7 Manfaat Sales Gamification yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

Selama ini permainan dipandang sebagai metode untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu luang saat santai. Namun, di sisi lain permainan memiliki peran besar dalam membangun sebuah perusahaan yang sehat. Metode ini disebut dengan gamification.

Salah satu alasan utama perusahaan perlu menerapkan gamification (permainan) adalah untuk kemajuan bagi perusahaan yang manfaatnya bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, bagi karyawan yang di dalam perusahaan diharapkan bisa menjadi sumber daya manusia yang potensial.

Begitu pula untuk meningkatkan penjualan. Ada kalanya divisi sales merasa kurang termotivasi sehingga penjualan menjadi sangat menurun. Pada dasarnya, gamification adalah teknik memproyeksikan mengenai sesuatu yang bisa saja terjadi di masa mendatang bagi perusahaan dengan cara-cara unik.

Gamification merupakan strategi yang menerapkan aturan permainan untuk konteks non-permainan. Dalam hal penjualan misalnya, perusahaan bisa memanfaatkan gamification untuk meningkatkan kinerja para sales sehingga memiliki kualitas SDM yang lebih unggul dan meningkatkan penjualan.

Baca juga : Penjualan Lesu, Ada 5 Strategi Agar Tim Sales Tetap Semangat

Jadi, dalam satu kondisi perusahan perlu melakukan sales gamification, karena memberikan banyak manfaat, khususnya dalam meningkatkan penjualan. Berikut ini, 7 manfaat sales gamification yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan.

1. Membangun Kerjasama
source : unsplash.com

Dalam menerapkan sales gamification, ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi. Sales gamifikasi harus meliputi segala aspek yang pada mulanya sulit dijalankan menjadi lebih mudah diselesaikan. Untuk melakukan strategi tersebut, maka dibutuhkan kerjasama sebuah tim. Dengan demikian, tim yang dibentuk dalam perusahaan semakin siap untuk bekerja sama dengan baik.

Tim sales atau penjualan merupakan ujung tombak dari perusahaan sehingga membutuhkan kerjasama dan kekompakan yang solid. Dengan menghadirkan sales gamification, maka setiap yang terlibat dalam tim sales akan lebih terfokus dalam kerjasama yang baik.

Baca juga : Tips Sukses Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Hubungan Pelanggan

2. Menciptakan Lingkungan Kerja Nyaman
source : unsplash.com

Mungkin para karyawan termasuk tim sales mulai merasa resah dan bosan dengan kondisi lingkungan kerja yang hampir tidak pernah ada perubahan. Selain itu, tim sales mungkin terlalu lelah dalam pekerjaannya. Maka dari itu, sales gamification berguna untuk menghilangkan rasa penat dan bosan agar tim sales merasa kembali bekerja di lingkungan yang nyaman.

Dalam sebuah kegiatan di perusahaan, mungkin tim sales selalu melakukan dengan serius sehingga membuat kondisi menjadi stress dan penat. Mungkin terlalu serius menyikapi permasalahan yang dibahas, sehingga masing-masing merasakan sebuah ketegangan.

Selaku orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan sales gamification di tengah rapat, misalnya pada waktu setelah break. Dengan demikian, semua pihak yang terlibat dalam rapat kembali fresh dan semangat untuk melanjutkan kegiatan.

3. Persaingan Kerja Sehat
source : unsplash.com

Dalam sebuah game, tentu akan ada aturan, cara main, penilaian, dan pemenang. Tim sales akan diminta untuk mengikuti permainan dengan aturan dan cara main yang diminta, namun harus mendapatkan nilai yang ditarget agar menjadi pemenang dalam game tersebut.

Intinya, sales gamification bertujuan agar tim sales menjadi pemenang dalam game tersebut sesuai dengan aturan dan cara main (fair play). Selanjutnya, dalam menjalankan tugasnya sebagai tim sales perusahaan, maka tim sales tersebut termotivasi untuk melakukan persaingan kerja yang sehat terhadap tim sales lainnya, baik secara individu maupun kelompok.

4. Mentorship Terbuka
source : unsplash.com

Di beberapa perusahaan sengaja menerapkan gamification untuk perekrutan karyawan baru dan pemimpin divisi yang baru. Sales gamification yang disusun dengan baik dan benar bisa menjadi cara efektif untuk perusahaan dalam memilih seorang mentor, pimpinan, atau ketua dari divisi sales. Namun, terlepas dari keputusan yang diambil oleh perusahaan, bagi setiap sales akan mendapatkan pengalaman mentorship yang baru dan berguna untuk karirnya di masa depan.

Anda bisa melakukan simulasi game untuk memancing kreativitas seperti permainan Go Leadership. Dalam permainan tersebut, tim sales dan karyawan akan dihadapkan pada skenario yang sulit dan mencoba memecahkannya dengan caranya sendiri. Caranya dengan memahami karakteristik orang lain dan kondisi yang ada. Pada permainan ini tim sales dituntut untuk berpikir secara out of the box sehingga pola pikir sebagai mentorship segera terbuka.

5. Komunikasi
source : unsplash.com

Sales adalah ujung tombak perusahaan karena langsung berhadapan dengan para konsumen, baik dengan tatap muka, komunikasi melalui telepon, email, media sosial dan lain sebagainya. Untuk itu, setiap sales harus memiliki teknik komunikasi yang terbaik.

Salah satu cara mengajarkan teknik komunikasi ini adalah dengan melakukan sales gamification. Buatlah rangkaian permainan yang mendorong para sales untuk bisa mengeksplorasi sesuatu dengan komunikasi yang baik dan mudah dimengerti.

6. Sigap dan Tanggap Bekerja
source : unsplash.com

Strategi dari sales gamification juga berguna untuk membuat tim sales semakin sigap dan tanggap dalam bekerja. Sales gamification merupakan teknik yang jitu untuk mengelola sumber daya manusia terutama meningkatkan kinerjanya. Sales Gamification dapat dilakukan dengan mengelola sumber daya manusia atau karyawan dengan cara yang lebih efektif dibandingkan dengan cara lama seperti memberikan arahan yang cenderung membosankan.

Selain itu, Sales Gamification dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas bagi diri sales. Untuk memanfaatkannya secara optimal, maka sebagai pemimpin perusahaan harus melakukan setidaknya tiga cara seperti memanfaatkan permainan untuk mendapatkan ide baru, melakukan simulasi game untuk kreativitas, dan memahami karakteristik lain yang ada.

Bagi beberapa perusahaan ternama di dunia, sales gamification sering dilakukan dengan permainan yang memancing karyawan untuk memikirkan suatu ide baru. Pada permainan seperti ini, manajemen perusahan bisa melihat seperti proposal yang baik dan memiliki nilai paling tinggi di mata karyawan, termasuk para tim sales.

Baca juga : 5 Teknik Promosi yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan

7. Seru dan Menyenangkan
source : unsplash.com

Game merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk dimainkan. Beberapa orang bermain game karena dirasa bisa menemukan sensasi dalam menang, menghargai kompetisi, dan untuk kebanggan diri sendiri.

Tim sales merupakan orang-orang yang ambisius, yang pada dasarnya bersaing dan memainkan gamifikasi dengan sempurna. Gamification sangat cocok untuk tim sales agar mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan yang bisa menjadi bahan cerita ketika pulang dari kerja atau ketika berkumpul dengan rekan-rekannya.

Adanya sales gamification juga bisa membantu dalam merancang strategi pemasaran dan penjualan pada perusahaan. Sales Gamification bisa mengajak para tim sales untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan di masa-masa kritis. Tim sales akan belajar banyak hal mengenai cara untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan negosiasi dengan klien maupun konsumen yang potensial.

Dari permainan-permainan tersebut, tim sales akan mendapatkan gambaran mengenai langkah yang harus dijadikan strategi selanjutnya dalam keberlangsungan hidup perusahaan.

Baca juga : SimpliDOTS, Startup Baru Ini Bantu Distributor Yang Kewalahan

Sales gamification merupakan strategi untuk memecahkan masalah dan melakukan negosiasi yang biasanya sering menjadi materi dalam peningkatan kapasitas penjualan.

Itulah pembahasan mengenai manfaat sales gamifiacation yang perlu Anda diketahui untuk meningkatkan penjualan para salesman Anda. Semoga dapat menambah wawasan anda dan jangan lupa follow Instagram @SimpliDOTS buat informasi bermanfaat lainnya!

Anda juga bisa menerapkan sales gamification di perusahaan Anda melalui data-data yang dihasilkan dari fitur monitoring dan Business Intelligence yang tersedia di SimpliDOTS. Kunjungi website kami di www.simplidots.com untuk informasi lebih lanjut. cobain aja demo gratis 14 hari SimpliDOTS disini!

Share
Published by
astrid
Tags: Gamification Meningkatkan Penjualan Meningkatkan SDM perekrutan Strategi pemasaran
  • Recent Posts

    • Bisnis
    • Distribusi
    • Strategi Bisnis

    Strategi Mendistribusikan Produk Baru Dan Memilih Strategi Yang Tepat

    Sebagai seorang yang sedang terjun dalam dunia marketing, segala proses penjualan hingga mencapai kesepakatan tentu sangatlah penting. Namun, bagaimana Anda… Read More

    1 hari ago
    • Bisnis
    • Blog SimpliDOTS
    • Teknologi

    Sales Motoris, Kanvasing Dan Taking Order, Ini Perbedaannya

    Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Semakin banyak orang yang terjun ke dalamnya, semakin besar pula tingkat persaingan… Read More

    3 hari ago
    • Strategi Bisnis
    • Tips & Trik

    Mengenal Covert Selling, Teknik Menjual Tapi Tidak Berjualan?

    Dalam bisnis, kunci meraih penghasilan maksimal adalah tim penjualan atau sales person Anda. Apakah mereka memiliki teknik menjual yang baik… Read More

    1 minggu ago
    • Bisnis

    Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

    Coba Anda ingat-ingat kembali, pernahkah Anda membeli barang langsung dari produsen atau pabriknya? Hmm… mungkin pernah, tapi sangat jarang bukan? … Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis

    Mengenal Istilah Ritel, Distributor & Prinsipal Dalam Dunia Distribusi

    Bagi anda yang bekerja di sektor distribusi barang, istilah seperti ritel, distributor, dan prinsipal tentu sudah tak asing lagi terdengar… Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis
    • Pemasaran
    • Penjualan
    • Produk
    • Strategi Bisnis

    Positioning Produk Sebagai Strategi Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

    Tak banyak orang yang tahu bahwa positioning produk merupakan bagian penting dari kesuksesan bisnis. Bagaimana nggak, jika harga produk ditentukan… Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis
    • Pemasaran
    • Penjualan
    • Produk

    Baru Launching Usaha Baru? Simak 7 Cara Ampuh untuk Aktivasi Brand

    Selamaatt…! Jadi, brand anda baru saja dirilis? Jangan hanya deg-degan, para pebisnis yang baru saja launching juga harus bersiap untuk… Read More

    2 minggu ago
    • Sales Force

    Mengapa Bisnis Anda Tak Bisa Mengabaikan Sales Force Automation (SFA)?

    Semakin banyak masalah yang dihadapi dalam bisnis, tentu semakin banyak pula usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa Sales Force… Read More

    2 minggu ago
    • Sales Force

    3 Elemen Penting Untuk Mencapai Sales Force Yang Sukses

    Tim penjualan (sales force) memiliki eksistensi yang sangat penting dalam bisnis. Itulah sebabnya, sales force perlu dikelola dengan tepat. Sehingga,… Read More

    2 minggu ago