Pelajari Lebih Lanjut
Categories: Blog SimpliDOTS Distribusi Integrasi Data Jurnal SimpliDOTS Software

Integrasi SimpliDOTS dengan Jurnal

Kita sudah membahas mengenai distribusi lebih jauh di pembahasan-pembahasan sebelumnya. Dan pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui integrasi SimpliDOTS dengan jurnal. Maka dari itu, silahkan membaca penjelasan di bawah ini hingga selesai ya agar Anda bisa lebih memahaminya.

Setiap usaha yang dijalankan memang tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada saat dimana usaha yang kita jalankan berjalan dengan sangat mulus bahkan keuntungan yang bisa didapat berkali-kali lipat. Namun, ada juga saat dimana usaha seakan “lesu” keuntungan permintaan menurun sehingga sangat berpengaruh ke proses produksi, akhirnya keuntungan pun sangat kecil didapatkan atau bahkan merugi.

Lantas, bagaimana dengan kondisi dari perusahaan Anda sekarang ini, apakah berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan? Atau perusahaan sedang mengalami kesulitan karena jumlah produksi yang sedang menurun? Ya, seperti yang kita ketahui bahwa penjualan yang menurun memang bisa dialami oleh setiap perusahaan, bahkan perusahaan besar sekalipun. Tapi tentunya penurunan penjualan ini sangat berisiko membuat jumlah pendapatan perusahaan menjadi sangat menurun. Sehingga semua pengusaha berusaha semaksimal mungkin agar permintaan meningkat lagi.

Sebenarnya penjualan bisnis menurun karena ada berbagai faktor yang menyebabkannya. Mulai dari produk yang terkesan “itu-itu saja” sehingga pelanggan merasa bosan, kurangnya promosi sehingga masyarakat kurang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan, kenaikan harga di beberapa komponen, dan faktor di luar perusahaan seperti inflasi.

sumber : pxhere

Aplikasi Sales dan Distribusi

Banyak perusahaan yang hanya memikirkan produksi atau inovasi produk saja, padahal distribusi dan sales tidak kalah penting untuk dipikirkan. Sekarang ini ada banyak software atau perangkat lunak sales dan distribusi yang sangat membantu suatu perusahaan. Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan aplikasi sales dan distribusi ini? Jadi aplikasi sales dan distribusi ini merupakan suatu aplikasi yang dapat mempercepat siklus penjualan ataupun distribusi pada produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Tidak hanya itu, aplikasi sales dan distribusi juga sangat bermanfaat dalam mendukung dan menjalankan proses transaksi yang dilakukan, mendorong konsumen agar bisa melakukan transaksi yang berulang dan juga meningkatkan peluang dalam menanggapi para pelanggan. Dengan demikian, aplikasi sales dan distribusi ini sangatlah diperlukan agar bisa mendukung seluruh divisi sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. 

Apa Saja Manfaat Aplikasi Sales dan Distribusi?

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dengan aplikasi sales dan distribusi. Berbagai manfaat tersebut bisa Anda ketahui di bawah ini ya.

1. Kinerja Tim Penjualan dapat Meningkat

Dengan adanya aplikasi sales dan distribusi akan lebih memungkinkan untuk para tim lebih fokus dalam tugasnya seperti penjualan. Seperti yang diketahui, para tim juga sebenarnya mengkhawatirkan berbagai tugas administratif seperti menghitung payroll, penghitungan pajak, menginput data dan lain sebagainya yang sangat menyita waktu.

Tidak hanya itu, para tim penjualan juga sering ditugaskan untuk membuat penagihan, jadwal kunjungan dan lain sebagainya yang juga bisa menguras tenaga. Padahal jika perusahaan “melek teknologi” semua tugas manual tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi modern.

2. Mengelola Database

Gambaran lengkap mengenai pelanggan akan diberikan oleh aplikasi distribusi ini. Tentunya informasi yang diberikan ini terkait dengan informasi pemasaran, penjualan, dan juga pelayanan pelanggan. Dengan informasi yang bisa didapatkan dengan mudah maka pimpinan dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat karena sebelumnya sudah melihat informasi yang ada.

3. Meningkatkan Kolaborasi Internal

Pekerjaan yang dilakukan oleh tim penjualan dapat diringkas dengan aplikasi sales dan distribusi ini. Dengan adanya kemudahan akses maka kegiatan yang menyita waktu seperti rapat bisa dikurangi. 

4. Pelanggan Lebih Nyaman

Perusahaan pastinya mengetahui bahwa pelanggan adalah “kunci utama” dalam kesuksesan suatu perusahaan. Dengan pelayanan yang baik, maka akan memberikan kenyamanan pada pelanggan sehingga pelanggan tidak kabur. Nah, aplikasi sales dan distribusi ini bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa pelanggan merasa nyaman saat berbelanja.

5. Jumlah Reseller Meningkat

Apakah bisa jumlah reseller meningkat dengan adanya aplikasi sales dan distribusi? Tentu saja bisa, karena aplikasi ini akan memastikan bahwa reseller dapat menggunakan tampilan yang menarik sehingga penjualan dari toko mereka pun akan mengalami peningkatan.

Selain keuntungan yang dijelaskan di atas, sebenarnya ada berbagai keuntungan lainnya seperti siklus penjualan lebih terstruktur dengan baik, pekerjaan menjadi lebih teratur dan sistematis, dan penjualan pun dapat diperkirakan secara akurat.

Baca juga : Peran Distributor Dalam Strategi Bisnis Distribusi

Aplikasi SimpliDOTS

Sejak tadi kita sudah membahas mengenai aplikasi sales dan distribusi ya, tapi sebenarnya aplikasi sales dan distribusi apa yang bisa digunakan? SimpliDOTS adalah jawabannya. Aplikasi sales dan distribusi SimpliDOTS adalah solusi terbaik yang kami sarankan untuk Anda jika sedang bingung memilih aplikasi sales dan distribusi.

SimpliDOTS akan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan perusahaan Anda dan juga distribusi. Dengan menggunakan aplikasi SimpliDOTS, maka Anda dapat informasi mengenai siklus penjualan yang bisa Anda temukan di aplikasi SimpliDOTS ini. Jadi kegiatan mencatat segala transaksi secara manual tidak perlu lagi Anda lakukan, karena semuanya bisa ditangani oleh SimpliDOTS.

SimpliDOTS mengerti bahwa ada beberapa pekerjaan perusahaan yang sebenarnya bisa dikerjakan dengan aplikasi. Tentu dengan adanya software ini berbagai pekerjaan yang cukup menyita waktu dan tenaga bisa dilakukan SimpliDOTS.

Anda masih khawatir mengenai keamanan dari aplikasi ini? Tenang saja, karena SimpliDOTS akan memberikan bukti nyata mengenai berbagai transaksi yang pernah dilakukan. Sehingga bisa dipastikan bahwa sekecil apapun dokumentasi, SimpliDOTS tidak akan melewatkannya sebagai bukti nyata untuk Anda. Sedangkan untuk SimpliDOTS Monitoring bisa Anda gunakan untuk memonitoring para karyawan sehingga sangat membantu Anda dalam mengawasi kinerja dari salesman yang bekerja di lapangan atau karyawan.

Kapan saja dan dimana saja Anda bisa mengakses aplikasi SimpliDOTS, karena aplikasi ini berbasis cloud. Bahkan selama 14 hari Anda dapat mencobanya secara gratis! Sangat menarik, bukan?

Baca juga : Mengenal Sistem Distribusi Yang Cepat Dan Efisien

Aplikasi Akuntansi

Dengan adanya teknologi yang terus berkembang, tentu sangat memudahkan pekerjaan manusia ya. Selain dengan adanya aplikasi sales dan distribusi, kita juga akan dipermudah dengan hadirnya aplikasi akuntansi. Seperti yang diketahui bahwa aplikasi akuntansi memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar bisa membantu perusahaan sebagai landasan dalam mengambil keputusan oleh kreditur, pemerintah maupun para pemegang saham.

Setiap informasi yang diolah oleh software akuntansi tentunya sangat penting karena bisa memberikan gambaran mengenai kondisi perusahaan di waktu-waktu tertentu. Data-data mengenai keuangan akan lebih mudah didapatkan dengan hadirnya aplikasi akuntansi.

Dibandingkan dengan cara konvensional yang dulunya sering digunakan oleh perusahaan, tentu aplikasi akuntansi memberikan banyak kelebihan dan pastinya memberikan perubahan yang sangat besar. Contohnya saja, dulu untuk pembuatan data-data mengenai pengeluaran dan juga pemasukan atau data keuangan lain harus disimpan dalam bentuk lembaran. Selain itu juga pembuatannya masih manual sehingga sangat memakan waktu. 

Apalagi jika ada human error seperti kesalahan pada saat pencatatan atau penghitungan yang akan berakibat fatal untuk perusahaan karena informasi atau pendataan menjadi tidak akurat lagi. Sehingga sekarang ini banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi akuntansi karena laporan keuangan yang dibuat akan menjadi lebih spesifik, fokus dan tentunya terarah.

Jurnal.id

Nah, sekarang ini SimpliDOTS ternyata dapat terintegrasi dengan Jurnal.id versi Beta sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam penyusunan laporan keuangan akuntansi yang selama ini dikenal sulit, membutuhkan waktu yang cukup banyak dan sering terjadi kesalahan. Dengan adanya aplikasi ini tentu akan menjadi jawaban terbaik untuk Anda yang selama ini membutuhkan software akuntansi terbaik.

Baca juga : 5 Alasan Jurnal Menjadi Pilihan Utama di Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Integrasi Jurnal.id

Anda tidak perlu bingung lagi mencari software akuntansi, karena sekarang ini SimpliDOTS sudah bekerjasama dengan Jurnal.id yang merupakan aplikasi akuntansi terpercaya. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan berbagai pembukuan keuangan, secara akurat dan tentunya detail sehingga kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan pembukuan secara manual tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi ini.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan integrasi, maka terlebih dahulu harus mengetahui apa saja sih fitur dan juga data yang terintegrasi ke Jurnal.id ini. Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa melihat penjelasan yang ada di bawah ini ya.

1. Customer

  • Sistem integrasinya dua arah sehingga bisa menarik data dari jurnal (pull) dan bisa juga dikirim ke data jurnal (push).
  • Jika data Anda hapus dari SimpliDOTS, maka secara otomatis data juga akan terhapus di Jurnal.id. Namun jika data di hapus di Jurnal.id maka di SimpliDOTS tidak terhapus secara otomatis. Sehingga untuk menghapusnya di SimpliDOTS harus dilakukan secara manual.
  • Status customer yang belum terintegrasi.

Sedangkan, untuk data Customer yang sudah terintegrasi yaitu berupa:

  • Name
  • Address
  • Created At
  • Handphone
  • Payment Term Name
  • Notes

2. Payment Term

  • Merupakan sistem integrasi yang satu arah, sehingga hanya bisa ditarik data dari jurnal (pull) dan belum bisa dikirim (push) ataupun mengubah data ke jurnal.

Sedangkan untuk data Payment Term yang sudah terintegrasi berupa:

  • Days Of (Lama hari waktu pembayaran contoh: 0, 15, 10, dll)
  • Name

3. Product

  • Merupakan sistem integrasi dua arah sehingga bisa di tarik data dari Jurnal (pull) dan kirim data ke Jurnal (push).
  • Jika data yang ada ingin Anda hapus di SimpliDOTS, maka secara otomatis juga akan terhapus di Jurnal.id. Tapi jika Anda menghapusnya di Jurnal.id maka tidak secara otomatis terhapus di SimpliDOTS, sehingga mengharuskan Anda untuk menghapusnya secara manual di SimpliDOTS tersebut ya.
  • Sedangkan untuk saat ini hubungan pada product unit Jurnal dengan SimpliDOTS hanya sebagai unit dasar. Sehingga pada saat product tersebut multiple unit maka by default atau sesuai standar unit tersebut tidak akan terkirim ke Jurnal.

Sedangkan untuk data Produk yang dikirim ke Jurnal.id, berupa:

  • Code
  • Name
  • Cost Price
  • Sell Price
  • Created At
  • Is Tax
  • UnitId
  • Unit Name

4. Unit

  • Merupakan sistem integrasi secara dua arah, yang bisa tarik (pull) data dari Jurnal dan kirim (push) data ke Jurnal. Jika data dihapus pada SimpliDOTS maka akan secara otomatis terhapus juga di Jurnal, tetapi jika data dihapus di Jurnal tidak secara otomatis terhapus juga di SimpliDOTS, sehingga di SimpliDOTS harus dihapus manual.

Data Unit yang terintegrasi dapat berupa:

  • Name

5. Tax

  • Sistem integrasi satu arah, sehingga hanya dapat tarik (pull) data dari Jurnal namun belum bisa kirim (push) atau ubah data ke Jurnal.

Data Tax yang terintegrasi berupa:

  • Name
  • Tax Code
  • Value

6. Warehouse

  • Sistem integrasi satu arah, hanya dapat tarik (pull) data dari Jurnal tetapi belum bisa kirim (push) atau ubah data ke Jurnal.

Sedangkan, data Warehouse yang terintegrasi dapat berupa:

  • Code
  • Name
  • Description

7.Employee

  • Sistem integrasi dua arah, bisa tarik (pull) data dari Jurnal dan kirim (push) data ke Jurnal.
  • Jika data dihapus di SimpliDOTS akan otomatis terhapus di Jurnal, tetapi jika dihapus di Jurnal tidak otomatis terhapus di SimpliDOTS, sehingga di SimpliDOTS harus dihapus manual.

Sedangkan, data Employee yang terintegrasi dapat berupa:

  • Name
  • Handphone
  • Address
  • Created At

8. Order

  • Sistem integrasi dua arah, bisa tarik (pull) data dari Jurnal dan kirim (push) data ke Jurnal.
  • Jika data dihapus di SimpliDOTS akan otomatis terhapus di Jurnal, tetapi jika dihapus di Jurnal tidak otomatis terhapus di SimpliDOTS, sehingga di SimpliDOTS harus dihapus manual.

Data Order yang terintegrasi berupa:

  • Order No
  • Customer Address
  • Customer Name
  • Date
  • Payment Due Date
  • Customer PartnerId
  • Total
  • SubTotal
  • Notes
  • List Order Item

9. Stock

  • Sistem integrasi satu arah, hanya bisa tarik (pull) data dari Jurnal tetapi belum bisa kirim (push) atau ubah data ke Jurnal.
  • Stock tidak realtime ter-update, untuk mendapatkan data terbaru dari Jurnal maka di SimpliDOTS harus lakukan sinkronisasi data terlebih dahulu.
  • Jika suatu produk memiliki stock tetapi stock tersebut bukan dari warehouse (hasil adjustment) maka stock tersebut tidak akan masuk ke SimpliDOTS. SimpliDOTS hanya bisa menarik stock berdasarkan warehouse-nya.
  • Agar stock bisa terhubung dengan product di SimpliDOTS, maka pada master data product di Jurnal, product code tidak boleh dikosongkan (wajib diisi).

Data Stock yang terintegrasi dapat berupa:

  • Product Code
  • Product Name
  • Warehouse Name
  • Warehouse Quantity
sumber : freepik

Cara Integrasi dengan Jurnal.id

Dan di poin kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara integrasi dengan Jurnal.id. Jadi untuk melakukan integrasi atau aktivasi dengan Jurnal.id maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini : 

  1. Silahkan login pada akun jurnal Anda di link https://www.jurnal.id/id/.
  2. Setelah masuk, Anda bisa klik tombol yang berbentuk segitiga terbalik yang berada samping nama perusahaan (company), lalu kemudian klik menu API Credential.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan copy code API yang ada di menu API Credential.
  4. Login ke link https://app.simplidots.co.id/.
  5. Klik ikon profil dan setelah itu klik menu setting (pengaturan).
  6. Klik tab integrasi, lalu klik Jurnal.
  7. Paste kode API yang sebelumnya Anda copy di kolom API KEY, lalu klik simpan.
  8. Setelah Anda memilih, maka akan muncul pemberitahuan yaitu “Success” yang berarti integrasi ke Jurnal sudah berhasil. Lalu klik OK.
  9. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda melakukan logout dan login kembali agar dapat menarik dan mengirimkan data ke Jurnal.
  10. Dan selanjutnya, Anda bisa melihat data-data seperti Product yang sudah terkirim ke Jurnal.id tersebut.

Ada sedikit tips yang bisa Anda gunakan, untuk meminimalisir error maka setelah pemberitahuan “Success” Anda dapat logout dan selanjutnya login kembali.

Sangat mudah kan melakukan aktivasinya? Jangan lupa juga untuk mengikuti tipsnya ya. Selamat mencoba!

Share
Published by
Jowan Kho
Tags: Aplikasi Akuntansi Aplikasi Distribusi Aplikasi sales Cara SimpliDOTS Integrasi Jurnal Jurnal.id Manfaat aplikasi distributor SimpliDOTS Manfaat Aplikasi Sales Manfaat Aplikasi Sales & Distribusi Simplidots SimpliDOTS Integrasi Jurnal
  • Recent Posts

    • Fast Moving Consumer Goods (FMCG)
    • SimpliDOTS
    • Software

    5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG

    Di zaman yang serba cepat ini, semua hal termasuk arus informasi di dalam internal perusahaan, juga dituntut untuk menjadi sangat… Read More

    • Distribusi

    Apa itu Manajemen Pembelian atau Purchasing Management dalam Distribusi?

    Ada berbagai fungsi dasar yang dimiliki oleh suatu perusahaan, dan salah satu dari fungsi dasar tersebut adalah manajemen pembelian atau… Read More

    • Penjualan
    • Sales Dan Distribusi

    Sales Cycle, Tahapan dan Cara Memaksimalkan untuk Penjualan

    Dalam dunia perdagangan, hampir setiap transaksi mengikuti pola tujuh proses atau siklus yang sama. Memang tidak semua penjual mengetahui dan… Read More