Categories: Sales Force Automation Software

3 Cara Menyiapkan Bisnis untuk Penerapan Sales Automation. Efektif Banget!

Siapa sih yang tak ingin penjualan bisnisnya sukses dan terus bertambah? Hampir semua orang pasti setuju bila bisnis harus terus berkembang. Itulah mengapa, otomasi di era digital akan menjadi kunci bisnis Anda. Ada kalanya menemukan calon pelanggan, mengelola saluran penjualan, atau membuat penawaran secara manual adalah tugas membosankan dan menyita waktu.

Meski bagi pelaku UKM cara manual masih tampak logis, tapi sebenarnya ini bukan pilihan ideal. Otomasi penjualan atau Sales Automation harus menjadi strategi yang diterapkan untuk menangani proses penjualan.

Dengan Sales Automation, waktu Anda yang berharga bisa dipakai secara lebih efektif dan efisien. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai proses penjualan yang lebih cepat dan mudah dengan Sales Automation, mari kita pelajari apa itu Sales Automation di bawah ini!

Apa itu Sales Automation?

Sales Automation adalah proses di mana perangkat lunak mampu menangani tugas administratif penjualan secara otomatis dalam hitungan detik, bukan jam atau hari.

Sales Automation membebaskan tenaga penjual dari keharusan mengelola tugas manual rutin bulanan, mingguan, atau bahkan setiap hari. Dengan adanya Sales Automation, kinerja tenaga penjualan bisa lebih efisien waktu dan produktif.

Manfaat Memakai Sales Automation Berdasarkan Data

Di era digital saat ini, sudah saatnya perusahaan distribusi memanfaatkan Sales Automation yang modern dan canggih. Jika berbagai tugas bisa ditangani secara otomatis, kenapa harus repot mengerjakan manual?

Berikut adalah beberapa manfaat Sales Automation berdasarkan fakta statistik:

1. Efisiensi tenaga, waktu, dan biaya

Menurut survey Keap pada 2020, pelaku usaha kecil dapat menghemat waktu dan tenaga sebesar 22,9% dengan Sales Automation. Tidak ada lagi tim sales mengumpulkan informasi pelanggan secara manual lewat telepon atau tatap muka.

Selain itu, menurut SimpliDOTS, fitur manajemen rute mampu menghemat biaya distribusi sebesar 30%.

Setiap data pelanggan dapat tersimpan berbasis Cloud yang bisa diakses dimanapun dan melalui perangkat apapun. Sebagai contoh data email pelanggan, ke depannya bisa dipakai untuk penawaran diskon atau kampanye iklan, serta promo menarik lainnya.

2. Pendapatan tambahan

Jika perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, tentunya hal ini berdampak pada peningkatan pemasukan.  Sebab, otomasi penjualan mampu menangani aktivitas penjualan yang lebih sederhana dan modern.

Beberapa bisnis kecil telah melaporkan pertumbuhan pendapatan hingga 60% setelah mengadopsi perangkat lunak otomatisasi penjualan.

3. Menghasilkan prospek

Tahukah Anda bahwa lebih dari 30% aktivitas penjualan dapat diotomatisasi, menurut McKinsey & Company? Contohnya seperti sales taking order, supervisi KPI, mengelola inventoru, dan tugas administratif umum lainnya. Meskipun menyita waktu, tapi semua tugas penjualan tersebut penting ditangani dengan baik.

Kalau Anda adalah pemilik bisnis kecil, Anda tahu bahwa menghasilkan prospek atau kesuksesan penjualan sangat penting bagi pertumbuhan usaha. Karena itu, otomasi penjualan dapat membantu Anda semakin fokus mendapatkan lebih banyak banyak pelanggan dan lebih banyak prospek baru.

4. Pengambilan keputusan yang lebih cerdas

Big Data adalah salah satu kata kunci di bidang IT saat ini. Sayangnya, tidak semua bisnis efisien dalam mengumpulkan dan menggunakan data ini dalam upaya pemasaran dan penjualan mereka.

Sales Automation adalah bagian dari fasilitas Big Data sebagai pertimbangan mengambil keputusan penting perusahaan. Anda bisa lebih mudah mengukur keberhasilan kampanye pemasaran, memperkirakan reaksi konsumen, serta supervisi KPI.

Menyiapkan Bisnis untuk Sales Automation

Tidak semua bisnis siap menghadapi perkembangan teknologi, tak terkecuali otomasi penjualan. Kuncinya adalah memulai langkah dengan memilih perangkat lunak Sales Automation yang tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1.            Temukan Platform Perangkat Lunak

Untuk mengotomasi proses penjualan, Anda memerlukan platform perangkat lunak yang tepat. Pilihan perangkat lunak tersebut harus didasarkan pada seberapa efektif dan efisien mampu membantu operasional penjualan bisnis Anda.

2.            Mengatur Proses Penjualan

Dengan otomasi penjualan , Anda bisa meningkatkan aktivitas penjualan. Pastikan untuk mengatur proses penjualan yang membantu mencapai target perusahaan.

3.            Memotivasi Tim Penjualan

Agar otomasi lebih efektif, Anda membutuhkan tim penjualan yang termotivasi dan terlatih dengan baik. Tim harus diberikan edukasi, pelatihan, dan pembinaan agar bisa menguasai dan terampil menggunakan software Sales Automation.

Cara Menemukan Sales Automation Platform yang Ideal

Untuk menemukan perangkat lunak yang tepat, Anda perlu tahu persis jenis otomatisasi proses penjualan yang dibutuhkan. Jadi, perusahaan bisa meraih target penjualan dan meningkatkan kinerja bisnis.

Sekarang, setelah mengetahui apa itu Sales Automation, manfaat, serta bagaimana cara mempersiapkannya, berikut adalah tips agar Anda bisa menemukan Sales Automation Platform yang tepat.

1.            Kenali apa kebutuhan perusahaan

Sebelum memutuskan apa platform penjualan otomatis yang dipakai, penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kebutuhan Anda. Anda dapat membuat daftar kebutuhan tim penjualan di selembar kertas dan mencoba mengidentifikasi kebutuhan mana yang paling prioritas agar bisa memilih software dengan tepat.

2.            Kegunaan dan fungsionalnya

Platform atau perangkat lunak yang akan digunakan harus sesuai dengan fungsi bisnis. Jika Anda membangun perusahaan distribusi, maka Anda harus memiliki gambaran yang jelas bagaimana setiap tahap kinerja dan operasionalnya.

3.            Detail fitur

Sekarang, coba pahami dan identifikasi fitur yang diinginkan, kesepakatan dan negosiasi harga terbaik. Pastikan untuk bermitra dengan vendor software distributor yang kredibel.

Salah satunya SimpliDOTS dengan Sales Automation Platform yang dilengkapi fitur Canvassing. Fitur ini sangat berharga bagi perusahaan FMCG atau distributor yang menerapkan sistem kanvas. Dengan fitur Canvassing, sales canvass dapat menambahkan, memperbarui, menemukan, serta memfilter status, gudang, serta driver cukup sekali klik. Bahkan, tambah stok barang/ produk bisa dilakukan dalam satu platform yang sama. Baca panduan info fitur Canvassing selengkapnya.

Mengembangkan Distribusi Modern bersama SimpliDOTS Sales Automation Platform

Sales Automation adalah salah satu fitur berharga dari SimpliDOTS untuk membantu mencapai target penjualan. Fitur ini dapat membantu otomasi proses penjualan dan pemasaran, yang artinya akan lebih efisien waktu, tenaga, dan uang.

SimpliDOTS Sales Automation Plaftorm  dapat meminimalisir kesalahan manual yang dapat terjadi selama proses penjualan. Anda juga bisa memantau dan mengelola tim sales cukup dalam satu platform.

Beberapa kelebihan fitur SimpliDOTS Sales Automation Platform adalah berikut:

1.            Pemantauan kinerja salesman

Memantau kinerja salesman semakin efisien waktu dan biaya, karena manajer atau supervisor dapat melihat tampilan dashboard secara real-time. Termasuk memantau rute lokasi yang akan dikunjungi sales, pelacakan posisi salesman di dalam peta, hingga melihat hasil taking order dan inventory sistem.

2.            Pemantauan kinerja perusahaan

SimpliDOTS Sales Automation Platform menyediakan laporan otomatis. Tiada lagi hari-hari tim penjualan harus repot membuat laporan berbasis kertas yang menyita pikiran dan tenaga.

Sales report dapat disajikan secara digital, termasuk laporan jumlah stok dan sistem inventori sebagai bahan analisis tim penjualan.

3.            Pemantauan pelanggan

Salesman yang bekerja untuk perusahaan distribusi dapat memeriksa status terima pembayaran lebih cepat. Sebab, status faktur tagihan dapat dipantau secara real-time melalui platform.

Selain itu, data pelanggan juga tersimpan rapi dan terstruktur dalam dashboard.

Tingkatkan Kinerja Bisnis Distribusi dengan Beragam Fitur Aplikasi Salesman

Jangan tunda lagi, sekarang giliran perusahaan distribusi Anda yang bergerak selangkah lebih maju ketimbang para kompetitor. Dapatkan kemudahan sales report dan laporan penjualan dalam satu platform, SimpliDOTS Sales Automation System. Pakai demo SimpliDOTS  GRATIS 30 Hari!

Published by
Detty

Recent Posts

  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

4 Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Tahukah Anda, mengapa kunci kesuksesan distribusi FMCG berada pada teknologi analisis data (big data)? Bukan hanya distributor barang konsumen saja,… Read More

7 days ago
  • Sales Tracking

4 Tren Distributor FMCG 2024: Optimalkan Penjualan dengan Aplikasi Sales Tracking

Bicara tentang tren di dunia distributor FMCG 2024, kita perlu tahu bagaimana memanfatkan teknologi seperti aplikasi sales tracking mampu memaksimalkan… Read More

1 week ago
  • Sales Force Automation
  • Sales Tracking
  • Software

Tingkatkan Efektivitas Sales Visit, Inilah 13 Solusi Aplikasi Canvassing dalam Distribusi Terbaru

Hari gini masih mengandalkan jadwal sales visit berbasis kertas dan diketik manual  di spreadsheet oleh tim admin? It’s yesterday! Di… Read More

1 week ago