Bisnis

Cara Menetapkan Harga Produk, Ini Yang Harus Dipertimbangkan

Cara Menetapkan Harga Produk, Ini Yang Harus Dipertimbangkan – Sahabat SimpliDOTS sudah tahu bagaimana cara menetapkan harga sebuah produk? Sebenarnya sih ada banyak cara yang bisa dilakukan. Biasanya bagi para perusahaan distributor baru, hal ini menjadi persoalan yang sangat rumit dan tidak mudah untuk menentukannya, karena ada begitu banyak pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan untuk menetapkan harga jual sebuah produk.

Harga merupakan salah satu bentuk dari elemen pemasaran, di mana harga memegang peranan vital dalam tiap Strategi Pemasaran suatu perusahaan. Strategi penetapan harga produk, bertujuan untuk meningkatkan laba perusahaan.

Jika perusahaan melakukan sebuah kesalahan sedikit saja salah satunya dengan penetapan harga yang terlalu tinggi maka berakibat berkurangnya daya tarik produk yang bisa membuat volume penjualan berkurang, akibatnya semua biaya mungkin tidak dapat ditutup dan akhirnya perusahaan akan mengalami kerugian.

Sebaliknya jika penetapan harga yang terlalu rendah, maka operasional perusahaan bisa terganggu, dan dapat mengakibatkan tidak tertutupnya semua operasional biaya, hal ini juga akan merugikan perusahaan.

Nah, Berikut ini adalah cara menetapkan harga produk, hal-hal apa yang harus dipertimbangkan perusahaan :

  1. Produk Life cycle

Semua produk yang diluncurkan ke pasar akan melewati siklus hidup produk (mengalami masa kelahiran, masa pertumbuhan, masa kedewasaan dan akhirnya akan mengalami penurunan) di mana hal ini akan berpengaruh terhadap penetapan harga produk itu sendiri.

  1. Penawaran dan permintaan produk

Sesuai hukum penawaran dan permintaan, apabila harga naik maka permintaan akan menurun dan penawaran meningkat, sebaliknya apabila harga turun maka permintaan akan meningkat dan penawaran menurun.

Baca Juga : 5 Teknik Promosi yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan

  1. Elastisitas permintaan

Sifat permintaan pasar ini tidak hanya mempengaruhi penentuan penetapan harga produk / penetapan harga jual saja, tetapi juga mempengaruhi volume penjualan barangnya.

  1. Persaingan pasar

Harga jual beberapa barang seringkali dipengaruhi oleh persaingan yang ada di pasar, di mana sering sekali seorang penjual menurunkan atau menaikkan harga jual produknya, saat mengetahui kompetitor menaikkan atau menurunkan harga jual produknya.

  1. Biaya produksi dan pemasaran

Biaya produksi adalah akumulasi dari semua biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau barang.

Okey, semoga tips ini dapat membantu sahabat SimpliDOTS dalam menetapkan harga jual produk ya. Selamat mencoba!

Sumber : https://distribusipemasaran.com/penetapan-harga-produk-apa-saja-yang-harus-dipertimbangkan/

Share
Published by
Jowan Kho

Recent Posts

  • Feature Updates

Penambahan Fitur Integrasi DO x Accurate Online (RO) – [23 Nov 22]

Tujuan: Integrasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah user yang berintegrasi dengan partner (Accurate Online) dalam pengelolaan data delivery order/surat jalan.… Read More

5 days ago
  • Feature Updates

Sales Force Automation (SFA) Versi 2.13.0 SAP – [23 NOV 2022]

Saat ini SimpliDOTS telah merilis versi terbaru pada SFA yaitu 2.13.0. – SAP [23 Nov 2022]Silakan download aplikasi SFA versi… Read More

2 days ago
  • Feature Updates

SFA Canvass v1.0.0-beta.3 – [15 Nov 2022]

Saat ini, SimpliDOTS telah merilis versi terbaru dari SFA Canvass v1.0.0 Beta.3 yang berfungsi untuk sistem penjualan canvassing. Namun, untuk sementara aplikasi… Read More

2 weeks ago