https://simplidots.com/manfaat-sales-force-automation-untuk-penjualan/

Mengenal Sales Pitch dan Tips Membuatnya Efektif

Segala hal yang efektif dan menarik tentu akan lebih membuat seseorang lebih banyak memikirkannya dan lebih lanjut mempertimbangkannya, hal ini juga berlaku untuk sales pitch yang dipresentasikan oleh tenaga penjualan (sales).

Membuat sales pitch menarik bagi pelanggan penting untuk dilakukan sebagai seorang tenaga penjualan profesional. Hal ini karena kebanyakan orang memiliki waktu terbatas apalagi hanya untuk mendengarkan paparan produk yang ditawarkan.

Untuk itulah sales atau tenaga penjual perlu memastikan waktu terbatas yang telah diluangkan oleh para pelanggan itu bisa membuat mereka tertarik melakukan transaksi, itulah yang dinamakan sales pitch. Apa itu sales pitch?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu sales pitch, artikel ini akan memberikan panduan cara-cara membuatnya dan apa saja tips yang dapat membuatnya lebih efektif untuk membuat pelanggan tertarik.

Apa itu sales pitch?

Sales pitch adalah istilah lama yang sudah banyak dikenal dan digunakan di bidang penjualan oleh tenaga profesional penjualan. Ini adalah langkah penting yang singkat dan akan membantu perusahaan mengkonversi lebih banyak penjualan.

Secara ringkas, sales pitch adalah presentasi singkat mengenai manfaat yang dapat diberikan oleh suatu produk atau layanan terhadap pihak lain. Tenaga penjualan melakukan ini sebagai upaya untuk meyakinkan pihak lain agar bersedia menggunakan produk yang mereka presentasikan.

Dalam hal waktu, penyebutan presentasi yang singkat ini biasanya dilakukan dalam satu sampai dua menit. 

Oleh karena itu, sales pitch sering dikenal dengan sebutan ‘Elevator Pitch’ karena waktu yang digunakan untuk membuat pihak lain yakin itu hampir sama dengan waktu yang dihabiskan ketika seseorang naik lift (elevator).

Sales pitch adalah kesempatan yang diberikan pihak lain (baik itu pelanggan atau investor) agar tenaga penjualan bisa memberikan mereka informasi atau menunjukan kepada mereka mengenai kelebihan yang bisa dilakukan oleh produk tertentu.

Hal ini berarti ketika melakukan sales pitch, seorang tenaga penjualan harus menjelaskan dengan cepat dan efektif nilai produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Untuk itulah tenaga penjualan perlu memastikan bahwa mereka telah menyiapkan dengan baik materi yang akan disuguhkan agar terlihat profesional dan meyakinkan para audiens karena sales pitch adalah kesempatan terbaik untuk melakukan itu.

Tenaga penjual profesional harus bisa membuat dan menyampaikan pesan mereka dengan presentasi yang menarik dan ringkas. Lantas apa bedanya sales pitch dengan promosi produk?

Meskipun sebenarnya tidak jauh berbeda karena sama-sama berfokus pada kemampuan produk atau layanan tertentu, pada kenyataannya dibutuhkan keuletan dan keterampilan khusu untuk membuat sales pitch yang meyakinkan seseorang.

Dalam sales pitch, seorang tenaga penjual akan membahas secara mendalam dan menekankan manfaat yang dapat diperoleh dari suatu produk, bagaimana produk tersebut dapat menjadi solusi permasalahan mereka, dan apa yang bisa produk itu berikan pada pelanggannya.

Sales pitch adalah tentang menyusun narasi yang menarik untuk para audiens. Itu adalah komponen utama yang paling penting dan sering dilupakan oleh para tenaga penjual saat presentasi karena sering dibutakan oleh fakta, angka, dan hasil.

Padahal, sales pitch adalah tentang kemampuan presentasi dan cara seseorang menggiring audiens agar lebih tertarik pada suatu produk. Komponen seperti fakta, angka, dan hasil hanyalah sebagai pendukung narasi tersebut. 

Bagaimana Memulai Sales Pitch?

Dalam kebanyakan kasus, memulai sales pitch adalah bagian yang paling sulit. Ini adalah gerbang penentu yang dapat membuat para audiens tertarik sehingga mereka ingin benar-benar mendengarkan nilai produk yang sedang Anda tawarkan atau malah sebaliknya.

Untuk itulah dalam langkah awal ini hal terpenting yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana cara yang paling tepat untuk menggaet perhatian para audiens Anda saat itu. Lupakan terlebih dahulu penawaran, karena membuat audiens Anda tertarik adalah hal yang harus dilakukan lebih dulu.

Cara terbaik dan paling banyak dilakukan saat memulai sales pitch adalah memulainya dengan masalah. Buat audiens berpikir bahwa Anda sedang mencoba memberi solusi akan permasalahan mereka, bukan menjual sesuatu kepada mereka. 

Itu adalah langkah awal yang penting dan akan membawa audiens Anda mendengarkan nilai-nilai produk yang ditawarkan dan bagaimana produk yang sedang Anda presentasikan dapat memberi solusi pada masalah-masalah mereka.

Cara Membuat Sales pitch

Buatlah Padat dan Jelas (to-the-point)

Harus diingat bahwa ini bukanlah presentasi yang konvensional, sales pitch adalah tempat presentasi tingkat lanjut yang dibutuhkan profesionalitas. Seorang tenaga penjual saat melakukan sales pitch tidak akan memiliki waktu dan kenyamanan audiens dalam waktu yang lama.

Anda diharuskan untuk menyajikan sebuah presentasi yang padat dan jelas, bukan bertele-tele lewat beberapa slide PowerPoint, itu hanya akan membuat sales pitch yang Anda persiapkan tidak akan menghasilkan apa-apa.

Jika Anda sedang dalam tujuan menawarkan produk pada pelanggan, komunikasi atau interaksi yang dibuat mesti padat dan uraikan secara jelas bagaimana produk yang Anda tawarkan bisa memberi mereka manfaat.

Tenaga penjual tidak akan mempunyai waktu untuk menyimpang atau membicarakan hal lain selain pesan yang ingin mereka sampaikan pada para audiens. Sebuah pitch harus ringkas dan to the point.

Berikan audiens Anda gambaran ringkas yang jelas bagaimana produk yang Anda tawarkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi audiens yang akan membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

Mengenal sales pitch sebagai solusi penjualan

Solusi Bagi Masalah Audiens

Suatu kegiatan promosi produk sangat dilarang untuk dimulai dengan membicarakan produk. Itu hanya akan memberikan audiens kesan pertama yang buruk, mulailah selalu dengan masalah audiens Anda, soroti permasalahannya.

Masalah audiens adalah cara terbaik untuk membuat mereka memikirkan apakah produk yang sedang dipromosikan di hadapan mereka adalah solusi atas permasalahannya sehingga akan membuat mereka mendengarkan Anda.

Pembuka yang kuat perlu fokus pada satu perubahan penting dalam industri, karier, atau kehidupan calon pelanggan. Anda perlu melihat apa yang Anda tawarkan sebagai cara baru dan hebat untuk melakukan sesuatu. 

Bagaimana mendapatkan perhatian prospek  dan  menunjukkan bahwa Anda benar-benar memahami mereka. Fokus solusi adalah pada kebutuhan mereka, bukan pada fitur atau fitur layanan produk.

Anda harus menciptakan rasa urgensi dengan menguraikan apa yang akan terjadi jika mereka tidak bertindak. Berfokus pada perubahan, bukan hanya masalah, menciptakan rasa urgensi dan mendorong prospek untuk membagikan pemikiran mereka tentang bagaimana perubahan itu terungkap dan berdampak. 

Anda akan segera beralih dari kepercayaan ke kerja sama. Ini adalah pendekatan penjualan konsultasi yang dirancang untuk membantu Anda membangun hubungan yang bermakna dengan prospek Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Sales Force Automation SimpliDOTS Untuk Meningkatkan Penjualan

Berikan Sisi Positif dan Solusi Terbaik untuk Audiens

Setelah menekankan pada permasalahan audiens mungkin membuat Anda ingin langsung menawarkan produk Anda. Namun, ada langkah-langkah penting yang perlu Anda ambil sebelum membahas solusi  dan fitur-fiturnya. 

Berfokus pada masalah audiens memang akan menarik perhatian audiens Anda, tetapi itu bukan cara  paling efektif untuk membuat mereka mengambil tindakan. Mereka mungkin ragu untuk melakukan pembelian, terutama jika mereka harus membayar di muka. 

Anda harus menunjukkan sisi baik dari tantangan dan apa yang audiens Anda dapatkan ketika mereka mulai menghadapi permasalah bersama produk Anda. 

Langkah kedua yang disajikan seharusnya memberikan hasil yang benar-benar diinginkan prospek. Tetapi Anda juga perlu memposisikannya sebagai sesuatu yang hanya dapat dicapai dengan bantuan layanan atau produk yang tepat seperti produk Anda.

Ingatlah bahwa ini adalah visi Anda, bukan produk. Cara baru untuk melakukan sesuatu bukanlah seperti apa produk atau layanan Anda, tetapi seperti apa hidup yang akan mereka jalani nantinya ketika mereka melakukan transaksi dengan produk Anda.

Mulai Uraikan Produk Anda Sebagai Solusi Terbaik untuk Permasalahan Audiens

Anda telah membahas tentang masalah utama yang coba Anda pecahkan, mengapa prospek perlu memperhatikan, perubahan di dunia audiens, dan bagaimana mereka akan mendapat manfaat dari perubahan itu jika mereka mengambil tindakan. 

Sekarang saatnya untuk menghadirkan produk sebagai solusi untuk masalah ini dan menunjukkan kepada calon pelanggan jalan yang dapat mereka ambil untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Ada dua cara untuk melakukan ini, dan mungkin lebih efektif untuk melakukan keduanya. 

Posisikan fitur produk Anda pada “cara lama” dalam melakukan sesuatu. Tunjukan pada mereka bahwa fitur produk yang Anda tawarkan sebagai kekuatan untuk menghadapi masalah audiens. Perkuat kemampuannya dengan beberapa data bandingan dengan produk pesaing.

Anda juga  dapat menggunakan contoh bagaimana Anda  membantu pelanggan lain membuktikan bahwa produk atau layanan Anda bernilai investasi.

Di sinilah Anda mulai membawa semuanya pulang. Anda telah menetapkan kepada siapa Anda menjual. Anda telah menetapkan mengapa Anda menjual kepada mereka. Sekarang, Anda harus menentukan mengapa mereka membeli dari Anda. Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik dari pesaing Anda?

Seperti disebutkan di atas, Anda perlu menjelaskan dengan jelas bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan mereka. 

Misalnya dalam software distribusi, bagaimana fitur-fitur yang dimiliki SimpliDOTS Distribution Management System dapat membuat setiap operasi kerja distribusi menjadi lebih cepat dan efisien.

Jelaskan Kesuksesan yang Akan Diterima oleh Audiens Anda

Tunjukkan keunggulan produk Anda dalam skala yang lebih luas. 

Sales pitch adalah jalan untuk meningkatkan penjualan

Dalam contoh yang telah kami gunakan, Anda dapat berbicara tentang bagaimana DMS dari SimpliDOTS menggunakan penyimpanan cloud-based akan memudahkan penggunanya dalam menyimpan atau meninjau kembali setiap transaksi yang dilakukan bahkan lewat smartphone sehingga mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengelola kinerja karyawan di kantor.

Tunjukkan bagaimana produk Anda membuat hidup pelanggan Anda lebih baik secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Membuat Email Marketing Yang Meningkatkan Penjualan

Tips Membuat Sales Pitch Lebih Efektif

Setelah Anda mengetahui cara membuat sales pitch, penting juga untuk mempelajari apa saja cara terbaik atau tips agar membuat sales pitch tersebut lebih efektif.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat sales pitch lebih menarik dan meyakinkan audiens:

1. Riset tentang audiens Anda

Hal pertama yang perlu Anda pahami sebelum melakukan sales pitch adalah tentu dengan memahami dengan benar siapa audiens Anda. Ketahui segalanya tentang perusahaan yang akan membaca atau mendengarkan promosi Anda.

Temukan poin masalah, persyaratan, dan kekhawatiran bisnis mereka. Pahami apa yang akan mereka peroleh dengan menggunakan produk Anda. Lihat bagaimana Anda dapat menghubungkan produk Anda dengan mereka.

2. Kenali produk Anda dengan baik

Selanjutnya yang perlu Anda persiapkan sebelum menyusun sales pitch adalah dengan memastikan bahwa Anda sebagai tenaga penjual telah memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai layanan atau produk yang akan Anda presentasikan.

Apa yang akan Anda berikan pada audiens jika diri Anda sendiri tidak tahu atau paham benar tentang apa yang akan Anda presentasikan. Cari tahu nilai apa yang bisa dibawa dan bagaimana produk tersebut bisa menjadi solusi permasalahan audiens.

3. Tentukan Tujuan Pitch Anda

Sebuah sales pitch harus selalu memiliki tujuan, dan tujuan yang inginkan harus jelas. Hal ini adalah tips penting yang akan membantu Anda untuk membuat sales pitch yang lebih efektif dan meyakinkan para audiens.

Apa yang ingin Anda sampaikan melalui sales pitch kali ini, menggaet investor atau mungkin membuat pelanggan melakukan transaksi. Ketahui lebih dini tujuan sales pitch Anda dan dari situ Anda bisa mulai membuatnya ke arah yang diinginkan.

4. Fokus pada apa yang penting bagi prospek Anda

Sales pitch yang baik akan selalu menyoroti hal-hal yang sangat diperhatikan oleh audiensnya. Ini bisa saja permasalahan atau bagaimana kemudahan hidup yang akan didapatkan ketika mereka menggunakan suatu layanan atau produk.

Berfokus pada kebutuhan audiens atau apa yang benar-benar ingin mereka tahu akan membuat presentasi Anda membawa banyak peluang ke dalam perusahaan. Ini akan membuat audiens Anda tertarik untuk bisa bergabung atau melakukan transaksi bersama Anda.

5. Selipkan Sebuah Cerita

Anda bisa menyelipkan sebuah cerita singkat tentang perusahaan atau bagaimana pelanggan yang menggunakan produk yang sedang Anda tawarkan dapat menyelesaikan segala masalah dan mencapai kesuksesan

6. Personalisasi sales pitch.

Personalisasi adalah kunci sukses dalam penjualan. Ini adalah mengapa kami menyarankan Anda agar memahami siapa sebenarnya audiens Anda dan apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Pastikan sales pitch Anda relevan bagi mereka dan menarik minat mereka. Anda akan dapat menyesuaikannya sehingga membahas hal-hal yang paling penting bagi orang yang Anda ajak bicara.

7. Gunakan Daya Tarik Emosional

Memicu emosi pelanggan dapat memacu mereka untuk melakukan transaksi. Jika Anda ingin membuat mereka lebih tertarik dan lebih jauh melanjutkan membeli produk Anda, hal yang sangat kami sarankan adalah dengan mengeluarkan emosi mereka.

8. Dukung dengan Fakta

Meskipun banyak yang mempertimbangkan emosi dalam melakukan transaksi, sebenarnya mereka perlu diyakinkan dengan data-data yang mendukung untuk membuat keputusan yang mereka ambil lebih meyakinkan.

Untuk itulah sebuah pitch tetap perlu untuk didukung dengan data-data atau informasi yang memberikan kredibilitas terhadap produk yang sedang Anda tawarkan. Pengambilan keputusan audiens Anda perlu dirasionalisasi dan data yang kredibel adalah kuncinya.

9. Sempurnakan dengan Latihan

Setelah semua siap dan Anda telah mengetahui segala tips untuk membuat sales pitch yang dilakukan efektif dan menarik audiens untuk melakukan transaksi.

Anda perlu meyakinkan diri sendiri dulu dengan melakukan beberapa latihan sebelum presentasi yang sangat menentukan itu. Latihlah diri Anda agar dapat membuat promosi yang sangat baik.

Sudah Siap Melakukan Sales Pitch?

Demikianlah pengertian mengenai apa itu sales pitch dan bagaimana membuat sales pitch yang efektif agar audiens tertarik. Berbagai tips yang tadi telah diuraikan bisa Anda aplikasikan untuk membuat sales pitch yang akan mendatangkan penjualan.

Sales pitch yang sempurna sangat dibutuhkan untuk membuat audiens yang membaca atau mendengarkannya tertarik untuk kemudian melakukan transaksi. Namun untuk masalah distribusi Anda bisa mempercayakannya pada SimpliDOTS.

SimpliDOTS Distribution Management System adalah solusi distribusi barang yang modern, real time, dan berbasis teknologi Cloud. SimpliDOTS hadir dengan fitur-fitur lengkap seperti Sales Force Automation, Distribution Management System, Delivery and Route GPS, FMCG management, retail order solution, dan masih banyak lagi. 

Ribuan klien dan distributor di seluruh Indonesia telah membuktikan kecanggihan fiturnya. Tidak butuh instalasi, memantau distribusi barang semudah sekali sentuhan jari, lewat smartphone atau desktop. 

Yuk, buktikan sendiri efektivitas fitur SimpliDOTS Distribution Management System untuk bisnis Anda! Silakan mulai dengan layanan demo yang disediakan dengan cara klik tautan ini

Jangan lupa ikuti terus artikel-artikel informatif SimpliDOTS selanjutnya, di laman Blog SimpliDOTS atau follow akun Instagram @simplidots