jaringan distribusi

Membangun Jaringan Distribusi, Secara Cepat & Efisien

Membangun Jaringan Distribusi, Secara Cepat & Efisien – Tahukah kamu apa itu jaringan distribusi (distribution network)?

Jaringan Distribusi (Distribution Network) adalah sebuah rangkaian kegiatan distribusi antara konsumen dengan produsen, yang artinya tanpa adanya jaringan distribusi ini maka barang-barang yang diproduksi oleh produsen tidak akan sampai ke tangan konsumen.

Ada begitu banyak aktivitas yang dapat meningkatkan jaringan distribusi, berikut ini tips bagaimana cara membangun jaringan distribusi atau saluran distribusi dengan cepat dan efisien :

  1. Menciptakan Kekuatan Pada Jaringan Distribusi

Membangun hubungan baik antara jaringan distribusi seperti principle, main distributor, agen atau wholesaler atau grosur hingga ke retailer), dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari setiap jaringan distribusi dan sales point.

  1. Mambangun Kekuatan Terhadap Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan disini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui dan menangani setiap stock point dan sales point di setiap saluran distribusi

  1. Melakukan Review Terhadap Strategi Distribusi

Ketika strategi distribusi ini dijalankan maka perusahaan akan dapat mengetahui strategi manakah yg mencapai sasaran dan yang tidak. seperti area manakah yang paling meningkat kinerjanya dan sebagainya.

  1. Fokus Pada Local Market Dahulu

Dengan mengutamakan fokus pada local market dahulu, maka akan sangat membantu perusahaan untuk lebih memastikan berapa banyak pasar yang belum tersentuh, berapa banyak yang sudah tersentuh tetapi belum melakukan action, dan berapa banyak yang tertarik dan kesulitan untuk melakukan pembelian, karena kesulitan menemukan end channel.

  1. Fokus Pada Area Dan Tipe Saluran

Ketika fokus pada sebuah area, maka dapat diketahui area mana sajakah yang memiliki omset penjualan paling tinggi. Serta hal ini terjadi karena strategi pemasaran, strategi distribusi atau karena hal lainnya. Selain itu, bisa juga dilakukan komparasi antara satu area dengan area yang lain, termasuk tipe outlet yang ada di dalamnya, bagaimana pola mereka, sehingga bisa diambil satu cara untuk menyelesaikannya.

  1. Menganalisa Aktivitas Pemasaran Distribusi

Dengan menganalisa aktivitas pemasaran, perusahaan akanadapat mengetahui seberapa besarkah rasio outlet aktif dengan register outlet yang ada.  karena bisa jadi outlet tersbut menjadi segmen tambahan.

  1. Menganalisa Pengembangan Lini Produk

Bagi distributor pengembangan lini produk bisa berarti penambahan kategori produk yang di distribusikan, yang berarti penambahan area atau tipe outlet atau item produk.

Distributor memang harus selalu memikirkan penambahan item produk, untuk meningkatkan loading efisiensi, karena dengan muatan yang besar, maka tingkat efisiensi akan naik, yang berarti profit juga akan meningkat.

Sumber : 7 Step untuk Meningkatkan Jaringan Distribusi (Distribution Network)

WhatsApp chat