Categories: Bisnis Blog SimpliDOTS Cloud Computing

Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Sebuah Bisnis

Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Sebuah Bisnis – Apakah kamu pernah mengalami repotnya dalam mengelola seluruh administrasi bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan? Atau mungkin kamu pernah mengalami sulitnya untuk meningkatkan penjualan setiap tahunnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan dan keluhan yang dirasakan oleh perusahaan.

Jadi apabila perusahaan memiliki permasalah seperti itu, nah mungkin saja nih sudah saatnya perusahaan wajib menerapkan CRM.

Oh iya sebelumnya kamu sudah pernah dengar istilah CRM belum? CRM adalah Singkatan dari Customer relationship management. CRM adalah suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan serta mendapatkan pelanggan baru.

Dengan begitu perusahaan akan dengan mudah memahami apa saja yang menjadi kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

CRM pada dasarnya adalah alat, strategi atau proses yang membantu perusahaan atau bisnis dalam  mengelola dan mengakses data pelanggan dengan lebih baik.

Tahukah kamu, pada awalnya CRM mengandalkan tulisan tangan dan Rolodex, tetapi dengan kemunculan teknologi digital, alat ini akhirnya berkembang menjadi database yang disimpan di komputer individu, dan kemudian definisinya pun berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih kompleks.

Sekarang, CRM berkaitan dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Sistem CRM bertindak sebagai repository yang mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, strategi, dan pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem.

Apa Saja Keuntungan Dan Manfaat Dari CRM?

1. Menigkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menggunakan CRM memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan dari berbagai sumber yang berhubungan langsung dengan pelanggan, baik melalui call center, website, staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.

2. Mengurangi Biaya

Dengan menggunakan CRM memungkinkan setiap kegiatan penjualan dan pelayanan menjadi lebih murah karena pemasarannya lebih terfocus pada pelanggan yang tepat serta waktu yang tepat pula.

3. Kegiatan Operasional Menjadi Lebih Efisien

Ketika proses penjualan dan pelayanan menjadi semakin mudah maka hal ini dapat mengurangi dari risiko penurunan kualitas pelayanan ke pelanggan dan beban arus kas. Misalnya saja dengan pemakaian teknologi call center serta website hal ini dapat mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang mungkin saja suatu saat bisa muncul.

4. Time to Market Semakin Meningkat

Dengan CRM, perusahaan akan mendapatkan informasi dari pelanggan berupa data tentang produk apa saja yang menjadi trend pembelian saat ini. Hal ini akan mempercepat produk masuk ke pasar.

Baca juga : Kenapa Transisi Bisnis Keluarga ke Generasi Penerus Gagal?

5. Meningkatnya Pendapatan

Kumpulan informasi yang diperoleh dari aplikasi CRM ini akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan keuntungan perusahaan.

sumber : https://www.hestanto.web.id/crm/

https://www.herosoftmedia.co.id/apa-itu-software-crm/

Share
Published by
SimpliDOTS
Tags: Agen lapangan CRM Customer Relationship Management Delivery Management Delivery Route Management Delivery Route planning Distribution Field force General Trade Inventory Inventory Management Manajemen agen lapangan Manajemen gudang Manajemen rantai pasokan Manajemen sales lapangan Manajemen salesman Manajemen stok Monitor agen lapangan Monitor salesman Perencanaan rute Perencanaan rute kunjungan Perencanaan rute pengantaran Perencanaan rute perjalanan Perencanaan rute salesman Permanent Journey Plan PJP Route Plan Route Planning SaaS SaaS for Supply Chain SaaS Solution for Business Intelligence and Analytics SaaS solution for Sales and Distribution SaaS solution for Supply Chain Sales Force Automation Sales Force Management Sales Force Route Planning Sales KPI Sales performance monitoring Salesman Monitoring SFA Software as a Service Solusi SaaS untuk penjualan dan distribusi Solusi SaaS untuk rantai pasokan Supervisor Monitoring Supply Chain Supply Chain Management Supply Chain Solution Vehicle Vehicle Management Warehouse Warehouse Management Work Force Automation Work Force Management

Recent Posts

  • Penjualan

Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan di Akhir Tahun

Akhir tahun identik dengan pesta diskon atau obral harga gede-gedean bagi sebagian besar merek bisnis. Dua atau tiga bulan menjelang… Read More

  • Pemasaran

Sukses Berbisnis dengan Teknik Pemasaran Direct to Customer

Setiap perusahaan harus memiliki manajemen pemasaran yang kuat supaya bisnisnya terus maju dan berkembang. Salah satu teknik yang bisa dilakukan… Read More

  • Teknologi

Pemanfaatan Revolusi Industri 4.0 dalam Supply Chain Management

Saat ini, perusahaan telah menggunakan aplikasi yang bisa menangani kinerja rantai pasokan atau supply chain.  Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi informasi… Read More