smart-warehouse-management-system-with-distribution management system

Distribution Management System Menghemat Biaya Distribusi Hingga 200%

Dalam menjalankan suatu bisnis, distribusi seringkali menjadi elemen yang paling banyak menghabiskan uang perusahaan Anda. 

Hal ini cukup masuk akal karena proses distribusi sendiri itu bertingkat dan membutuhkan pengelolaan yang baik sehingga akan menghabiskan lebih banyak biaya dan waktu.

Oleh karena itu banyak perusahaan yang mencari cara untuk menghemat biaya distribusinya agar keuntungan dari bisnis yang dijalankan meningkat. 

Artikel ini akan membahas bagaimana Distribution Management System dari SimpliDOTS bisa menghemat biaya distribusi Anda hingga 200%. Sebelum melangkah ke sana, mari kita pahami apa itu distribusi dan apa saja yang terhitung ke dalam biaya distribusi.

Apa itu Distribusi

Distribusi dan pengiriman adalah bagian penting dari rencana bisnis Anda. Bagaimana Anda mendapatkan produk dan layanan Anda ke tangan pelanggan Anda adalah tentang distribusi dan pengiriman. 

Distribusi didefinisikan sebagai tindakan menyebarkan produk ke seluruh pasar, seluas dan seluas mungkin sehingga banyak orang dapat membelinya. 

Sebuah perusahaan membutuhkan distribusi agar dapat menjual produknya di pasar. Saluran distribusi yang tepat dapat menjadi keunggulan kompetitif yang besar bagi perusahaan.

Memiliki rencana distribusi yang tepat adalah salah satu fitur penting dari perencanaan strategis untuk menjalankan bisnis.

Apa Saja yang Termasuk Biaya Distribusi?

Seperti dikatakan di atas, ini adalah istilah luas untuk banyak jenis biaya. Biaya Distribusi mencakup semua biaya untuk mengirimkan produk ke pengguna akhir atau pengecer.

Artinya, semua biaya pengiriman pada setiap tahap (dari fasilitas produksi ke pengecer atau pengguna akhir) akan menjadi bagian dari biaya distribusi. Bisa jadi pabrikan memiliki fasilitas produksi di satu tempat dan tempat pengambilan untuk agen pengiriman di lokasi lain. 

Biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pengiriman barang dari fasilitas produksi ke tujuan penjemputan juga akan menjadi bagian dari biaya distribusi. 

Metode untuk mengurangi biaya logistik atau distribusi dapat berkisar dari mengoptimalkan tingkat inventaris, menyusun ulang jaringan pengiriman yang lebih baik, menciptakan proses yang lebih baik, hingga meningkatkan hubungan pemasok/pihak ketiga dan seterusnya.

Berikut ini paparan yang lebih detail mengenai beberapa beban perusahaan yang termasuk ke dalam biaya distribusi:

1) Beban Penjualan Langsung

Setiap biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjual produk kepada pelanggan tergolong ke dalam biaya penjualan langsung. Banyak produsen, grosir, dan distributor melakukan penjualan langsung di daerah yang ingin mereka kembangkan. 

Pengeluaran tersebut akan mencakup – Gaji Tenaga Penjualan Lapangan (hanya untuk target penjualan pelanggan), Perjalanan tenaga penjualan, Hiburan untuk sub-dealer, Biaya pelatihan, Ongkos kirim atau inventaris yang dibutuhkan untuk penjualan.

Semua pengeluaran yang berbeda ini dikategorikan sebagai biaya penjualan langsung. Seluruhnya merupakan salah satu kontributor utama biaya distribusi. Dengan semakin banyak Anda menyalurkan dana ke dalam penjualan, seharusnya semakin banyak juga keuntungan yang bisa diperoleh.

Dengan SimpliDOTS Distribution Management System Anda bisa menghemat biaya penjualan dengan meningkatkan kinerja tenaga penjualan yang dimiliki menggunakan fitur Sales Force Automation yang tersedia di dalamnya.

2) Biaya Periklanan & Promosi Penjualan

Biaya periklanan dan promosi juga bisa dimasukan ke dalam kategori biaya distribusi karena branding yang perlu dilakukan oleh perusahaan agar bisa menjangkau pelanggan mereka.

Jika perusahaan sedang mengembangkan bisnisnya di wilayah baru, mereka perlu menjalankan branding dengan promosi di toko atau memasang iklan di koran lokal. 

Dengan demikian, perusahaan akan menghabiskan banyak uang untuk iklan dan promosi yang merupakan berbagai bentuk biaya distribusi.

Distribution Management System dari SimpliDOTS menyediakan fitur skema promo dan sangat membantu perusahaan untuk menetapkan diskon bertingkat pada para retailer sehingga memudahkan perusahaan dalam menghemat biaya untuk melakukan promosi atau iklan.

distribution-management-system-hemat-biaya-distribusi

3) Biaya Pengemasan

Saat ini pengemasan jadi lebih penting karena banyaknya transaksi online yang berjalan setelah era internet. Pengemasan produk yang kuat membutuhkan biaya yang lebih daripada biasanya.

Untuk membuat kemasan produk yang berbeda dan menjamin kekokohannya melewati perjalanan agar sampai dengan bagus di tangan konsumen diperlukan biaya tambahan. 

Pengemasan seperti ini jelas merupakan biaya bagi perusahaan dan harus ditambahkan sebagai salah satu biaya distribusi. 

Baca Juga: Tips Menurunkan Biaya Distribusi 

4) Warehouse Management (Manajemen Gudang)

Warehouse atau pergudangan merupakan biaya distribusi yang utama. Ketika sebuah perusahaan berekspansi ke pasar yang lebih baru, ia perlu memiliki gudang baru di setiap wilayah baru. 

Untuk beberapa bisnis seperti FMCG, gudang adalah komponen pokok yang harus dihadirkan dan dikelola dengan sangat baik agar distribusi lancar. Karena itulah biaya pergudangan harus dihitung secara terpisah dari biaya transportasi dan pengiriman.

Dengan demikian, berbagai biaya pergudangan termasuk sewa gudang, gaji manajer gudang dan material handler, biaya listrik, biaya administrasi untuk manajemen gudang, perlengkapan dan utilitas, peralatan khusus masuk ke dalam beban biaya distribusi.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini gudang sudah bisa dikelola secara otomatis lewat Distribution Management System dari Simpli DOTS.

Dengan Warehouse Management yang tersedia dalam DMS Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai stok dan kelancaran rantai pasok, karena gudang akan dikelola secara otomatis dengan sangat baik.

5) Biaya Pengiriman

Dengan munculnya e-commerce, pengiriman telah menjadi fokus utama bagi semua produsen. Barang harus ada di pasar, baik portal e-commerce, pengecer, maupun distributor. Semua orang tahu bahwa jika Anda tidak memiliki persediaan, Anda tidak akan dapat menjual dan akan ada gesekan antara saluran penjualan yang berbeda. 

Jadi, pengelolaan stok dan pengiriman penting bagi perusahaan, pastikan perusahaan tidak kelebihan kapasitas. Perusahaan dapat memilih untuk menggunakan transportasi mereka sendiri dan truk  perusahaan atau  transportasi outsourcing. 

Rantai ritel biasanya menggunakan alat transportasi mereka sendiri di dalam gudang saat barang bergerak secara teratur. Barang konsumsi yang tahan lama  dan bergerak cepat menggunakan transportasi outsourcing karena pergerakan barang yang tidak teratur.

Secara keseluruhan, biaya transportasi meliputi – biaya pengiriman, tenaga kerja untuk bongkar muat, utilitas, asuransi produk, perbaikan dan pemeliharaan, gaji pengemudi truk dan kendaraan, pengelolaan catatan, dengan Distribution Management System semua hal itu akan diproses otomatis dan hemat biaya.

6) Layanan Pelanggan (CS)

Di segmen industri, ada distributor industri yang menangani keduanya – Penjualan dan layanan produk. Dalam kasus seperti itu, distributorlah yang harus menjaga layanan produk juga. Akibatnya, biaya layanan pelanggan menjadi biaya distribusi dan berkontribusi pada biaya distribusi.

Menjalankan pusat layanan pelanggan, gaji eksekutif layanan pelanggan, utilitas dan peralatan yang diperlukan, peralatan khusus, sewa, listrik, administrasi dan biaya administrasi adalah berbagai biaya distribusi yang diajukan di bawah layanan pelanggan.

Untuk itulah Anda perlu mengelola seluruh operasi distribusi dengan baik menggunakan Distribution Management System agar membuat semua tim terintegrasi dan data yang didapatkan oleh CS bia real-time untuk memenuhi keinginan pelanggan.

7) Pengembalian Penjualan (Sales Return)

Jika dealer atau pengecer menolak suatu bahan, maka bahan tersebut dikembalikan ke produsen asalkan ada dalam kebijakan pengembalian perusahaan. 

Bahan yang dikembalikan ini mungkin kembali karena kondisi rusak atau penyok, mungkin kembali karena masalah kinerja. Dalam kondisi apapun, produk yang dikembalikan adalah biaya distribusi perusahaan.

Beban distribusi retur penjualan termasuk pengiriman untuk membawa produk yang rusak kembali, perbaikan produk, kerugian karena diskon penjualan, kerugian karena daur ulang produk, persediaan yang buruk, biaya administrasi atau administrasi lainnya untuk menangani retur penjualan.

Karena itulah SimpiDOTS Distribution Management System disertai fitur retail dan sales force automation untuk menghilangkan biaya kerugian ini. Fitur tersebut akan memudahkan para retailer untuk meminta produk yang dibutuhkan dan tim sales bisa mendapat informasi terupdate mengenai ketersediaan produk itu.

Bagaimana SimpliDOTS Distribution Management System (DMS) Bisa Menghemat Biaya Distribusi Hingga 200%

Kita telah tuntas membahas apa itu distribusi dan beban apa saja yang termasuk dalam kategori biaya distribusi.

Secara keseluruhan, kita dapat mengatakan bahwa biaya distribusi termasuk biaya pengiriman; biaya pengepakan; biaya pengiriman; biaya penyimpanan; biaya penanganan; dan biaya karyawan distribusi.

Lalu langkah apa yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memotong atau menghemat biaya distribusi mereka sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih meningkat dari bisnisnya.

Bagi perusahaan untuk mengurangi biaya logistik, otomatisasi adalah kuncinya. Mengatur, mengotomatisasi, dan mengoptimalkan proses manual dapat mengurangi kebutuhan staf, memusatkan operasi produksi ke area berbiaya lebih rendah, dan menciptakan pendekatan yang lebih proaktif untuk memastikan kepuasan pelanggan, sambil menyediakan skala dan mengendalikan biaya. 

Ketika alat yang tepat untuk mengelola kompleksitas dan menjamin visibilitas tersedia, organisasi memiliki peluang lebih besar untuk terus menciptakan efisiensi operasional, membuat pelanggan senang, dan meningkatkan laba.”

Karena permasalahan tersebutlah SimpliDOTS Distribution Management System hadir untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerjanya sekaligus mengurangi beban biaya distribusi mereka.

distribution-management-system-untuk-meningkatkan-kinerja-sales

Meningkatkan Kinerja Sales dengan Sales Force Automation

Distribution Management System dari SimpliDOTS memiliki fitur sales force automation yang sangat lengkap. Dengan fitur ini Anda bisa mengatur dan mengelola jadwal kunjungan, lengkap dengan petunjuk arah, manajemen delivery hingga pelaporan hasil pengiriman.

Fitur dalam Distribution Management System ini juga membuat sales bisa mengetahui kondisi stok akurat, salesman tidak lagi menjual produk yang tidak ada stok, mereka bisa langsung melakukan cek stok, tukar guling, retur barang hanya dari smartphone.

Kinerja sales Anda lebih dipermudah dan bisa membantu meningkatkannya karena kerja seperti ordering, collection, invoicing dan lainnya bisa dilakukan langsung secara mobile.

Kinerja salesman jadi lebih efektif, sehingga perusahaan mungkin dapat menghemat waktu tim mereka dalam tugas operasional, memungkinkan mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas menangani tugas lainnya.

Dengan begitu ada banyak biaya distribusi yang bisa dihemat jika perusahaan menggunakan Distribution Management System dari SimpliDOTS ini.

Memudahkan Retailer dalam Melakukan Order dengan SimpliDOTS Retail

Lewat SimpliDOTS retail dari Distribution Management System semua toko yang terdaftar dapat dengan mudah mengetahui segala informasi tentang ketersediaan stok produk dan harga yang tercantum lengkap.

Toko atau retailer itu bisa langsung melakukan order lewat smartphone yang membuat proses belanja mereka jadi jauh lebih mudah. Ini tentu berkaitan dengan kemudahan bertransaksi terhadap produk Anda dan bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Toko-toko juga bisa mendapatkan informasi mengenai promo lebih awal dengan fitur skema promo yang tersedia. Hal-hal yang berkaitan dengan transaksi seperti riwayat order, invoice, sampai pengantaran juga akan tercatat lengkap dalam sistem yang tentu akan membuat hubungan perusahaan dan pelanggan Anda lebih baik.

Baca Juga: Solusi Smart Logistics Untuk Distribusi Barang Berteknologi IoT

Menyederhanakan Proses Distribusi

Data-data yang tercatat mengenai segala proses distribusi tersedia dengan lengkap dan akurat dalam tampilan dashboard jika Anda menggunakan Distribution Management System dari SimpliDOTS.

Laporan real-time kinerja salesman mulai dari kunjungan, omzet penjualan, jumlah kunjungan outlet hingga dokumentasi kunjungan. Melihat penyebaran posisi outlet dan lacak posisi salesman secara live lewat position tracking.

Semua laporan-laporan itu tentu akan memudahkan kinerja para karyawan dan Anda sendiri dalam mengelola setiap aspek proses distribusi agar bisa menetapkan suatu langkah yang bijak misalnya dalam menentukan produk mana yang harus segera dipesan untuk stok.

Dilengkapi dengan laporan piutang outlet yang disertai jumlah invoice & tanggal jatuh tempo, segala proses distribusi menjadi lebih sederhana dan menghemat waktu kerja Anda dan tentunya ini juga akan berdampak pada pengurangan biaya distribusi yang harus dikeluarkan.

Warehouse Management untuk Manajemen Gudang yang Lebih Baik

Cara terbaik untuk mengurangi biaya inventaris/barang gudang adalah dengan meningkatkan akurasi dan visibilitas inventaris di seluruh rantai pasokan. Ini adalah bagian penting dari manajemen rantai pasokan karena organisasi yang membiarkan akurasi inventaris mereka turun menghadapi beberapa risiko. 

Tingkat persediaan yang menyesatkan mungkin membuat organisasi ini tampak memiliki lebih banyak persediaan daripada yang sebenarnya, yang menyebabkan organisasi menjual stok yang tidak ada dan dapat mengakibatkan pelanggan yang tidak puas. 

Data inventaris yang tidak akurat juga dapat menutupi inventaris yang sebenarnya ada, yang dapat menyebabkan stok tersisa di gudang hingga menjadi usang. Dengan segala fitur terbaik yang tersedia dalam Distribution Management System manajemen gudang jadi lebih baik.

Anda mungkin bisa berpikir untuk mulai mengurangi karyawan yang tidak perlu karena Distribution Management System dari SimpliDOTS bisa mengelola gudang Anda mulai dari penyediaan stok hingga pengiriman dengan lebih baik.

Ketika perusahaan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memilih bahan yang dipesan oleh pelanggan, ia perlu mempercepat lebih sedikit pesanan.

Pemrosesan dan pengiriman produk yang lebih cepat menghasilkan pelanggan yang lebih puas dan biaya penyimpanan persediaan yang lebih rendah, itu adalah keuntungan yang bisa didapatkan lewat fitur warehouse management dari Distribution Management System SimpliDOTS.

Mengoptimasi Pengiriman dan Tenaga Delivery dengan Delivery Force Automation 

Delivery Force Automation juga merupakan salah satu fitur unggulan yang tersedia dalam Distribution Management System untuk mengoptimasi tenaga delivery, ini tentu akan membuat beban biaya pengiriman jadi lebih berkurang.

Dengan sistem transportasi dan logistik otomatis yang hemat biaya, perusahaan dapat menerapkan perubahan strategis besar untuk memberikan visibilitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan tingkat layanan pelanggan. 

Dengan menjaga kepuasan pelanggan, perusahaan dapat mempertahankan bisnis dan karenanya, menyebarkan biaya dukungan logistik ke lebih banyak pesanan/pelanggan. 

Karena korelasi langsung antara kepuasan pelanggan dan pengurangan biaya secara keseluruhan, layanan pelanggan harus diperhitungkan dalam setiap pengukuran perubahan biaya logistik yang sesuai.

Distribution-Management-System-mengintegrasikan-semua-divisi

Mengintegrasikan Semua Divisi dalam Satu Kesatuan

Penting untuk semua divisi terus terhubung sebagai suatu kesatuan perusahaan agar setiap kebijakan atau ketentuan yang diterapkan dapat dijalankan dengan baik.

Distribution Management System memberi Anda peluang itu karena setiap divisi mulai dari Office yang mengelola segala dokumen dan informasi penting, tim Warehouse, tenaga Delivery hingga Sales dan Customer dapat diintegrasikan.

Ketika semua aspek penting yang menjalankan setiap proses distribusi itu terhubung ini tentu akan memudahkan dan membuat kinerja setiap tim dapat dikelola ke arah yang lebih baik. Hubungan customer dan perusahaan juga akan terjalin dengan sangat baik.

Langsung Coba GRATIS SimpliDOTS Distribution Management System

Itulah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari Distribution Management System SimpliDOTS untuk mengurangi beban biaya distribusi Anda.

Selain itu, Distribution Management System (DMS) juga merupakan teknologi berbasis cloud (tidak memerlukan instalasi dan ruang yang lebih) sehingga pengoperasiannya jadi jauh lebih mudah dan bisa diakses lewat smartphone.

Langsung coba GRATIS sekarang menggunakan tautan ini.

Untuk informasi mengenai produk dan tips bisnis lainnya Anda juga bisa mengikuti akun instagram kami @simplidots.