bullseye with three darts

Cara Menentukan Target Pasar: Ini Tips Ampuhnya

Target Pasar Adalah?

Suatu produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan tentu memiliki peminat berbeda atau orang yang membutuhkannya tidak akan sama antara satu dengan yang lain. Kecuali perusahaan kompetitor yang menghasilkan produk serupa.

Perusahaan yang bergerak di bidang atau menghasilkan produk yang sama cenderung memiliki target pasar yang sama pula, untuk itulah istilah kompetitor ada, yakni kompetisi untuk menjual produk pada target pasar yang sama.

Target pasar adalah suatu individu atau sekumpulan orang yang telah dilabeli dengan karakteristik tertentu dan diidentifikasi oleh perusahaan sebagai orang yang dianggap potensial untuk menjual produk atau jasa  yang dihasilkan olehnya.

Target pasar dapat dikelompokan berdasarkan hal-hal umum seperti usia, lokasi, jenis kelamin, atau bahkan pendapatan seseorang. Ada juga dan terhitung cukup banyak demografis yang bisa dihitung, misalnya hobi, kebutuhan, atau hal lain.

Suatu bisnis tentu mesti memperhitungkan target pasar mereka karena hal inilah yang menjadi pondasi utama pengambilan keputusan perusahaan terkait strategi-strategi dan langkah yang akan diambil selain tentunya faktor dari luar seperti aktivitas kompetitor.

Target pasar dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi produk, kemasan, dan distribusi. Maksudnya di sini adalah spesifikasi mengenai produk seperti apa yang akan populer, atau kemasan seperti apa yang diinginkan dan bagaimana cara terbaik untuk mendistribusikannya.

Untuk alasan ini, perusahaan menentukan target pasar asli mereka dan menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk mengejarnya dengan penawaran khusus, kampanye media sosial, dan iklan khusus.

Namun bagi Anda yang baru memulai bisnis dan sedang menentukan target pasar terbaik untuk bisnis Anda beberapa tips di bawah ini bisa Anda ikuti agar Anda bisa menentukan target pasar yang ingin dituju secara ampuh dan efektif.

Cara Menentukan Target Pasar yang Ampuh Bagi Bisnis Anda

Semua orang dalam hal ini setiap individu atau kelompok yang ada di ruang keramaian bukanlah target pasar Anda. Untuk itulah menjadi hal yang penting untuk mengetahui dan memahami target pasar Anda.

Dengan memahami dan menentukan target pasar Anda, tim atau bahkan Anda sendiri dapat mengetahui siapa dan lokasi mana yang harus dijangkau, bagaimana Anda dapat berkomunikasi dengan mereka, hal-hal itulah yang akan membantu Anda memilih saluran pemasaran yang efektif.

Memahami dan mengetahui target pasar Anda akan membantu Anda untuk tetap fokus mengenai anggaran pengeluaran dalam hal ini terkait pemasaran agar setiap keputusan yang Anda ambil tepat.

Dengan menentukan target pasar Anda secara tepat tentu akan lebih efektif secara jangka panjang daripada memasarkan secara terus-menerus tanpa pasar yang tertarget sehingga anggaran yang Anda keluarkan sia-sia tersalur pada mereka yang memang tidak potensial untuk jadi pelanggan.

Mengetahui kepada siapa Anda memasarkan produk dan kapan waktu yang tepat dalam memasarkan layanan Anda akan membawa peluang yang lebih besar dalam hal penghasilan dibanding mengandalkan pemasaran yang sembarangan (pemasaran tak tertarget).

Untuk Anda yang masih bingung dalam menentukan target pasar Anda, langkah-langkah berikut ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi target pasar Anda.

Baca Juga: 20+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik Wajib Dimiliki 2022

Cara-menentukan-target-pasar-bagi-bisnis
  1. Buat Konsumen Prioritas

Salah satu langkah yang paling efektif yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan dalam proses memasarkan produknya adalah dengan mempersempit pandangan atau mempertajam fokus pada hal yang lebih khusus.

Membuat prioritas adalah hal pertama yang mesti dilakukan untuk membuat pasar tertarget, dengan ruang yang dipersempit rencana pemasaran akan lebih terarah dan dari sini Anda mulai bisa menentukan target pasar Anda.

Berikut ini cara yang dapat membantu Anda membuat prioritas konsumen untuk mempermudah Anda dalam menentukan target pasar.

A. Tetapkan kebutuhan apa yang bisa produk Anda penuhi

Menentukan prioritas konsumen yang paling dasar tentu dengan mengumpulkan konsumen yang memang membutuhkan produk Anda. Tentukan siapa yang paling mungkin menggunakan produk Anda berdasarkan kebutuhan yang dapat produk Anda penuhi.

Anda bisa mulai menjawab pertanyaan mengenai siapa yang paling mungkin memiliki kebutuhan terhadap produk Anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, status perkawinan, lokasi geografis, dan lain-lain.

B. Gunakan Funnel Approach (Pendekatan Corong)

Terdapat beberapa produk dan telah banyak juga dilakukan oleh berbagai perusahaan dalam menentukan target pasar mereka dengan menyebut bahwa pasar yang ditarget memilih kriteria atau faktor yang berlapis.

Lapisan-lapisan ini dianggap sebagai tahapan yang mesti dipenuhi dan sering disebut sebagai corong. Sebagai contoh suatu produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan perempuan dalam hal ini corong pertamanya adalah jenis kelamin, lalu produk tersebut memiliki jangkauan usia atau rentang umur yang jadi patokan itu menjadi corong kedua, lalu jika ada tahapan lain akan menjadi corong ketiga dan seterusnya.

Penyaringan atau filter yang berturut-turut ini adalah tahapan yang bisa membuat pasar yang Anda tuju lebih terfokus sehingga prioritas konsumen bisa terbentuk.

Hal yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan pendekatan corong ini adalah dengan melakukan percobaan berdasarkan urutan penyaringan. Kombinasi filter yang diurutkan berbeda bisa memberikan hasil akhir yang berbeda pula.

  1. Kumpulkan Informasi (Data) Konsumen

Dalam hal menentukan pasar yang tertarget Anda tentu perlu mengumpulkan data-data yang objektif agar bisa menarik kesimpulan dengan tepat.

Informasi dan data yang didapatkan tentu akan sangat berguna untuk perkembangan perusahaan atau dalam hal ini untuk terus meningkatkan penjualan dengan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan.

Dalam proses mengumpulkan data mengenai target pasar Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda optimalkan.

A. Survei untuk mengidentifikasi Pasar Potensial

Informasi-informasi yang tersedia dalam grafik atau matriks adalah cara paling baik untuk menunjukan dengan tepat bagian mana atau kelompok demografis mana yang paling menjanjikan.

Anda bisa melakukan survei untuk mengidentifikasi pasar potensial Anda menggunakan email atau survei online lain atau Anda juga bisa menyewa jasa yang menyediakan layanan survei sebagai cara mengumpulkan data awal.

Survei untuk mengumpulkan data awal bisa dilakukan dengan cara apapun namun Anda harus mencatat dan menggarisbawahi data-data demografis dalam survei Anda.

Dengan mengumpulkan data-data yang merangkum demografis dalam survei Anda bisa mengetahui tanggapan-tanggapan yang muncul mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan dan itu merupakan informasi yang penting untuk perkembangan perusahaan. 

B. Mengumpulkan Data Lebih Agresif

Jika Anda membuka bisnis dan menawarkan produk atau layanan yang sudah ada terlebih dahulu di pasaran, Anda jangan khawatir justru itu adalah hal yang bagus untuk Anda menggali informasi dari bisnis yang kelak akan menjadi kompetitor Anda.

Anda bisa mulai menganalisis atau istilah lainnya riset terhadap bisnis serupa yang telah lebih dulu terjun. Dari situ informasi-informasi yang Anda butuhkan seperti kelompok demografis mana yang paling membutuhkan produk Anda.

Dari bisnis yang telah lebih dahulu berjalan itu Anda juga bisa mendapatkan informasi yang cukup spesifik mengenai produk mana yang paling populer dan kapan biasanya kelompok demografis tersebut melangsungkan transaksi.

Informasi umum yang tidak cukup spesifik mungkin bisa Anda dapatkan dengan browsing di internet atau membaca beberapa majalah dan buku yang membocorkan tips-tips mengenai bisnis tertentu. Namun dengan riset langsung dari pesaing Anda dapat mendapat informasi spesifik yang akan sangat membantu Anda untuk membangun bisnis dan menentukan target pasar Anda yang sudah terbukti potensial.

C. Lihat Data dari Relasi Anda

Dalam waktu lain ketika Anda akan mulai membuka bisnis dan ingin menentukan target pasar Anda, cara paling dekat dan mudah adalah dengan melihat apa yang orang terdekat Anda gunakan.

Lihatlah dan mungkin Anda bisa langsung menanyakan apakah kerabat atau keluarga Anda dengan rentang dan variabel yang berbeda membutuhkan atau menginginkan produk yang Anda jual.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi target pasar Anda secara umum lebih awal. Informasi yang Anda dapat juga pasti teruji karena Anda mendapatkannya langsung dari lapangan dan dari relasi yang Anda percayai.

Anda juga dapat memanfaatkan jaringan rekan bisnis, penyandang dana, dan mentor Anda. Minta mereka untuk memeriksa produk atau layanan Anda dengan cermat,

Segmentasi Pasar

Mulailah untuk beralih dari ceruk semua orang kepada kelompok yang lebih kecil untuk dijadikan fokus (target). Anda bisa memulai dengan mengidentifikasi secara umum untuk orang-orang yang mencoba membeli produk Anda, promosikan iklan pada grup tersebut.

Langkah awal lain yang bisa Anda mulai untuk menentukan target pasar Anda adalah dengan membaginya menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih homogen atau lebih dikenal dengan istilah segmentasi pasar.

Segmentasi pasar menjadi langkah awal strategi pemasaran yang penting untuk bisa menentukan target pasar Anda karena bauran pemasaran atau kombinasi dari harga, iklan, dan lokasi yang dibuat tidak akan pernah bisa memuaskan semua kalangan.

mengidentifikasi-target-pasar-potensial

Banyak perusahaan menggunakan strategi pemasaran individual untuk setiap segmentasi pasarnya. Biasanya mereka menetapkan bauran pemasaran yang dipersonalisasi setelah mengembangkan riset penuh terhadap target pasar mereka.

Segmentasi pasar harus selalu terukur dalam hal daya beli dan ukuran agar tetap efektif. Dan untuk bisa melayani segmentasi pasar yang telah Anda buat dibutuhkan suatu komunikasi yang efektif.

Faktor segmentasi yang umum digunakan meliputi faktor demografis, geografis, psikografik, dan perilaku, tetapi segmentasi apapun dimungkinkan. Jawab pertanyaan berikut untuk mulai menentukan target pasar Anda. 

  1. Segmentasi demografis

Ini adalah suatu karakteristik yang dapat menjawab mengenai siapa target pasar bisnis Anda sebenarnya.

Karakteristik demografis ditujukan untuk melakukan pengelompokan pelanggan berdasarkan karakteristik umum yang bisa dijadikan sebagai filter atau penyaring di pendekatan corong di atas.

Beberapa pengelompokan pelanggan berdasarkan karakteristik demografis antara lain, umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, status perkawinan, dan hal lain.

Jika Anda kesulitan mendapatkan informasi terkait hal tersebut, sumber yang bisa dijadikan sebagai rujukan informasi adalah Biro Statistik Tenaga Kerja dan Data Sensus Kependudukan. 

  1. Segmentasi Geografis

Terdapat beberapa bisnis yang jumlahnya mungkin cukup banyak yang mengembangkan bisnis mereka untuk target pasar dalam lingkup geografis tertentu.

Segmentasi berdasarkan geografis dilakukan untuk bisnis yang ingin menentukan target pasar mereka dalam ruang atau lokasi geografis tertentu. 

Data yang mungkin Anda dapatkan dengan melakukan segmentasi geografis adalah mengenai wilayah mana mereka tinggal, apakah wilayah itu telah dikuasai oleh kompetitor Anda, Apakah target pasar Anda bermukim di lingkungan pedesaan atau perkotaan, atau mungkin pesisir.

Informasi itu tentu sangat dibutuhkan untuk bisnis yang menentukan target pasarnya atau telah menetapkan targetnya pada pangsa pasar di suatu wilayah.

  1. Segmentasi Psikografis

Psikologi atau kejiwaan adalah nilai-nilai yang dimiliki pelanggan dan keinginan atau motivasi dari dalam diri mereka untuk membeli atau memakai produk Anda.

Dengan mengetahui keinginan atau gaya hidup yang dimiliki pelanggan, Anda dapat menyusun strategi terbaik agar produk yang Anda tawarkan memenuhi keinginan mereka.

Misalnya dalam kasus pelanggan yang memiliki gaya hidup bersih dan sangat menjaga lingkungannya, Anda mungkin bisa membuat lebih banyak produk dengan kemasan yang ramah lingkungan.

Dengan mengetahui pemikiran atau keinginan seperti itu memungkinkan Anda untuk melakukan upaya lain yang dapat membuat produk Anda masuk dan disukai oleh pelanggan yang telah tersegmentasi secara psikografis.

Pentingnya Menentukan Target Pasar Bagi Suatu Bisnis

Target pasar adalah konsumen akhir di mana perusahaan ingin menjual produk akhir. Pihak pemasaran membagi seluruh pasar menjadi segmen yang berbeda dan merencanakan strategi pemasaran yang cocok untuk setiap segmen untuk meningkatkan pangsa pasar. 

Sederhananya, tidak semua produk tersedia untuk semua pelanggan, dan setiap produk memiliki kelompok konsumen yang berbeda yang ingin membelinya. Perusahaan dapat mengubah produk mereka untuk mengakomodasi segmen pasar tertentu.

Menciptakan target pasar meliputi merancang produk, memahami kebutuhan produk di pasar, dan meneliti target audiens. 

Target pemasaran menerapkan teknik pemasaran ke segmen pasar tertentu yang mungkin menjadi kunci untuk menarik pelanggan baru, memperluas peluang bisnis di semua wilayah dan memperluas jaringan distribusi untuk memperluas jangkauan. 

Untuk menentukan target pasar ada tiga cara ampuh yang dapat dioptimalkan yakni dengan membuat konsumen prioritas berdasarkan kebutuhan yang dapat perusahaan Anda penuhi dan dengan pendekatan corong.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan berbagai informasi mulai dari relasi yang anda miliki, berdasarkan riset terhadap kompetitor Anda, atau bisa juga dilakukan survei untuk mengidentifikasi pasar yang potensial. 

Mengidentifikasi target pasar Anda sangat penting untuk setiap bisnis dalam mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran yang sukses. 

Luangkan waktu untuk mengambil keputusan sehingga Anda dapat menemukan target pasar yang benar-benar sesuai dengan bisnis Anda dan itu benar-benar Anda siapkan. Sementara untuk urusan distribusi pengantaran barang serahkan saja pada Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS.

Tingkatkan layanan pengantaran barang Anda dengan menciptakan rute terbaik yang dapat membuat kinerja driver Anda lebih optimal.

SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) akan meningkatkan layanan distribusi Anda dalam hal pengantaran barang ke tingkat yang lebih tinggi dengan membuatnya jadi lebih cepat dan hemat.

Langsung coba SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) menggunakan layanan demo yang tersedia dengan klik tautan ini.

Anda juga bisa meningkatkan kinerja salesman lapangan dengan membuat proses taking order dan pengiriman barang lebih cepat dan efektif menggunakan aplikasi Sales Automation Platform dari SimpliDOTS,

Didukung fitur lengkap untuk mengelola, melacak, serta meningkatkan penjualan dan distribusi barang. SimpliDOTS juga memiliki tim ahli yang siap membantu kendala bisnis dalam hal distribusi. Yuk, pakai SimpliDOTS sekarang juga klik tautan ini, GRATIS tanpa kontrak apapun selama 14 hari.

Follow juga akun resmi instagram kami @simplidots agar Anda bisa mendapatkan informasi mengenai penawaran, promo, dan tentunya tips-tips bisnis berkualitas setiap harinya.