Aplikasi Sales dan Distribusi: Apa Manfaat Dan Contoh Fiturnya?

Aplikasi Sales dan Distribusi: Apa Manfaat Dan Contoh Fiturnya?

Bagaimana kondisi perusahaan Anda? Apakah penjualannya berjalan lancar? Atau, justru penjualan Anda sekarang sedang lesu? Bagaimanapun kondisinya, penjualan yang menurun adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh setiap pengusaha, walaupun hal itu bagian dari sebuah bisnis. 

Ada berbagai faktor yang dapat menurunkan penjualan bisnis. Namun, kini Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan aplikasi sales dan distribusi. Aplikasi ini akan membantu meningkatkan penjualan dan marketing dalam perusahaan Anda. Menjadi seorang pengusaha, Anda dituntut untuk selalu membuat inovasi produk yang relevan dengan trend atau kondisi terkini. Sehingga, masyarakat atau calon konsumen bisa semakin tertarik menggunakan produk atau jasa dari brand Anda. 

Akan tetapi, selain memikirkan inovasi produk, Anda juga harus memperhatikan distribusi dan sales pada perusahaan. Seperti yang dijelaskan di atas, Anda memerlukan yang namanya aplikasi sales dan distribusi. Lalu, apa yang dimaksud dengan aplikasi sales dan distribusi ini?

Definisi Aplikasi Sales dan Distribusi.

Aplikasi sales dan distribusi merupakan software atau perangkat lunak yang terbentuk dari sistem-sistem pendukung yang bergabung menjadi kesatuan. Setiap unsur dapat terintegrasi dan membantu proses bisnis dalam mempercepat atau mengoptimalkan siklus penjualan dan distribusi secara keseluruhan pada produk perusahaan.

Aplikasi ini juga bermanfaat dalam mendukung proses transaksi, meningkatkan peluang dalam menggapai pelanggan, hingga mendorong konsumen untuk melakukan transaksi kembali. Tak melulu soal transaksi, aplikasi sales dan distribusi ini juga bisa diterapkan ke dalam berbagai sektor bisnis. Misalnya: property, real estate, dan retail. 

Untuk mendukung agar seluruh divisi yang terlibat dapat bekerja dengan lebih baik, perusahaan nantinya membutuhkan aplikasi sales dan distribusi ini dalam penjualan. Aplikasi ini juga menunjang komunikasi antar tim dalam lead atau prospek tertentu. Saat pelanggan semakin dekat dengan perusahaan, maka peluang pelanggan dalam memberikan kepercayaan pada perusahaan semakin besar. 

Manfaat Aplikasi Sales dan Distribusi.

Manfaat Aplikasi Sales dan Distribusi
source : unsplash.com

Pada penjelasan di atas, sudah jelas sales dan distribusi merupakan hal yang paling penting dalam suatu perusahaan. Sebab, menjadi ujung tombak pada performa penjualan lapangannya. Maka dari itu, pelacakan terhadap sales dan penjualan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena nantinya akan memberi berbagai manfaat bagi perusahaan itu sendiri. 

Sayangnya, banyak pebisnis masih merasa kesulitan dalam melakukan pelacakan sales dan distribusi tersebut apalagi pelacakan sales lapangan. Disinilah peran dari aplikasi sales dan distribusi akan sangat bermanfaat bagi pebisnis. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan aplikasi sales dan distribusi.

  • Mengelola Database

Aplikasi sales dan distribusi nantinya akan memberi Anda gambaran lengkap mengenai pelanggan Anda. Aplikasi ini akan memberikan informasi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan yang akurat kepada perusahaan Anda. Sehingga, seluruh departemen perusahaan tetap sinkron dan teratur. 

Dengan informasi rinci tentang karakteristik dan preferensi pelanggan. Aplikasi sales dan distribusi memungkinkan Anda memanfaatkan setiap interaksi. Jadi, sebagai pimpinan,  Anda bisa membuat keputusan berdasarkan informasi dan data yang real-time dan terkini. 

  • Meningkatkan Kinerja Tim Penjualan

Aplikasi sales dan distribusi memungkinkan tim untuk lebih fokus terhadap penjualan ketimbang mengkhawatirkan tugas-tugas administratif berulang yang menyita waktu dan tenaga. Contohnya, menginput data absensi, menghitung payroll/ gaji karyawan, perhitungan pajak PPH 21, dll. 

Terkadang, tim penjualan juga dibebani tugas membuat jadwal shift kunjungan sales ke lapangan, penagihan, dan masih banyak lagi. Padahal, semua tugas-tugas ini dapat dilakukan secara otomatis memakai teknologi aplikasi modern. 

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Route Optimization Untuk Perusahaan Distribusi

  • Memperkirakan Penjualan dengan Akurat

Informasi yang tidak memadai akan menyebabkan perkiraan penjualan menjadi tidak akurat. Aplikasi sales dan distribusi yang handal akan mencatat data secara efisien dan memberikan informasi penting untuk memudahkan tim penjualan dalam membuat perkiraan akurat dengan data yang mudah dikelola dan diproyeksikan. Dengan prosedur sederhana ini maka akan sangat menyederhanakan dan memudahkan tugas dari sang manajer penjualan.

  • Meningkatkan kolaborasi internal

Meningkatkan kolaborasi internal
source : unsplash.com

Aplikasi sales dan distribusi dapat meringkas semua pekerjaan yang dilakukan oleh tim penjualan dan menyajikan informasi tersebut kapan saja dan di mana saja. Aplikasi sales dan distribusi yang berbasis teknologi Cloud (komputasi awan), memungkinkan setiap anggota tim ikut terlihat untuk memahami apa yang sedang dikerjakan masing-masing personil. 

Akses mudah ke informasi ini akan mengurangi jadwal rapat yang menyita banyak waktu tim sales. Sekaligus, membuat setiap anggota penjualan lebih gampang memahami proyek bisnis yang sedang berjalan. Dengan kolaborasi yang baik, tentunya produktivitas tim penjualan juga akan semakin meningkat, kan? 

  • Menganalisa Sumber Prospek dengan Lebih Baik

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengetahui ROI yang diperoleh dari setiap sumber prospek (misalnya dari Google Ads, buletin, SEO, telemarketing, dll.), maka Anda akan dapat mengalokasikan sebagian besar sumber daya dan uang Anda untuk prospek yang lebih berguna dan efektif. 

Dengan cara ini, Anda dapat menghemat uang yang biasanya Anda belanjakan untuk sumber prospek yang tidak efektif dan lebih fokus pada sumber yang menguntungkan. 

  • Lebih Fleksibel

Aplikasi sales dan distribusi memudahkan tim penjualan Anda untuk melihat prospek baru yang ditugaskan kepada mereka dan memperbarui status prospek. Mereka dapat mengakses sistem dimanapun dan kapanpun, cukup dengan berbekal HP di dalam genggaman. 

Oleh karena itu, tim penjualan Anda tidak perlu menunda pekerjaan mereka, terutama jika mereka memiliki banyak aktivitas dan jadwal padat dalam sehari.

  • Siklus Penjualan yang Lebih Terstruktur

Aplikasi sales dan distribusi akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi prospek yang sudah memenuhi syarat dan mana yang harus difokuskan. Anda dan seluruh tim penjualan dapat memantau status prospek dan kemajuan penjualan dengan lancar, karena informasi yang Anda butuhkan dapat dilihat dalam satu tampilan. 

Sistem aplikasi sales yang baik harus memiliki fungsi tarik dan lepas yang memungkinkan Anda mengelola tahapan penjualan dan menempatkan prospek sesuai dengan statusnya.

  • Membuat semuanya lebih sistematis dan teratur

Jika tidak memiliki konsep seperti itu, maka setiap toko akan menerima barang langsung dari setiap pabrikan. Nantinya, kemungkinan bisa memicu kekacauan total karena truk pengiriman barang dalam jumlah besar akan tiba di outlet rite atau toko dalam waktu bersamaan. Jika sampai terjadi demikian, tempat penyimpanan di dalam outlet atau toko akan melebihi kapasitas barang. 

Dengan sistem yang tepat, perusahaan dapat menyimpan barang-barang di gudang dan toko dengan mengambil jumlah yang dibutuhkan untuk setiap brand yang berbeda sesuai kebutuhan. 

  • Menambah kenyamanan pelanggan

kenyamanan pelanggan
source : unsplash.com

Aplikasi sales dan distribusi memastikan bahwa belanja akan menjadi lebih nyaman bagi konsumen. Jika setiap perusahaan memiliki tokonya sendiri, maka pelanggan harus pergi ke toko yang berbeda untuk mengambil produk yang membuang banyak waktu dan energi.

Sistem pendistribusian barang yang tepat oleh berbagai produsen merek dan produsen barang memastikan bahwa semua jenis barang tersedia cukup dalam satu toko saja. Pelanggan mendapat keuntungan dalam memilih produk dari berbagai merek di satu tempat tanpa ribet, lebih efisien waktu dan biaya transportasi.

  • Meningkatkan jumlah reseller (pengecer)

Sistem ini memastikan bahwa pengecer atau reseller melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh produsen untuk produk tersebut. Mereka sering membujuk pelanggan untuk membeli produk yang meningkatkan penjualan. Berbagai penawaran promosi dilakukan untuk memikat konsumen. Skema keuangan yang berbeda ditawarkan untuk mengurangi beban pembayaran yang berat dan membuat pembayaran lebih mudah bagi pelanggan.

Reseller juga menggunakan tampilan yang menarik untuk menjual produk di toko mereka sehingga penjualan naik. Reseller juga dapat memberikan tanggapan terkait produk kepada produsen. Ini juga membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan produk sesuai umpan balik yang diberikan. Ini selalu digunakan dalam bisnis, namun sekarang sistem yang sepenuhnya otomatis membuat pekerjaan distribusi menjadi lebih mudah di semua tingkatan.

Baca juga : SimpliDOTS, Solusi Aplikasi Distributor Terbaik Di Indonesia

Fitur pada Aplikasi Sales dan Distribusi yang harus ada

Ini akan menjadi ideal untuk aplikasi sales dan distribusi ini agar juga berguna bagi departemen pemasaran, distribusi dan tim eksekutif kami. Hal ini menyatakan bahwa aplikasi ini mampu dalam menganalisis dan menampilkan data secara cepat dan strategis dengan tujuan untuk memudahkan pengambilan keputusan. Dengan pemikiran ini, ada serangkaian karakteristik yang harus dimiliki dalam aplikasi sales dan distribusi.

  • Geotag

Setiap aplikasi penjualan dan distribusi harus memiliki fitur ini dengan benar. Tidak hanya untuk geotag outlet, tetapi juga untuk mengoptimalkan manajemen rute penjualan (route management) dan menawarkan geotag laporan onsite, mendaftarkan tempat (posisi lintang-bujur), waktu, pelanggan, jenis tindakan dan isi laporan.

Fitur ini juga memfasilitasi analisis laporan di kantor pusat, dan memastikan akses ke pengelolaan pelanggan dan produk kapan pun, di mana pun.

  • Fungsional

Aplikasi sales dan distribusi harus intuitif dan mudah digunakan, serba guna dan dapat diskalakan, untuk memfasilitasi penerapannya oleh seluruh tim. Hanya dengan cara ini Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal, dan meminta semua agen untuk menggunakannya dengan benar.

Selain itu, aplikasi ini juga harus interaktif dan menawarkan kinerja yang optimal kepada klien untuk menyampaikan citra merek yang bagus dan memberikan jumlah data setinggi mungkin (di mana calon pelanggan mengklik, gambar mana yang paling disukai, iklan mana yang paling berhasil).

Di sisi lain, aplikasi itu harus lintas platform dan multi-bahasa, mampu diterapkan pada semua jenis sistem operasi untuk menjamin pengoperasian yang tepat pada perangkat apa pun yang dimiliki oleh perusahaan.

Yang terakhir, aplikasi harus dapat digunakan secara offline. Staf penjualan dan distribusi Anda biasanya sering mengalami masalah sinyal 3G. Hindari kendala distribusi hanya karena koneksi atau sinyal yang terhambat.

Baca juga : Mengenal Sales Tracking System Dan Cara Kerjanya Untuk Perusahaan

  • Sinkronisasi aktif dan offline

Tidak hanya itu, fitur yang diperlukan untuk aplikasi apa pun untuk mencapai penjualan yang efisien, tetapi juga salah satu tren perangkat lunak CRM seluler untuk 2021. Jika terputus dari database, maka ini akan menghalangi keberhasilan penutupan penjualan. Oleh karena itu, memiliki aplikasi yang mampu bekerja secara offline dan online akan mencegah hilangnya informasi.

  • Dashboard yang simpel dan analisis data 

Dashboard yang simpel dan analisis data
source : unsplash.com

Pastikan aplikasi sales dan distribusi memiliki dasbor statistik lanjutan yang memfasilitasi analisis data dan dapat disesuaikan. Fiturnya meliputi:

  • KPI penjualan untuk per agen, perusahaan, pelanggan, katalog dan periode.
  • TOPS penjualan per agen, perusahaan, pelanggan, katalog dan periode.
  • Grafik penjualan keseluruhan per agen, perusahaan, produk, pelanggan, produk pelanggan, katalog dan periode.
  • Kinerja penjualan per agen, perusahaan, produk, pelanggan, produk pelanggan, katalog dan periode.

Mengelola data kinerja dengan benar akan memungkinkan pengelolaan anggaran yang tepat, pelacakan pencapaian tujuan, peningkatan pengambilan keputusan, dan banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi sales dan distribusi ini.

  • Keamanan Aplikasi

Tentu saja, data yang dimiliki harus diamankan. Keamanan adalah hal terpenting dalam aplikasi penjualan dan distribusi, karena memiliki banyak informasi tentang pelanggan dan data rahasia lainnya. Bagaimanapun, untuk menjamin keamanan, Anda bisa memilih aplikasi yang menyertakan daftar panjang fitur. Fitur diantaranya: pembaruan software secara otomatis, monitoring jarak jauh, perlindungan dari kegagalan perangkat, data enkripsi, dan sebagainya. 

  • Sistem yang terintegrasi

Aplikasi yang memiliki fitur ini akan menawarkan data kunci terkait perilaku pelanggan dan memungkinkan kebutuhan mereka untuk diprediksi. Aplikasi penjualan dan distribusi akan menampilkan informasi penting untuk setiap pelanggan, memungkinkan sasaran ditentukan dan memudahkan manajemen pelanggan.

  • Omnichannel

Solusi mobilitas multisaluran akan sangat berguna dalam pameran dagang, acara, dan showroom, di mana solusi tersebut memudahkan untuk memiliki data pelanggan dan informasi kontak di semua perangkat, dan layanan pencetakan terpusat yang kompatibel dengan printer apapun, sekaligus menjamin keamanan data.

  • Personalisasi

Aplikasi penjualan dan distribusi harus memiliki serangkaian desain dan struktur yang memfasilitasi penambahan produk dan item ke setiap katalog yang dipersonalisasi. Serta, menawarkan personalisasi aspek tertentu dari platform. Misalnya, bisa menambahkan logo brand, atau memasukkan informasi tambahan lainnya. 

  • Mudah dicustom

Fitur ini harus terkait dengan beberapa aspek. Pertama, aplikasi penjualan dan distribusi harus fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan citra perusahaan. Kedua, aplikasi ini harus dapat menyesuaikan fitur tertentu atau membuatnya dari awal tergantung pada spesifikasi masing-masing pelanggan. 

Terakhir, aplikasi sales dan distribusi ini harus menyediakan koneksi ke ERP mana pun untuk mencapai integrasi otomatis, dengan penghematan waktu pengelolaan yang dihasilkan, karena tidak ada data yang harus dimasukkan secara manual.

  • Mudah diakses

Aplikasi yang mudah diakses
source : unsplash.com
 

Perangkat lunak tersebut harus memudahkan semua staf penjualan dan distribusi untuk mengakses semua informasi tentang pelanggan hanya dengan satu klik. 

Untuk memberikan otonomi kepada tenaga penjualan, aplikasi harus memiliki layanan pertukaran data lokal atau sinkronisasi klien back office dengan setiap daftar kontak perangkat, dan jumlah klien dan produk yang tidak terbatas dalam database mereka.

Baca juga : Tentang Sales Force Automation (SFA) Secara Detail

Baca juga : 19 Teknik Closing Sales Untuk Melejitkan Penjualan Bisnis

Aplikasi SimpliDOTS memaksimalkan SFA dan distribusi barang

Nah, untuk Anda yang sedang mencari aplikasi sales dan distribusi, kami punya solusinya, yakni aplikasi SimpliDOTS yang siap dalam mengatur keuangan dan distribusi pada perusahaan Anda. Anda akan mendapat gambaran siklus penjualan yang ada dalam aplikasi ini. Jadi, tidak perlu harus menghimpun kertas-kertas transaksi dalam membuat laporan keuangan. 

Untuk itu, SimpliDOTS SFA (Sales Force Automation) hadir untuk membantu memaksimalkan analisis siklus keuangan usaha distribusi milik Anda. Jangan khawatir, aplikasi ini akan memberikan Anda bukti nyata dalam setiap transaksi yang pernah terjadi, jadi dokumentasi yang sekecil apapun tidak akan lewat. Semua aktivitas distribusi, penjualan, monitoring karyawan akan terekam dengan jelas. Untuk monitoring karyawan, Anda bisa gunakan Aplikasi SimpliDOTS Monitoring yang akan membantu Anda mengawasi kinerja dari karyawan terutama salesman yang bekerja di lapangan. 

Aplikasi sales dan distribusi dari SimpliDOTS juga berbasis cloud sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan lebih mudah dimanapun dan kapanpun Anda berada. Coba aplikasi SimpliDOTS sekarang GRATIS di sini untuk masa trial 14 Hari.