Cara Efektif Meningkatkan Penjualan dengan Promosi Ala Milenial
Cara Efektif Meningkatkan Penjualan dengan Promosi Ala Milenial

Cara Efektif Meningkatkan Penjualan dengan Promosi Ala Milenial

Setiap pebisnis pasti akan melakukan berbagai cara promosi agar produknya dikenal konsumen. Promosi yang benar menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis. Maka dari itu, memiliki strategi promosi yang menarik dan unik untuk bisnis sangatlah penting. 

Selain memperkenalkan produk kepada khalayak yang lebih luas, promosi juga berguna untuk memperkuat brand dan meningkatkan engagement (interaksi) dengan konsumen. Lalu bagaimana sih caranya agar promosi efektif? Yuk kita bahas satu persatu.

1. Jalankan Social Media Marketing
Strategi Promosi menggunakan Instagram
unsplash.com

Media sosial merupakan platform yang paling mudah dan murah digunakan sebagai media promosi. Selain itu, pengguna media sosial di Indonesia sangatlah tinggi, terutama Facebook dan Instagram. Maka dari itu, kedua media sosial tersebut banyak dipilih pebisnis sebagai media promosi dan dapat dikatakan efektif untuk promosi saat ini.

Melakukan promosi di media sosial dapat dilakukan dengan cara gratis dan berbayar. Kalau kamu ingin promosi melalui media sosial berjalan lancar, siapkan tim secara khusus untuk menangani kegiatan promosi di sosial media ini.

Beberapa manfaat sosial media marketing yang perlu kamu ketahui:

a. Meningkatkan Brand Awareness

Selain memperkenalkan dan memberi informasi produk kepada calon konsumen, secara tidak langsung proses ini akan menimbulkan ketertarikan karena dilihat terus-menerus. Melalui proses ini produk akan diingat dan diakui keberadaannya oleh calon konsumen dan pada akhirnya timbul rasa ingin tahu dan niat untuk membeli.

b. Mendapatkan Feedback

Setelah produk dikenal oleh konsumen, kamu bisa melihat bagaimana konsumen berinteraksi dengan konten yang disajikan di media sosial. Apakah konsumen akan mem follow akun, memberikan like atau bahkan membagikan postingan. Fitur komentar juga bisa dimanfaatkan nih, untuk mengetahui opini konsumen tentang produk kamu. Tentunya hal itu akan berguna untuk meningkatkan kualitas produk dan mengantisipasi komentar negatif yang bisa menjatuhkan bisnis kamu.

c. Kemudahan dalam Beriklan

Siapa bilang di media sosial tidak bisa beriklan? Masalah harga sudah tentu lebih murah, budget pun bisa disesuaikan dengan kantong. Kamu juga bisa mengatur target market yang akan menjadi sasaran iklannya.

Baca Juga: 9 Teknik Promosi Penjualan Untuk Strategi Bisnis Distribusi B2B Menggunakan Instagram

2. Referral Marketing

membangun referal merupakan salah satu Strategi Promosi
unsplash.com

Banyak yang menganggap ini cara klasik, tapi referral marketing masih tetap efektif digunakan sampai sekarang. Referral marketing sering juga disebut sebagai proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen yang telah mendapatkan izin dari produsen untuk mempromosikan atau menjual kembali produknya. Biasanya konsumen merasa termotivasi untuk melakukan referral adalah karena reward yang diberikan atau merasa puas dengan produk yang telah dibeli.

Nggak harus menjadi pelanggan untuk mengikuti program referral marketing, kamu bisa kok meminta komisi dari produsen ketika berhasil merekomendasikan produknya kepada orang lain. Besaran fee nya tentu bervariatif tergantung dari jenis produk yang kamu bantu jualkan.

2. Berkolaborasi dengan Influencer

Strategi Promosi berkolaborasi dengan influencer
unsplash.com

Ini nih cara promosi teranyar yang patut dicoba. Bekerjasama dengan influencer sudah sering dilakukan oleh banyak bisnis dan memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan penjualan serta audiens di media sosial. 

Sudah pada tahu kan apa itu influencer? Jika kamu memiliki relasi dengan selebgram atau youtuber, kamu bisa meminta bantuan mereka menjalankan influencer marketing. 

Hubungan yang terbangun dengan para influencer tersebut sekaligus dapat meningkatkan citra baik produk kamu di hadapan followers mereka loh. Biasanya, orang yang disebut influencer memiliki banyak followers, ya paling tidak 10 ribu keatas lah. Nah, dari begitu banyak followers itu lah kamu bisa menjaring konsumen potensial.

3. Manfaatkan Google Ads, SEO dan SEM

Strategi Promosi menggunakan Google Ads
unsplash.com

Satu lagi kecanggihan digital yang bisa dimanfaatkan untuk membantu promosi bisnis kamu. Namun, layanan ini baru bisa digunakan ketika sebuah bisnis sudah memiliki website.

Nggak bisa dipungkiri lagi deh, sebagian besar pengguna internet selalu menggunakan Google untuk mencari informasi yang berhubungan dengan kebutuhan mereka. Iklan yang tampil pada hasil pencarian Google dan juga pada situs jaringan publisher Google adalah spot yang sangat efektif bagi para pebisnis untuk memasarkan produk mereka secara online. Selain itu, menurut banyak informasi dari para pengiklan, konversi penjualan iklan di Google dan jaringan publishernya jauh lebih baik ketimbang iklan di media sosial.

Kamu juga bisa memasang iklan pada blog atau web tertentu. Namun, jangan memasang iklan di sembarang blog ya, karena akan sangat berpengaruh pada konversi penjualan. Pastikan website tempat beriklan sangat berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya sebuah blog yang khusus membahas seputar kecantikan, maka bisnis yang paling cocok beriklan di website ini adalah produk makeup dan skincare .

Untuk lebih meningkatkan visitor organik, kamu perlu banget belajar yang namanya Search Engine Optimization (SEO). SEO ibarat teknik yang digunakan untuk menjadikan seluruh page pada website kamu sebagai pintu masuk traffic. Nah, perpaduan antara SEO dan Google Ads sering juga disebut sebagai teknik Search Engine Marketing (SEM). 

Bedanya, SEM digunakan untuk promosi cepat dengan membeli iklan di Google, sedangkan SEO digunakan untuk branding jangka Panjang dan akan bertahan selama website kamu aktif dan terus dioptimalkan.

4. Memberikan Produk Gratis

Strategi Promosi dengan memberikan produk gratis
unsplash.com

Siapa sih yang nggak suka produk gratis? promosi ini masih dianggap sebagai strategi yang efektif untuk mendapatkan konsumen. Apalagi ketika konsumen merasa puas dengan produk yang diberikan. Memang pada awalnya kamu akan sedikit merugi, namun apa lah arti bisnis jika tidak berkorban kan?

Sisi positifnya, ketika konsumen mendapatkan produk secara gratis dan mereka merasa produk yang kamu berikan adalah yang terbaik, mereka tentu akan mempertimbangkan untuk menjadi pelanggan setia produk kamu. 

5. Melakukan Promosi Aktif melalui Blog

Strategi Promosi Aktif melalui Blog
unsplash.com

Blog menjadi salah satu media favorit untuk menyampaikan informasi mengenai produk. Apalagi saat ini, pengguna internet terbiasa mencari informasi sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Itu lah mengapa memiliki blog saat ini sangatlah penting. Kamu bisa mengisi blog dengan konten-konten seputar bisnis atau produk kamu. Sajikan informasi yang berkualitas tentang hal yang membantu menghadapi permasalahan konsumen.

Namun, lakukanlah secara konsisten dan efektif agar blog kamu memiliki kredibilitas dan semakin kuat di hadapan konsumen. Manfaatkan juga teknik SEO agar tulisan yang ada di blog kamu semakin banyak dikunjungi audiens. 

6. Menggelar Kontes

Strategi promosi dengan cara mengadakan kontes
pixabay.com

Akhir-akhir ini kamu pasti sering melihat berbagai kontes di medsos kan? Rupanya, cara promosi ini efektif digunakan untuk menjaring konsumen loh. Karena dengan mengadakan kontes, para peserta juga diminta melakukan promosi terhadap produk kamu. Tawarkan hadiah yang menarik agar semakin banyak orang yang mengikuti kontes.

Beberapa kontes yang bisa kamu gelar adalah lomba foto, quotes, meme atau video dan caption yang menarik. Kamu juga bisa menggelar kontes artikel yang mengulas tentang produk kamu. Dengan syarat, mereka yang ikut wajib memberikan backlink pada website bisnis kamu. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan domain score agar website kamu lebih disukai mesin pencari Google loh.

Baca juga : 5 Teknik Promosi yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan