Bisnis

Cara Menetapkan Harga Produk, Ini Yang Harus Dipertimbangkan

Cara Menetapkan Harga Produk, Ini Yang Harus Dipertimbangkan – Sahabat SimpliDOTS sudah tahu bagaimana cara menetapkan harga sebuah produk? Sebenarnya sih ada banyak cara yang bisa dilakukan. Biasanya bagi para perusahaan distributor baru, hal ini menjadi persoalan yang sangat rumit dan tidak mudah untuk menentukannya, karena ada begitu banyak pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan untuk menetapkan harga jual sebuah produk.

Harga merupakan salah satu bentuk dari elemen pemasaran, di mana harga memegang peranan vital dalam tiap Strategi Pemasaran suatu perusahaan. Strategi penetapan harga produk, bertujuan untuk meningkatkan laba perusahaan.

Jika perusahaan melakukan sebuah kesalahan sedikit saja salah satunya dengan penetapan harga yang terlalu tinggi maka berakibat berkurangnya daya tarik produk yang bisa membuat volume penjualan berkurang, akibatnya semua biaya mungkin tidak dapat ditutup dan akhirnya perusahaan akan mengalami kerugian.

Sebaliknya jika penetapan harga yang terlalu rendah, maka operasional perusahaan bisa terganggu, dan dapat mengakibatkan tidak tertutupnya semua operasional biaya, hal ini juga akan merugikan perusahaan.

Nah, Berikut ini adalah cara menetapkan harga produk, hal-hal apa yang harus dipertimbangkan perusahaan :

  1. Produk Life cycle

Semua produk yang diluncurkan ke pasar akan melewati siklus hidup produk (mengalami masa kelahiran, masa pertumbuhan, masa kedewasaan dan akhirnya akan mengalami penurunan) di mana hal ini akan berpengaruh terhadap penetapan harga produk itu sendiri.

  1. Penawaran dan permintaan produk

Sesuai hukum penawaran dan permintaan, apabila harga naik maka permintaan akan menurun dan penawaran meningkat, sebaliknya apabila harga turun maka permintaan akan meningkat dan penawaran menurun.

Baca Juga : 5 Teknik Promosi yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan

  1. Elastisitas permintaan

Sifat permintaan pasar ini tidak hanya mempengaruhi penentuan penetapan harga produk / penetapan harga jual saja, tetapi juga mempengaruhi volume penjualan barangnya.

  1. Persaingan pasar

Harga jual beberapa barang seringkali dipengaruhi oleh persaingan yang ada di pasar, di mana sering sekali seorang penjual menurunkan atau menaikkan harga jual produknya, saat mengetahui kompetitor menaikkan atau menurunkan harga jual produknya.

  1. Biaya produksi dan pemasaran

Biaya produksi adalah akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang.

Okey, semoga tips ini dapat membantu sahabat SimpliDOTS dalam menetapkan harga jual produk ya. Selamat mencoba!

Sumber : https://distribusipemasaran.com/penetapan-harga-produk-apa-saja-yang-harus-dipertimbangkan/

Share
Published by
Jowan Kho

Recent Posts

  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

1 month ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

1 month ago
  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang, Apa Pentingnya?

Jika Anda menjalankan bisnis eCommerce atau distributor FMCG (Fast-Move Consumer Goods), manajemen stok barang di gudang dan aplikasi sistem distribusi… Read More

1 month ago