Categories: Bisnis Distribusi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Last Mile Delivery Pelayanan Route Optimization Teknologi

Software Route Optimization Mudahkan Perencanaan Rute

Dalam setiap rantai pasokan, transportasi memainkan peran penting terutama untuk barang-barang yang membutuhkan penanganan lebih khusus karena mudah rusak ataupun kecepatan pelayanan pengantaran.

Persaingan pasar hari ini terutama dalam dunia distribusi sangat membutuhkan software route optimization yang bisa mengoptimalkan layanan transportasi. Karena dalam kasus ini sistem atau manajemen transportasi yang tidak efisien dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi bisnis.

Apa Itu Software Route Optimization?

Software Route Optimization adalah suatu perangkat lunak yang bisa membuat setiap rute pengantaran transportasi barang jadi lebih optimal. 

Namun, banyak pebisnis yang menganggap bahwa software untuk optimasi rute logistik ini hanya memberi tahu mereka tentang rute paling cepat untuk tiba di titik B dari titik A. 

Jika Anda merupakan seorang pebisnis yang berpikir demikian, harus diketahui lebih dulu bahwa software Route Optimization berbasis data seperti RO dari SimpliDOTS dapat melakukan lebih dari itu.

Secara umum inilah manfaat dari menggunakan software route optimization untuk optimasi rute logistik Anda.

Manfaat Software Route Optimization untuk Optimasi Rute Logistik Terbaik

Rute pengiriman yang optimal biasanya bergantung pada berbagai faktor. Misalnya, di mana pelanggan berada, waktu pengiriman yang mereka inginkan, kapasitas kendaraan, pengemudi yang tersedia, dan lainnya.

Optimalisasi rute memungkinkan bisnis rantai pasokan untuk mengelola armada mobil, mendapatkan petunjuk arah mengemudi secara real-time, menambahkan beberapa perhentian saat berjalan, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kepatuhan SLA (perjanjian tingkat layanan).

Lebih dari itu, perangkat lunak pengoptimalan rute yang tepat dapat memberikan manfaat berikut bagi bisnis Anda:

Baca Juga: Cara Pintar Distribusi Barang dari Inventory Management Hemat Biaya 2 Kali Lipat

Menghemat Banyak Biaya

Software Route Optimization berbasis cloud merupakan pilihan terbaik untuk menghemat biaya distribusi karena sistem di dalamnya memungkinkan pengguna (pebisnis) mengurangi kiloan jarak tempuh, irit bahan bakar, serta mempercepat perencanaan.

Itulah hal-hal substansial yang nantinya akan mengurangi biaya yang harus bisnis Anda keluarkan untuk biaya distribusi (transportasi).

Patuh Pada Jadwal

Dalam konteks lain, software Route Optimization dapat membantu perusahaan menganalisis pola lalu lintas ketika akan melakukan perencanaan. Hal itu dilakukan supaya layanan bisa menghindari kemunduran tak terduga yang dapat mengacaukan jadwal.

Di samping itu, perusahaan juga dapat memantau setiap driver yang ‘keluar dari jalur’ untuk tetap fokus pada jadwal yang telah ditetapkan.

Menjaga Keteraturan dan Meningkatkan Kinerja Driver

Ketika rute dioptimalkan berdasarkan lokasi, peralatan, dan barang, pengemudi dapat melakukan lebih banyak pengiriman dalam waktu yang lebih singkat.

Keteraturan dan kinerja adalah dua hal yang akan saling mengakibatkan dan tentunya menguntungkan perusahaan. Semua perencanaan untuk pelayanan terbaik rute pengantaran Anda akan dibuat lebih efisien dan menambah pemasukan.

Membuat Pelanggan Senang

Software Route Optimization yang dapat membuat optimal rute logistik Anda dapat memberi konsumen informasi paling update dan real-time untuk barang yang sedang mereka tunggu.

Ini mungkin adalah hal yang terlihat sepele di beberapa orang, namun merupakan salah satu kunci kesuksesan yang sangat menentukan keberlanjutan bisnis.

Rencanakan Rute Terbaik yang Lebih Optimal: Delivery & Route Optimization untuk Layanan Pengantaran yang Hemat

Selain mengurus transportasi logistik, SimpliDOTS Delivery & Route Optimization  juga mengatur hal-hal yang berkaitan dimulai dari inventory management hingga sampai tangan pelanggan.

Dengan rencana rute yang efektif, tingkat layanan, efisiensi, dan visibilitas operasi itu semua adalah komponen yang tersedia dalam RO SimpliDOTS dan sangat bisa menghemat biaya bahan bakar.

Langsung coba gratis hari ini dengan klik di sini, atau untuk tips bisnis dan marketing silakan ikuti instagram kami SimpliDOTS.

Share
Published by
Jowan Kho

Recent Posts

  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

1 month ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

1 month ago
  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang, Apa Pentingnya?

Jika Anda menjalankan bisnis eCommerce atau distributor FMCG (Fast-Move Consumer Goods), manajemen stok barang di gudang dan aplikasi sistem distribusi… Read More

1 month ago