6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia - Qontak.com Blog

Software penjualan distributor Qontak.com memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sistem penjualan distribusi di perusahaan Anda. Qontak.com ini menawarkan berbagai kemudahan untuk Anda sehingga pekerjaan pun bisa lebih mudah untuk Anda lakukan. Dengan interface yang simple, aplikasi juga bisa dioperasikan lebih mudah. Nah, di bawah ini ada berbagai fitur yang ada di Qontak.com, antara lain:

  • Pelacakan Penjualan (Sales Tracking) 

Fitur yang pertama ini tentunya akan lebih memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui tahapan-tahapan yang ada di pada proses penjualan, baik itu dari awal sampai akhir yang direkam dalam sebuah sistem, setelah itu diolah lagi menjadi sebuah data ataupun analisis. Salah satu contohnya yaitu untuk menetapkan target prospek, menentukan kampanye yang sesuai, memilih barang ataupun jasa yang potensial dan lain-lainnya.

  • Manajemen Stok

Fitur manajemen stok ini akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur katalog produk yang sesuai dengan pesanan secara otomatis. Nantinya pesanan tersebut akan diintegrasikan dengan real time ke dalam sistem yang ada di manajemen persediaan barang. Dengan demikian, maka bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi pada saat proses penginputan data yang tadinya dilakukan secara manual, selain itu juga pengiriman, atau stok yang habis tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

  • GPS Tracking

Dengan fitur ini maka berbagai data akan ditampilkan secara lengkap dan tentunya secara real time yang meliputi waktu, lokasi check-in dan yang pastinya juga check-out tenaga sales. Selain itu juga ada kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi Qontak.com ini yaitu berada pada fitur GPS offline. Dengan fitur ini maka para pengguna dapat melakukan pelacakan dengan mudah mengenai lokasi tenaga sales meskipun koneksi internet sedang tidak ada. Dan laporan pekerjaan bisa diperbarui oleh pekerja sales meskipun tanpa adanya jaringan internet, dan setelah itu sistem pun akan melakukan update secara otomatis.

  • Pengambilan Order (Taking Order)

Dengan fitur pengambilan order di software ini maka akan memungkinkan para tenaga sales untuk mencatat berbagai pesanan yang masuk dari pelanggan lewat software penjualan distribusi. Pesanan pun akan masuk secara otomatis meskipun tanpa adanya koneksi internet yang memadai. Setelah dilakukan penyimpanan, maka selanjutnya pesanan atau order tersebut yang telah disimpan, akan diteruskan ke divisi terkait (jika koneksi internet sudah memadai).

  • Manajemen KPI (KPI Tracking)

Fitur ini akan lebih memungkinkan Anda untuk dapat melakukan pelacakan kinerja tim kapan saja dan di mana saja dengan memanfaatkan cara pengukuran ataupun berbagai indikator yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga tujuan dari bisnis Anda jalankan sehingga nantinya bisa meningkatkan penjualan dan operasional bisnis Anda.

  • Otomatisasi Dokumen

Dan fitur yang terakhir ini berguna untuk membuat sistem otomatisasi dokumen. Jadi dengan fitur ini Anda bisa mengunggah berbagai template penting, contohnya seperti: proposal, invoice, quotation dan sebagainya dengan mudah.

3. Salesplot.com

Software penjualan distribuotr yang ketiga adalah salesplot.com yang mana software ini diciptakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bidang penjualan distribusi. Dengan sales officer yang telah tersebar di berbagai tempat dan memiliki hubungan langsung dengan toko-toko. Untuk selanjutnya data pun diolah untuk agar dapat disajikan ke produsen.

Data-data dan juga informasi bisa secara langsung diakses melalui salesplot.com. Jadi dengan demikian dapat dikatakan bahwa salesplot.com merupakan suatu kombinasi dari layanan IT dan jaringan lapangan yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan beragam fitur canggih yang tersedia di software salesplot.com maka akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Selain itu, sales officer yang ada nantinya dapat mengunjungi setiap toko yang menjual produk-produk dari klien salesplot.com.

4. Megaventory

The Megaventory Blog - The latest from the world of online order, inventory and production management - focusing on ease of use and efficiency.

Sedangkan Megaventory merupakan ini adalah software penjualan distributor yang juga berbasis cloud sehingga cocok digunakan untuk bisnis menengah dan menangani berbagai masalah manajemen pesanan dan tentunya inventaris. 

Software penjualan distributor ini memiliki fitur manajemen pesanan sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam mengelola pesanan penjualan dari pelanggannya. Lalu, dengan demikian juga mudah dalam mengelola pesanan pembelian dari pemasok barang.

Software penjualan distributor Megaventory memiliki berbagai fitur, antara lain: 

  • Dapat memenuhi pesanan.
  • Manajemen manufaktur.
  • Pembuatan faktur.
  • Dan juga fitur pelaporan.

5. Scylla

Scylla Enterprise - Pratesis

Di software penjualan distributor Scylla terdapat proses bisnis ideal distribusi sehingga akan mendukung proses transaksi ataupun proses operasional lainnya yang ada pada di tingkat cabang ataupun distributor, misalnya saja seperti manajemen, penjualan, penagihan, persediaan, kas, utang piutang dan sebagainya.

Kantor pusat dari perusahaan juga bisa mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap mengenai berbagai kegiatan distribusi. Hal tersebut dikarenakan software penjualan distributor Scylla ini juga bisa mengkonsolidasi data dan informasi berbagai kegiatan cabang atau distributor.

Kini ada inovasi baru, yaitu Scylla 8 yang bisa mendukung proses pengambilan keputusan bisnis di perusahaan Anda. Scylla 8 dapat Anda akses kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet yang memadai. Jadi, apakah jika tidak ada jaringan internet masih tetap bisa diakses? Tidak perlu khawatir, karena aplikasi Scylla 8 dapat diakses secara offline juga untuk mengantisipasi beberapa lokasi yang memang kurang mendukung koneksi internet. Meskipun demikian, tetap saja Scylla 8 lebih baik digunakan dengan koneksi internet yang baik.

Dan ada juga Scylla Analytics, yang mana software ini dapat dikolaborasikan dengan engine Big Data sehingga proses data bisa jauh lebih cepat dan tentunya dibuat secara khusus berdasarkan dengan kebutuhan pelanggan dari perusahaan Anda.

6. ZibDx

ZibDx ini merupakan sebuah software penjualan distributor yang juga berbasis cloud yang bisa digunakan dalam dunia farmasi atau obat-obatan. Dengan adanya software penjualan distributor ini maka akan lebih memungkinkan bisnis farmasi melakukan penjualan, pendistribusian, dan bahkan mengelola produk di berbagai apotek pada platform terpusat. 

Dengan menggunakan software penjualan distributor ini ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti:

  • Dapat melacak status pesanan yang ada di dalam sistem dan mengurutkan produk hingga sesuai dengan kategori dan juga subkategori yang ada.
  • Apotek atau perusahaan bisa menambahkan berbagai produk obat-obatan yang ada di dalam daftar karena memang diperlukan. Apotek juga bisa memanfaatkan skema yang ditawarkan pada produk, dan yang pasti dapat memfasilitasi komunikasi dengan pihak distributor melalui fitur chatting yang ada di software ini.
  • Dan manfaat yang terakhir yaitu distributor juga dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi produk terlaris dan membuat laporan analitis untuk dapat melakukan pemantauan penjualan secara keseluruhan. Pihak distributor juga bisa mengintegrasikan sistem di ZibDx dengan berbagai software yang lainnya.

7. Zangerine

Zangerine | LinkedIn

Yang selanjutnya adalah software Zangerine. Merupakan suatu software penjualan distributor berbasis cloud yang diciptakan khusus untuk bisnis online berskala kecil hingga menengah, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menjalani bisnis UMKM ataupun masih pemula.

Dengan aplikasi penjualan distributor Zangerine ini maka akan lebih memungkinkan penggunanya dalam mengelola database produk meskipun dengan jumlah yang tak terbatas (unlimited).

Software Zangerine ini juga bisa secara otomatis mengirimkan apa saja rekomendasi untuk pembelian, serta secara otomatis bisa memberitahu pengelola untuk melakukan restock produk jika.

Berbagai fitur pada software penjualan distribusi Zangerine adalah sebagai berikut:

  • Manajemen inventaris dan pesanan.
  • Penawaran harga dan pembelian.
  • Manajemen hubungan pelanggan.
  • Point of Sale.
  • Pemasaran, dan lain sebagainya.

8. Epicor Prophet 21

Epicor Level III Credit Card Processing | Revolution Payments

Epicor Prophet 21 merupakan software penjualan distributor berbasis cloud yang didukung oleh Microsoft Azure. Software ini memang dirancang khusus untuk mempermudah berbagai proses penjualan distribusi di suatu perusahaan. Epicor Prophet 21 juga sangat cocok jika digunakan untuk kawasan industri. Berbagai fitur yang dimiliki oleh software penjualan distributor Epicor Prophet 21 antara lain:

  • Inventaris dan manajemen keuangan.
  • CRM.
  • Manajemen pesanan, penetapan harga, dan pembelian.
  • Managing gudang dan manufaktur.
  • Pengaturan layanan dan pemeliharaan.

9. Zoho

Zoho - Suite Perangkat Lunak Cloud dan Aplikasi SaaS untuk Bisnis

Dan yang terakhir adalah Zoho. Software penjualan distributor ini juga tentunya memiliki beragam fitur yang sangat menarik dan pastinya dapat membantu perusahaan dalam penjualan distribusi suatu produk.

Ada beragam manfaat fitur yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Zoho ini, antara lain:

  • Manajemen inventaris menjadi lebih mudah dilakukan.
  • Bekerja berdasarkan dengan database pusat yang ada.
  • Mengotomatisasi dan membuat standarisasi akuntansi pada seluruh jalur pendistribusian.
  • Pemrosesan pemesanan yang lebih sederhana sehingga akan jauh lebih mudah.
  • Memantau aktivitas penjualan kapan saja dan di mana saja.
  • Dan pesanan pembelian dapat ditangani secara efisien.

Software SimpliDOTS Pilihan Terbaik untuk Bisnis Distribusi

SimpliDOTS merupakan salah satu software penjualan distributor dengan fitur yang lengkap. Bahkan, tidak hanya dapat membantu bidang penjualan distribusi saja. Tapi, bisa juga membantu berbagai bidang lainnya di perusahaan Anda.

Berikut berbagai fitur-fiturnya:

  • Ordering
  • Manajemen Stok
  • Route & direction
  • Collection
  • Delivery
  • Promo scheme
  • KPI Self Analyze
  • Dokumentasi pekerjaan

Dengan dukungan SimpliDOTS sebagai software berteknologi Cloud untuk membantu kegiatan distribusi barang, mengelola bisnis akan semakin mudah, cepat, dan efisien. 

Selain itu, software SimpliDOTS memiliki fitur menarik lainnya yang bisa Anda coba seperti cek history pembayaran, proses penagihan yang lebih mudah, interface yang menarik dan simple. Sehingga, Anda atau siapa saja bisa dengan mudah menggunakan software SimpliDOTS, tanpa perlu memahami coding atau pemrograman yang rumit

Silakan coba GRATIS SimpliDOTS selama 14 hari trial klik di sini dan buktikan keunggulan fiturnya untuk manajemen distribusi perusahaan Anda.