Aplikasi delivery

Aplikasi Delivery : Strategi Distribusi Produk FMCG dengan Aplikasi Delivery

Strategi distribusi dengan Aplikasi Delivery – Bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) mempunyai permintaan konsumen yang sangat tinggi dan variasi produk yang beragam diantaranya perlengkapan mandi, kosmetik, makanan olahan, dan semacamnya. Meski demikian, bisnis di sektor FMCG juga punya tantangan tersendiri. Produk yang ditawarkan oleh pelaku bisnis FMCG rata-rata mempunyai usia yang relatif singkat. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu memastikan bahwa produk dapat terjual dengan cepat dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, keberadaan kanal distributor FMCG adalah sesuatu yang penting. 

Aplikasi Delivery

Berikut strategi yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan proses distribusi :

  1. Tentukan Area Distribusi

Sebagai produsen FMCG, menentukan area distribusi yang tepat merupakan suatu keharusan. Lakukan survei untuk memahami perilaku konsumen dan mengetahui daerah mana saja yang paling banyak peminatnya terhadap produk yang dijual. Kemudian, petakan dimana saja mereka berada. Lakukan mulai dari area terdekat dan fokus pada area lokal. Setelah area terpenuhi, jangkauan distribusi dapat diperluas ke wilayah lain.

  1. Menjaga Hubungan baik dengan distributor

Distributor merupakan pihak yang paling menentukan dalam bisnis karena produk yang berkualitas dan dibutuhkan banyak orang tidak berarti kalau tidak dapat terdistribusi dengan baik. Jika Anda sudah memiliki distributor yang tepat dan sesuai, jagalah hubungan baik dan jalin komunikasi. Perubahan dan perkembangan bisnis serta perilaku konsumen setiap harinya juga dapat didiskusikan dengan distributor agar selalu tercapainya kelancaran bisnis.

  1. Siapkan alat transportasi

Selain memiliki distributor yang tepat dan sesuai, adanya alat transportasi yang memadai merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting. Sesuaikan dengan area jangkauan dan perhitungkan biayanya. Tentukan alat transportasi yang tepat agar distribusi dapat berjalan dengan lancar dan biaya tidak terlalu besar.

  1. Distribusi Melalui Website

Di era digital saat ini, transformasi ke dunia online adalah suatu keharusan. Salah satu fasilitasnya yaitu website. Website dapat dimanfaatkan untuk mendistribusikan atau menginformasikan produk kepada pengguna internet. Selain memasukkan seluruh produk pada website, juga sertakan informasi menarik lainnya yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Teknik SEO dapat dimanfaatkan agar website bisnis mudah dicari pada mesin pencari. Tingkat kompetisi di mesin pencari sangat tinggi karena bersaing dengan produk yang ditawarkan di marketplace ataupun website kompetitor lain. Oleh karena itu, ketika memiliki produk baru segera optimasikan SEO secara intensif.

  1. Menggunakan Sistem Aplikasi Delivery sebagai Pendukung

Melakukan distribusi, terutama dalam skala besar, ada kemungkinan perusahaan produsen akan mengalami kendala dalam mengatur prosesnya. Sistem seperti Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS akan mempermudah pengawasan dan penetapan strategi. Sistem pada Aplikasi Delivery ini bisa membantu mengatur proses distribusi dengan lebih efektif dan efisien. Sistem ini juga mengintegrasikan sistem laporan. Distribusi dan segala prosesnya pun dapat berlangsung lancar, aman, dan akurat.

Beberapa strategi distribusi yang tepat telah dijabarkan untuk mengoptimalkan pengiriman produk. Lakukan analisa dan evaluasi ats hasil penjualan dan kinerja para distributor secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis selama bekerja sama dengan distributor. Jika terdapat hasil yang kurang memuaskan dapat dilakukan perbaikan selain itu juga untuk menentukan langkah selanjutnya dalam memilih strategi distribusi yang lebih efektif.

Delivery & Route Optimization Sebagai Aplikasi Delivery Memiliki Beberapa Fitur Unggulan yang Akan Membantu Bisnismu Menjadi Lebih Efektif dan Efisien 

Berikut cara SimpliDOTS menghadirkan Aplikasi Delivery untuk membantu pelaku bisnis FMCG :

  • Menggunakan satu buah aplikasi untuk merencanakan rute driver melalui aplikasi logistik.
  • Pesanan yang membludak bisa dikerjakan dengan baik dan tenang karena dikelola secara otomatis oleh SimpliDOTS.
  • Pelanggan menanyakan status pengantaran, lihat posisi live driver di peta dengan aplikasi rute.
  • Merencanakan rute secara instan melalui aplikasi bahkan oleh orang tanpa pengalaman.
  • Dengan aplikasi pintar, rute yang direncanakan sudah pasti yang paling efektif dan efisien.

Manajemen Rute Driver

MRD 2

Customer Time Window

customer time window 1 scaled

Auto Delivery Allocation

auto delivery allocation

Detail Delivery Summary

detail delivery summary

Kami mendukung pelaku bisnis FMCG dengan Delivery & Route Optimization (RO) segera dapatkan FREE Trial dan Konsultasi 14 Hari di sini.

Untuk mengakomodasi bisnis FMCG jadi tersistem menggunakan Aplikasi Delivery, kami menyediakan expertise yang akan membantu bisnis Anda untuk beralih ke teknologi digital agar bisa beroperasi dengan lebih baik di masa depan.