Categories: Bisnis Blog SimpliDOTS

Manfaat DMS Pada Manajemen Sistem Distribusi Di Era Teknologi 4.0

Manfaat DMS Pada Manajemen Sistem Distribusi Di Era Teknologi 4.0 – Revolusi 4.0 telah terjadi pada skala global, dan teknologi 4.0 telah secara dramatis berdampak pada ekonomi dan masyrakat di Indonesia. Secara khusus, bisnis terpengaruh secara langsung karena teknologi 4.0 menghadirkan peluang dan tantangan bagi Perusahaan.

Memperbarui tren teknologi baru, mengubah metode manajemen, mengotomatisasi sistem, memperbarui, dan memproses data dengan cepat adalah tujuan bisnis.

Di bidang distribusi, solusi aplikasi sekarang dianggap sebagai alat paling efektif untuk mendukung perusahaan untuk mensistematisasikan semua proses mulai dari produksi, distribusi dan bisnis, mempertahankan posisi mereka, dan meningkatkan daya saing di pasar yang sengit saat ini.

Apa itu Manajemen Distribusi?

Manajemen distribusi mengacu pada proses mengawasi pergerakan barang dari pemasok atau pabrik ke tempat penjualan. Ini adalah istilah menyeluruh yang mengacu pada berbagai kegiatan dan proses seperti pengemasan, inventaris, pergudangan, rantai pasokan, dan logistik.

Manajemen distribusi adalah bagian penting dari siklus bisnis untuk distributor dan grosir. Margin laba bisnis bergantung pada seberapa cepat mereka dapat menyerahkan barang-barang mereka. Semakin banyak yang mereka jual, semakin banyak yang mereka hasilkan, yang berarti masa depan bisnis yang lebih baik.

Memiliki sistem manajemen distribusi yang sukses juga penting bagi bisnis untuk tetap kompetitif dan untuk menjaga pelanggan puas.

Manfaat Menerapkan Perangkat Lunak DMS ke Perusahaan:

1. Proses Otomatis

Dengan otomatisasi dan alur kerja yang optimal, ini membantu menghemat waktu dan sumber daya secara personal untuk pengoperasian, dan mencakup lebih banyak pelanggan daripada merekrut lebih banyak orang.

Pengeluaran besar dalam distribusi untuk promosi, tampilan, program penjualan, dikontrol ketat oleh aplikasi DMS pada sistem untuk membantu bisnis menyelesaikan masalah yang negatif, kehilangan anggaran

2. Hemat Waktu

Aplikasi DMS akan membantu sistem memperbarui data secara terus menerus, mendukung manajer memeriksa data dengan cepat dan mendapatkan keputusan penjualan yang efektif.

Hal ini dapat membantu mengontrol data, meninjau pesanan, dan mengelola status penjualan kapan saja di mobile dengan aplikasi yang terintegrasi.

Operasi manual terbatas pada level minimum: sistem mengintegrasikan fungsionalitas perhitungan untuk membantu staf dan administrator merekam data dan informasi online yang dikirim ke departemen kontrol dengan cepat.

3. Pelaporan Otomatis dan Fleksibel

Laporan yang terotomasi dengan banyak antarmuka intuitif membantu administrator mendapatkan data statistik dengan cepat dan akurat. Berdasarkan laporan intuitif, administrator akan dapat membuat keputusan bisnis yang efektif tanpa terlalu banyak manipulasi praktik manajemen tradisional.

Ini mendukung platform dan dapat menghasilkan serta meninjau laporan setiap saat, laporan dapat diakses untuk banyak peralatan komputer, laptop, smartphone, tablet, dll.

Analisis dan perbarui data online dengan berbagai kriteria untuk setiap peran atau departemen.

4. Manajemen Informasi Pelanggan Yang Efektif

Informasi Purna Jual dan Pelanggan akan diperbarui dan diarsipkan untuk membantu bisnis mengukur kinerja pasar, memahami calon pelanggan dan strategi mereka, dan menyusun strategi produksi yang masuk akal.

5. Menyediakan Data Real-Time

Dengan proses dan fungsi yang dirancang dengan cermat dan dukungan pengguna yang efektif dalam sistem, ini akan memungkinkan Perusahaan untuk mendapatkan dataset DMS yang lengkap dan “nyata” di pasar, tempat penjualan, jalur penjualan, inventaris, penjualan masuk, penjualan keluar, promosi, tampilan produk, POSM, dan lain-lain.

Mencegah dan meminimalkan masalah data penjualan memasak. Data ini akan membantu perusahaan membuat keputusan dan mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif dan akurat.

Baca Juga:

Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Yang Dirancang Untuk Memudahkan Distributor

Apa Itu Sales Force Automation (SFA) Bagi Perusahaan Distributor?

Share
Published by
Jowan Kho
Tags: Agen lapangan CRM Customer Relationship Management Delivery Management Delivery Route Management Delivery Route planning Distribution Field force General Trade Inventory Inventory Management Manajemen agen lapangan Manajemen gudang Manajemen rantai pasokan Manajemen sales lapangan Manajemen salesman Manajemen stok Monitor agen lapangan Monitor salesman Perencanaan rute Perencanaan rute kunjungan Perencanaan rute pengantaran Perencanaan rute perjalanan Perencanaan rute salesman Permanent Journey Plan PJP Route Plan Route Planning SaaS SaaS for Supply Chain SaaS Solution for Business Intelligence and Analytics SaaS solution for Sales and Distribution SaaS solution for Supply Chain Sales Force Automation Sales Force Management Sales Force Route Planning Sales KPI Sales performance monitoring Salesman Monitoring SFA Software as a Service Solusi SaaS untuk penjualan dan distribusi Solusi SaaS untuk rantai pasokan Supervisor Monitoring Supply Chain Supply Chain Management Supply Chain Solution Vehicle Vehicle Management Warehouse Warehouse Management Work Force Automation Work Force Management

Recent Posts

  • Penjualan

Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan di Akhir Tahun

Akhir tahun identik dengan pesta diskon atau obral harga gede-gedean bagi sebagian besar merek bisnis. Dua atau tiga bulan menjelang… Read More

  • Pemasaran

Sukses Berbisnis dengan Teknik Pemasaran Direct to Customer

Setiap perusahaan harus memiliki manajemen pemasaran yang kuat supaya bisnisnya terus maju dan berkembang. Salah satu teknik yang bisa dilakukan… Read More

  • Teknologi

Pemanfaatan Revolusi Industri 4.0 dalam Supply Chain Management

Saat ini, perusahaan telah menggunakan aplikasi yang bisa menangani kinerja rantai pasokan atau supply chain.  Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi informasi… Read More