Pentingnya Software Distribusi Aplikasi Route Optimization untuk Perusahaan Distribusi

Pentingnya Aplikasi Route Optimization untuk Perusahaan Distribusi

Dulu, untuk mengetahui jalur transportasi yang bisa digunakan untuk menempuh suatu tujuan tidak semudah saat ini. Khususnya karena saat ini sudah banyak dikembangkan pencarian rute transportasi umum pada smartphone. Didukung dengan perkembangan teknologi smartphone dan pertumbuhan pemakaiannya, maka hadirnya berbagai aplikasi route planner atau aplikasi route optimization telah sangat memudahkan bagi orang banyak terutama orang-orang yang masih awam dengan keberadaan transportasi umum di suatu tempat. 

Adanya berbagai macam aplikasi yang berjalan pada perangkat smartphone dengan platform Android tidak hanya mendukung untuk mencari rute terdekat saja. Dengan menggunakan koneksi internet yang semakin murah dan fitur Global Positioning System (GPS) fungsi aplikasi router planner semakin berkembang. Misalnya untuk manajemen logistik, penyaluran produk, dan dokumentasi pada manajemen inventory. 

Berbagai Aplikasi Router Planner Modern

Diawali dengan inovasi router planner berupa Google Maps, saat ini sudah banyak aplikasi router planner yang lebih profesional dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Perusahaan yang paling banyak memanfaatkan router planner profesional adalah perusahaan di sektor distribusi, supplier, perdagangan, dan logistik. Sedangkan perusahaan-perusahaan lain memanfaatkan aplikasi router planner yang profesional untuk memaksimalkan kinerja dari manajemen logistik. Dengan demikian, data yang sangat banyak dan kompleks dari aktivitas logistik bisa lebih terkontrol dan dikumpulkan tanpa perlu waktu yang lama. 

Beberapa contoh aplikasi router planner profesional yang banyak dipilih oleh perusahaan berkembang saat ini adalah mile apk, routific, elastocroute, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut memberikan solusi terbaik bagi perusahaan untuk manajemen logistik yang selama ini  menjadi persoalan tersendiri. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, pihak manajemen logistik perusahaan bisa menyiasati alur produk sehingga transparansi antar divisi menjadi lebih terlihat. 

Mengenal Aplikasi Router Planner

Aplikasi route planner atau aplikasi route optimization merupakan aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk transportation manajemen. Aplikasi ini memungkinkan pula untuk fungsi pendukung seperti manajemen logistik, manajemen inventory, transaksi digital, manajemen pergudangan, channel dalam saluran distribusi, dan manajemen penjualan. Jika dilihat fungsi pada pengertian tersebut, maka dipastikan fungsi utamanya adalah sebagai navigasi rute perjalanan. Aplikasi pertama yang dikenalkan dalam perangkat mobile atau smartphone adalah google maps.

Awalnya, aplikasi ini masih berbentuk sangat sederhana karena difungsikan sekedar untuk navigasi perjalanan dan share lock location. Maka itu, aplikasi ini masih sangat terbatas pemanfaatannya dan sangat jarang pula diintegrasikan dengan aplikasi lain. Namun, aplikasi google maps telah memberikan banyak kemudahan untuk beberapa jenis usaha transportasi seperti ojek online. Selanjutnya, aplikasi ini banyak digunakan untuk marketplace dan perusahaan travel. Adapun perusahaan kecil hanya bisa memanfaatkan layanan google map untuk sekedar share lock location saja.

Sekarang, aplikasi route planner bukan hanya google map saja. Banyak developer yang memunculkan aplikasi sejenis dengan fitur yang lebih profesional. Aplikasi route planner telah digunakan untuk hampir sektor bisnis, seperti perusahaan distribusi, ritel, layanan jasa, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Model Distribusi Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Di India

Elemen Penting dalam Aplikasi Route Optimization

Elemen Penting dalam Aplikasi Route Optimization
source : www.freepik.com

Hadirnya aplikasi route optimization yang mulai banyak digunakan oleh berbagai sektor bisnis tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk manajemen logistik, aplikasi ini sangat berperan untuk mengetahui detail keberadaan produk, modal, informasi, dan energi. Selain itu, aplikasi ini sangat membantu dari proses-proses logistik dari perencanaan, pengendalian, hingga finishing.

Supaya aplikasi route planner bisa memberikan dukungan yang optimal, ada beberapa elemen yang wajib ada dalam menciptakannya. Berikut ini, ulasan lengkap mengenai elemen penting dalam aplikasi route optimization.

1. Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat membantu penggunanya mengetahui posisi suatu objek. Sistem kerja GPS adalah dengan mentransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS. Selanjutnya GPS akan menerima sinyal dari satelit dan perangkat yang digunakan akan menentukan lokasi yang diminta hanya dalam hitungan kurang dari 1 detik. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut, maka memungkikan perangkat memberikan informasi yang sangat akurat mengenai lokasi suatu objek dan cara termudah untuk bisa mencapai objek tersebut.

2. Assistance Global Positioning System (A-GPS)

A-GPS pada dasarnya hanya pelengkap dari GPS, namun sangat diperlukan untuk setiap aplikasi route planner yang terinstal dalam smartphone. Dalam setiap rute perjalanan, A-GPS akan menyimpan semua data dari banyak pengguna. Selanjutnya, data akan ditransformasikan oleh server ketika dibutuhkan. A-GPS bisa menentukan rute-rute yang pada, sedang macet, jarang dilalui, dan rute khusus untuk kendaraan tertentu. Dengan elemen ini, maka GPS akan memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk memilih rute terbaik sesuai dengan moda transportasi yang digunakan. 

Baik GPS maupun A-GPS memiliki keakuratan data yang tinggi. Keduanya bisa digunakan pada setiap tempat dalam segala kondisi cuaca. Keistimewaan dari A-GPS yang lainnya adalah mengenai akurasinya yang sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 15 meter atau bahkan bisa hanya mencapai 3 meter.  A-GPS didesain secara khusus agar perangkat yang digunakan dapat terhubung dengan satelit dengan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada. A-GPS akan memberikan banyak informasi penting pada server GPS. 

3. Aplikasi Programming Interface (API)

Fungsi utama route planner adalah sebagai navigasi digital yang menampilkan peta virtual. Aplikasi yang satu ini memang sangat efektif karena menyediakan banyak fitur, salah satunya adalah pencarian rute dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dengan adanya elemen GPS dari mobile phone, maka aplikasi route planner akan sangat terasa manfaatnya, misalnya untuk location tracking. Manfaat ini hanya mungkin didapatkan karena adanya Aplikasi Programming Interface (API), yang memungkinkan gambar yang ditampilkan tampak mendekati gambar sebenarnya. 

Pada aplikasi google map, gambar-gambar yang ditampilkan bukan gambar diperbarui secara real-time, melainkan gambar yang telah berusia cukup lama. Bahkan bisa jadi gambar tersebut sudah berusia 3 tahun lebih. Beberapa gambar bisa saja real time jika pada lokasi yang dimaksud terjadi peristiwa yang sangat khusus. Berbeda dengan aplikasi route planner profesional, gambar yang tersedia adalah gambar-gambar yang relatif baru dan hanya dengan hitungan hari saja. Jadi pembaharuan terhadap tata kelola jalan dipastikan selalu dilakukan dan sangat besar untuk meminimalisir miss route bagi para pengguna.

4. Best Path

Best path merupakan elemen yang sangat mendukung sebagai navigasi pengguna route planner. Misalnya, ketika sedang diaktifkan untuk menavigasikan ke suatu tempat, Aplikasi akan memberikan perintah untuk belok ke jalan A setelah sekian meter, atau memberikan informasi bahwa pengguna telah berada dan sampai di tujuan. Best path memiliki peran untuk membangun algoritma yang sangat efektif pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi pada smartphone masing-masing. Bahkan, pada awal pencarian suatu objek, Best Path memungkikan pengguna menemukan lokasi yang diharapkan cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci (keyword).

5. ETA (Estimated Time of Arrival)

Salah satu keuntungan terbesar dari aplikasi route optimization adalah dapat sangat meningkatkan ketepatan perkiraan waktu kedatangan atau ETA (Estimated Time of Arrival). Sehingga, bisa membantu pelanggan mengetahui kapan produk yang mereka pesan akan tiba. 

Dengan cara ini, mereka akan tahu kapan mereka harus berada di rumah untuk menerima produk mereka dan membuat pengaturan yang diperlukan. Ingat, ini semua tentang membuat pengalaman berbelanja atau bertransaksi menjadi lebih mudah dan lancar bagi pelanggan. 

ETA juga menghadirkan beberapa fitur fungsional dan menarik bagi distributor, antara lain: 

  • Dapat menentukan rute tercepat untuk efisiensi bahan bakar. 
  • Mengoptimasi rute tujuan secara instan hanya semudah menggerakkan jari.
  • Dapat diatur rute terbaik sesuai kebutuhan dan kendaraan. 
  • Menghitung kemampuan pengantaran berdasarkan volume kendaraan. 
  • Bisa mengetahui waktu kedatangan secara otomatis. Perkiraan kapan jam buka toko dan kapan kendaraan tersedia. 
  • Tersedia peta interaktif yang mendeteksi kemacetan, atau lampu merah, serta secara otomatis menentukan jalur terlancar. 
  • Dapat mengonversikan alamat pelanggan dan koordinat lokasinya secara otomatis. 
  • Dapat diintegrasikan dengan aplikasi 3rd party. 
  • Terdapat fitur re-route untuk mengatur ulang rute terbaik dan terlancar jika ada hambatan jalur. 

Baca juga : Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Distribusi

Aplikasi Route Planner untuk Perusahaan Distribusi

Aplikasi Route Planner untuk Perusahaan Distribusi
source : www.freepik.com

Pertumbuhan bisnis di sektor distribusi semakin meningkat karena terus tumbuhnya kebutuhan manusia dan berkembangnya tren belanja online saat ini. Pengiriman barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan terus dilakukan akibat pertumbuhan kegiatan e-commerce di Indonesia. Perkembangan perusahaan distribusi  Indonesia harus didukung dengan berbagai upaya untuk mencapai manajemen yang efektif dan efisien. Selain karena tren, perusahaan distribusi juga masih harus menghadapi berbagai tantangan seperti infrastruktur dan berbagai proses yang masih dijalankan secara konvensional. Tren perubahan yang tidak diimbangi dengan penyelesaian tantangan secara tepat pasti pada akhirnya akan membuat perusahaan distribusi kesulitan untuk mengimbangi perubahan tersebut.

Perusahaan distribusi harus merencanakan langkah-langkah strategis agar tetap bisa memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Maka dari itu, Aplikasi route planner mendukung setiap perusahaan distribusi dengan solusi teknologi untuk proses penyaluran produk yang lebih efektif dan efisien. Berikut ini, beberapa peran penting platform route planner profesional untuk perusahaan distributor di Indonesia.

1. Fitur Mobile Courier untuk Monitoring yang Efektif

Salah satu upaya perusahaan distribusi tetap dapat mengirimkan barang tepat waktu kepada konsumen adalah manajemen tugas untuk para kurirnya. Proses ini disebut dengan dispatching yang dalam praktiknya selalu menjadi kegiatan yang menyita banyak waktu dan tenaga jika dilakukan secara konvensional. Belum lagi ditambah dengan proses penerbitan delivery order, sortir, konsolidasi shipment, dan lain sebagainya, tentu akan membuat proses pengiriman semakin memakan banyak waktu. Platform route planner yang hadir dengan inovasi terbaru bisa membantu manajemen tugas dengan otomatisasi. Tim admin hanya perlu memasukkan data ke aplikasi route planner yang digunakan secara manual atau sekaligus (bulk data). 

Selanjutnya, admin bisa mengatur data yang ada seperti pembagian kurir berdasarkan wilayahnya, jenis produk yang dikirimkan, dan retailer/sub agen yang akan menjadi tempat pengiriman produk. Setelah itu, admin hanya perlu menekan tombol untuk mendistribusikan tugas secara otomatis kepada setiap kurir yang sesuai dengan konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya. Cara ini tentu saja sangat memudahkan tugas seorang admin karena data masih tersimpan dan bisa digunakan kembali jika dibutuhkan. 

Kurir yang bertugas juga akan secara otomatis menerima tugas tersebut ke aplikasi mobile masing-masing. Selanjutnya, para kurir hanya tinggal menekan tombol start untuk memulai mengerjakan tugasnya. Semua itu menjadi sangat efektif berkat fitur yang sangat penting dalam aplikasi route planner, yaitu mobile courier. Beberapa proses penting yang bisa dilakukan dengan fitur tersebut antara lain:

  • Geolocation yang berguna untuk merekam waktu dan lokasi kurir ketika memulai untuk mengerjakan tugasnya, sehingga tim manajemen bisa memonitor kurir secara real time melalui dashboard aplikasi route planner pada perangkat mobile yang dimiliki.
  • Memberikan informasi tugas dan kontak penerima sehingga para kurir yang sedang menjalankan mudah memilih rute terdekat dengan bantuan peta jalan dan informasi kontak akan terhubung ke smartphone masing-masing. 
  • Bukti terima, yaitu foto dan tanda tangan sebagai bukti serah terima barang yang dilakukan secara elektrik sehingga tidak dibutuhkan lagi delivery note (DO) dalam bentuk kertas.

Baca juga : Mengenal Siklus Keuangan Dalam Sistem Informasi Akuntansi Distributor 

2. Fitur Data Dashboard untuk Transfer Data yang Cepat, Aman, dan Akurat

Bagi perusahaan distribusi, transfer dan pertukaran data dengan platform milik semua mitra secara cepat dan akurat adalah sebuah keharusan. Cara ini memungkinkan perusahaan bisa memastikan penanganan terhadap pengiriman order selalu tepat waktu. Dengan aplikasi route planner, kemudahan transfer tugas dari admin ke kurir tidak hanya meningkatkan kecepatan transfer data saja, tetapi sangat menjamin keamanan data dan pengolahan data secara real time. Maka dari itu, adanya fitur data dashboard pada aplikasi route planner profesional yang digunakan sangat menentukan kelancaran transfer data. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pada fitur data dashboard, antara lain: 

  • Sebagai real time big data dashboard yang memungkinkan semua data dan transaksi di masa lampau maupun yang sedang berjalan tersimpan pada data dashboard. 
  • Terdapat desain dashboard yang memungkinkan pengguna bisa mengatur sendiri visualisasi data yang ingin ditampilkan pada dashboard berdasarkan rentang waktu dan berbagai jenis bentuk grafik. 
  • Memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan Informasi berdasarkan jenis produk, jarak tempuh tujuan, wilayah pengiriman, dan lain sebagainya.
  • Live tracking map yang disertai dengan peta untuk menunjukkan secara langsung posisi kurir secara real time. 
  • Memberikan informasi estimasi kurir akan tiba di tujuan dan perkiraan waktu untuk satu tugas akan selesai. 
  • Terdapat Custom report untuk skalabilitas dan manajemen bisnis yang akan menghindari human error dan kesalahan data. 

3. Fitur Filter Data untuk Memudahkan Membuat Laporan

Pada umumnya, aplikasi route planner tergolong pada platform berbasis software as a service (SaaS), sehingga tidak hanya memudahkan untuk penyimpanan data saja, melainkan sangat berguna untuk pemanggilan data. Setiap informasi yang dibutuhkan tersimpan secara terpusat sehingga akan memudahkan perusahaan untuk menyajikan laporan berdasarkan data-data yang dibutuhkannya. Cara melakukannya hanya dengan  kustomisasi dengan mengklik beberapa variabel yang dibutuhkan pada filter data, kemudian memfilternya. Dengan cara ini, setiap laporan yang diinginkan akan mudah dibuat, bisa lebih terorganisir, dan mudah diakses.

Baca juga : Mengenal Delivery Drone Untuk Keperluan Komersial Di Indonesia

SimpliDOTS Menghadirkan Fitur Route Management

Hadirnya aplikasi route planner atau aplikasi route optimization memang sangat efektif untuk meningkatkan efektivitas proses penyaluran produk pada perusahaan distribusi. Sebut saja perusahaan logistik, ritel, dan hingga layanan jasa seperti montir, service elektronik, cleaning service, dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat efektif untuk perencanaan inventory dan penyaluran produk, serta sangat unggul untuk menjamin kepuasan pelanggan. Satu hal yang tidak kalah penting adalah, aplikasi ini mudah diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lainnya. Misalnya, aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA). 

Dengan fitur route management ini, jadwal  kunjungan harian salesman sudah tersedia di  aplikasinya, salesman hanya perlu mengikuti  rute yang sudah dibuat, dilengkapi juga  dengan petunjuk di maps. Selain itu, coverage area untuk salesman juga bisa  dibatasi dengan fitur ini. Keunggulan lainnya, salesman dapat menentukan titik koordinat (geotag) outlet untuk  memudahkan kunjungan selanjutnya. Data-data mudah disajikan dan keputusan manajemen bisa diambil dengan akurat. Aplikasi SimpliDOTS membantu pelaksanaan kunjungan tim sales lebih efektif dan on schedule.

Bagi Anda yang sedang menekuni bisnis distribusi saat ini, adanya tren dan teknologi harus benar-benar Anda maksimalkan. Maka itu, pastikan Anda menggunakan aplikasi SimpliDOTS untuk mendukung salesman beserta jajaran manajemen penjualan. Dapatkan aplikasi SimpliDOTS sekarang dengan klik di sini GRATIS 14 Hari.

Baca juga : Tips-Tips Sukses Membangun Bisnis Distribusi