Cara mengelola stok barang

Cara Mengelola Stok Barang Di Gudang Dengan Mudah

Cara Mengelola Stok Barang Di Gudang Dengan Mudah – Mengelola stock barang di gudang merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam perusahaan distribusi. Apalagi jika stock barangnya cukup banyak dan pastinya hal itu akan membuat sahabat SimpliDOTS merasa bingung bukan?

Sahabat SimpliDOTS tentunya akan mencari solusi bagaimana cara mengatasi stok barang secara efektif dan terstruktur. Ya walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam mengelola stok barang bukanlah perkara yang mudah.

Apalagi seiring berjalannya waktu perkembangan bisnis distribusi dan permintaan pasar kian meningkat, tentunya sahabat SimpliDOTS akan menghadapi berbagai banyak kesulitan yang kian besar.

Ketidakakuratan dan efisiensi dalam mengelola stok barang tidak hanya merugikan bisnis distribusi sahabat SimpliDOTS lho, namun juga akan berpengaruh ke seluruh proses bisnis di dalam perusahaan dan akhirnya konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang sahabat SimpliDOTS lakukan.

Tapi sahabat SimpliDOTS tidak perlu khawatir, setiap masalah pasti ada solusinya begitu juga dengan pengelolaan stok barang ini. Nah langsung saja kita ikuti tips sederhana mengelola Stok Barang Di Gudang Secara Efektif, berikut penjelasannya :

  1. Menyiapkan Data Secara Akurat

Buatlah manajemen stok barang dengan menentapkan jumlah minimum yang harus dimiliki setiap saat. Misalnya saja ketika sahabat SimpliDOTS memiliki stok barang yang telah mencapai atau mendekati batas minimum yang telah ditentukan sebelumnya, maka segerlah untuk memesan ulang ke principal.

  1. Buat Perkiraan Stok Barang

Ketika sahabat SimpliDOTS ingin mengetahui berapa jumlah stok barang setiap waktunya, maka sahabat SimpliDOTS perlu mengurangi pengadaan barang yang belum dibutuhkan dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok barang.

Jadi cara ini dapat membantu sahabat SimpliDOTS dalam memprdiksi permintaan konsumen di kemudian hari.

Baca juga : Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

  1. Cek Kembali Barang Yang Akan Disimpan

Selalu perhatikan untuk mengecek ulang barang sebelum dimasukkan ke dalam rak. Step ini dapat dilakukan dengan cara pemberian kode barang dengan tujuan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya barang yang sebelumnya telah dicatat didalam tumpukan stok barang tersbut.

Serta sahabat SimpliDOTS akan dapat mengetahui barang mana sajakah yang mengalami kecacatan atau salah produksi.

  1. Beri Kode Pada Setiap Barang

Dengan memberikan kode pada setiap barang maka akan membantu sahabat SimpliDOTS melakukan penjualan dengan cepat dan efektif. namun jika tidak dilakukannya pengkodean pada setiap barang, maka transaksi yang dilakukan akan terasa sangat sulit.

  1. Pisahkan Antara Stok Lama Dan Stok Baru

Pernahkah sahabat SimpliDOTS merasa bingung ketika melihat barang yang tercampur aduk antara stok lama dengan stok baru? apalagi jika saat melakukan pencatatan dan pengecekan barang. Wuihh.. bisa-bisa malah bikin stress diri sendiri.

Nah, maka dari itu sebaiknya sahabat SimpliDOTS harus pisahkan antar stok lama dan stok baru. tujuannya agar dapat mempermudah perhitungan antar yang sudah terjual dengan yang belum terjual.

Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-cara-sederhana-mengelola-stok-barang-pada-gudang/

Berbagi dengan rekan anda
WhatsApp chat