Bisnis

Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Sebuah Bisnis

Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Sebuah Bisnis – Apakah kamu pernah mengalami repotnya dalam mengelola seluruh administrasi bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan? Atau mungkin kamu pernah mengalami sulitnya untuk meningkatkan penjualan setiap tahunnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan dan keluhan yang dirasakan oleh perusahaan.

Jadi apabila perusahaan memiliki permasalah seperti itu, nah mungkin saja nih sudah saatnya perusahaan wajib menerapkan CRM.

Oh iya sebelumnya kamu sudah pernah dengar istilah CRM belum?. Apa itu CRM? CRM adalah Singkatan dari Customer relationship management. CRM adalah suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan serta mendapatkan pelanggan baru.

Dengan begitu perusahaan akan dengan mudah memahami apa saja yang menjadi kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

CRM pada dasarnya adalah alat, strategi atau proses yang membantu perusahaan atau bisnis dalam  mengelola dan mengakses data pelanggan dengan lebih baik.

Tahukah kamu, pada awalnya Customer Relationship Management mengandalkan tulisan tangan dan Rolodex, tetapi dengan kemunculan teknologi digital, alat ini akhirnya berkembang menjadi database yang disimpan di komputer individu( software CRM ), dan kemudian definisinya pun berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih kompleks.

Sekarang, CRM berkaitan dengan strategi bisnis secara keseluruhan. Sistem CRM bertindak sebagai repository yang mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, strategi, dan pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem.

Apa Saja Keuntungan Dan Manfaat Dari CRM?

1. Menigkatkan Loyalitas Pelanggan

Keuntungan CRM pertama adalah dengan menggunakan CRM memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan dari berbagai sumber yang berhubungan langsung dengan pelanggan, baik melalui call center, website, staf pemasaran dan pelayanan di lapangan.

2. Mengurangi Biaya

Dengan menggunakan CRM memungkinkan setiap kegiatan penjualan dan pelayanan menjadi lebih murah karena pemasarannya lebih terfocus pada pelanggan yang tepat serta waktu yang tepat pula.

3. Kegiatan Operasional Menjadi Lebih Efisien

Manfaat crm bagi perusahaan, ketika proses penjualan dan pelayanan menjadi semakin mudah maka hal ini dapat mengurangi dari risiko penurunan kualitas pelayanan ke pelanggan dan beban arus kas. Misalnya saja dengan pemakaian teknologi call center serta website hal ini dapat mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang mungkin saja suatu saat bisa muncul.

4. Time to Market Semakin Meningkat

Dengan Customer Relationship Management, perusahaan akan mendapatkan informasi dari pelanggan berupa data tentang produk apa saja yang menjadi trend pembelian saat ini. Hal ini akan mempercepat produk masuk ke pasar.

Baca juga : Kenapa Transisi Bisnis Keluarga ke Generasi Penerus Gagal?

5. Meningkatnya Pendapatan

Kumpulan informasi yang diperoleh dari aplikasi Customer Relationship Management ini akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan keuntungan perusahaan.

sumber : https://www.hestanto.web.id/crm/

https://www.herosoftmedia.co.id/apa-itu-software-crm/

Share
Published by
SimpliDOTS

Recent Posts

  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

1 day ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

1 week ago
  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang, Apa Pentingnya?

Jika Anda menjalankan bisnis eCommerce atau distributor FMCG (Fast-Move Consumer Goods), manajemen stok barang di gudang dan aplikasi sistem distribusi… Read More

3 weeks ago