Bisnis

5 Kriteria Sales Target yang Efektif Bagi Bisnismu

Sahabat SimpliDOTS, ketika sebuah perusahaan ingin menentukan sales target, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah bersikap cermat dan berhati-hati. Mengapa? karena ketika sahabat SimpliDOTS bertemu dengan target yang tidak realistis tersebut maka akan membuat diri menjadi stress, apalagi ketika berada di lapangan.

Maka dari itu dalam menentukan sales target merupakan pekerjaan memang susah-susah gampang, walaupun sales target dapat dilakukan dengan bebas, namun ada bebrapa hal yang harus dipenuhi agar target tidak menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri.

Mengapa Sebuah Perusahaan Harus Menetapkan Sales Target?

1. Menetapkan dan Mengkomunikasikan Ekspektasi

Sebagai pemimpin, tentu anggota timmu akan lebih mudah untuk berhasil jika ekspektasi ke mereka jelas. Dengan membuat sales target, kamu menetapkan ekspektasi yang dapat direncanakan oleh anggota timmu untuk dipenuhi. Ini dapat membantu mereka mengatur waktu mereka dengan lebih efisien dan memantau sendiri pekerjaan mereka. Ini juga dapat memberi timmu tujuan yang lebih terukur yang dapat mereka kerjakan. Memiliki ekspektasi yang jelas menciptakan lingkungan kerja yang transparan bagi anggota tim sales-mu dan meningkatkan kemungkinan tim sales untuk memenuhi target perusahaan.

2. Merencanakan Pertumbuhan Revenue Perusahaan

Sales target akan membantu tim sales-mu mencari cara untuk meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Pasti kita biasanya menetapkan sales target lebih tinggi dari pendapatan dari periode sebelumnya, sehingga kamu dapat terus memproyeksikan pertumbuhan untuk perusahaanmu. Dengan memenuhi target yang diproyeksikan tersebut, tim sales akan terus mengembangkan dan meningkatkan pendapatan dari periode ke periode dan dapat memetakan seberapa besar ekspektasi perusahaanmu untuk bertumbuh dalam periode tertentu.

3. Meningkatkan Semangat Juang Karyawan

Dengan adanya sales target, ada sesuatu yang dapat diperjuangkan oleh tim sales yang dapat membantu meningkatkan semangat kerja. Memiliki target dapat memotivasi tim penjualanmu untuk lebih produktif secara mandiri maupun sebagai tim. Hal ini juga dapat memberi mereka rasa kepuasan dan pencapaian ketika mereka memenuhi target mereka. Menetapkan target penjualan secara konsisten dapat membantu menciptakan tujuan kerja dan personal growth.

4. Memantau Kinerja Perusahaan

Sales target pada dasarnya akan menetapkan tujuan untuk apa yang harus dicapai oleh tim penjualan untuk memenuhi biaya perusahaan. Misalnya, jika biaya seperti produksi dan tenaga kerja menelan biaya Rp100,000,000 per periode penjualan, maka sales target harus lebih besar dari itu agar bisnis mendapat untung. Menetapkan target dapat membantumu memantau kesuksesan perusahaanmu dengan mengukur apakah karyawanmu menghasilkan keuntungan dan apakah keuntungan itu meningkat dari satu periode penjualan ke periode berikutnya.

Apa Saja Kriteria Sales Target yang Efektif?

1. Sales Target Harus Jelas, Spesifik, dan Realistis

Mengapa harus jelas, spesifik dan realistis? Hal ini akan memudahkan tim sales dalam mencapai target penjualan. selain itu ketika target penjualan terpenuhi akan membuat tim sales menjadi lebih semangat untuk berjualan menawarkan produknya, dan mereka akan bisa membuat sebuah target yang lebih besar lagi seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, karena produk yang ditawarkan sudah mulai laku terjual dan dikenal oleh kalangan masyarakat sehingga permintaan semakin meningkat.

2. Sales Target Harus Disesuaikan dengan Kondisi Dan Potensi Pasar

Dengan mengetahui kondisi dan potensi pasar, sahabat SimpliDOTS akan tahu bagaimana cara konsumen tersebut berbelanja, produk apa saja yang paling banyak diminati, serta passion mereka ketika berbelanja. Nah dengan begitu sahabat SimpliDOTS akan dapat menentukan target penjualan seperti apakah yang sesuai dengan konsumen di wilayah tersebut.

3. Reward Atas Pencapaian Target Harus Ada dan Cukup Menarik

Siapa sih yang tidak suka diberikan reward atau penghargaan? tentunya setiap orang sangat menyukainya. Apalagi bagi tim penjualan yang telah mencapai target. Reward atau penghargaan bisa berbentuk insentif atau komisi dan bonus. Hal ini akan membuat tim sales merasa dihargai atas apa yang telah dicapainya.

Baca juga : Teknik Promosi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Penjualan

4. Supporting Team Harus Siap Membantu Mencapai Target

Dalam suatu perusahaan apapun, akan selalu diharapkan terciptanya tim yang solid, saling mendukung satu sama lain. Tim yang kompak dan solid akan mampu mendorong perusahaan untuk merealisasikan pencapaian perusahaan salah satunya seperti target penjualan.

5. Actual Penjualan Dan Target Penjualan Harus Di Evaluasi Setiap Periode

Mengevaluasi respon pasar terhadap target penjualan sangatlah penting, karena perusahaan akan dapat menentukan langkah selanjutnya, apakah dilanjutkan atau tidak, demikian juga untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jadi jangan sampai, ketika perusahaan salah dalam menentukan target pasar karena bisa jadi target penjualan yang telah disusun tidak berjalan dengan baik dan usaha mati ditengah jalan. kalau sudah begini betapa ruginya perusahaan bukan? Sebaiknya kamu melakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.

Sumber : https://distribusipemasaran.com/cara-menetapkan-target-penjualan-sales-target-yang-efektif/

Nah, setelah kamu paham bagaimana kriteria sales target yang baik, saatnya kamu menetapkan sales target bagi perusahaanmu agar timmu terpacu untuk mengejarnya. Nantinya, kamu bisa membantu timmu untuk mencapai target dan lebih produktif dengan mengeliminasi proses yang bisa diotomatisasi bukan? SimpliDOTS ada solusinya melalui Sales Automation Platform. Yuk, cek disini kalau mau tahu lebih lanjut!

Share
Published by
Jowan Kho

Recent Posts

  • Feature Updates

Penambahan Fitur Integrasi DO x Accurate Online (RO) – [23 Nov 22]

Tujuan: Integrasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah user yang berintegrasi dengan partner (Accurate Online) dalam pengelolaan data delivery order/surat jalan.… Read More

4 days ago
  • Feature Updates

Sales Force Automation (SFA) Versi 2.13.0 SAP – [23 NOV 2022]

Saat ini SimpliDOTS telah merilis versi terbaru pada SFA yaitu 2.13.0. – SAP [23 Nov 2022]Silakan download aplikasi SFA versi… Read More

2 days ago
  • Feature Updates

SFA Canvass v1.0.0-beta.3 – [15 Nov 2022]

Saat ini, SimpliDOTS telah merilis versi terbaru dari SFA Canvass v1.0.0 Beta.3 yang berfungsi untuk sistem penjualan canvassing. Namun, untuk sementara aplikasi… Read More

1 week ago