3PL Logistic Dan 4PL Logistic Penting Untuk Supply Chain Management

3PL Logistic Dan 4PL Logistic Penting Untuk Supply Chain Management

Sistem supply chain management akan terasa lebih murah bila Anda menyewa 3PL logistic atau akan menjadi lebih ringan apabila menggunakan 4PL logistic. Ketahui perbedaan dan cara kerjanya supaya rencana Anda dapat berjalan lancar. 

Apa peranan 3PL Logistic Dalam Sistem Supply Chain Management?

Supply chain management berperan dalam semua bidang operasi, baik itu tentang transportasi, pengadaan, atau penyimpanan barang. Segala sesuatu mulai dari produksi hingga pengiriman jarak jauh berada pada bidang operasi supply chain management. Dari banyaknya kebutuhan pemenuhan operasi, cara kerja supply chain management yang baru terus ditingkatkan. Untuk itu perusahaan 3PL hadir untuk membantu bagaimana proses adaptasi yang cepat dan efisien pada sistem operasi supply chain management.

Istilah “penyedia logistik pihak ketiga”, atau 3PL, sudah ada sejak tahun 1970-an. 3PL merupakan layanan outsourcing logistic operasional. Mulai dari layanan gudang, sampai pada pengiriman barang. 3PL logistic tidak mengklaim kepemilikan atau hak atas produk yang dikirimkan. Perusahaan 3PL ini mempunyai peranan sebagai perantara atau manajer antara kedua belah pihak lainnya.

Secara harfiah, setiap proses mulai dari pengiriman barang sampai urusan administrasi ditangani oleh satu pihak, yaitu perusahaan 3PL. Ketika alur pasokan suatu perusahaan terlalu kompleks untuk dikelola secara internal, disinilah peran 3PL logistic. Sebagai contoh ada sebuah perusahaan yang membutuhkan bantuan pengiriman logistik.

Pengirim akan mengekspor barangnya ke luar negeri. Tetapi mereka mempunyai satu hambatan besar, yaitu barang – barang ini belum pernah diekspor ke luar negeri. Supaya prosesnya berjalan lebih mudah, akhirnya mereka menyewa perusahaan 3PL yang berpengalaman dan profesional untuk membantu mereka mengirimkan barang.

Perusahaan 3PL lalu mendata dan menghitung biaya yang dibutuhkan untuk proses pengiriman, merekrut operator paling ahli, dan membereskan urusan administrasi dokumen. Setelah barang siap untuk dikirimkan, 3PL logistic akan mengambil pesanan barang tersebut, memesankan kendaraan pengangkut, dan mengirimkan kargo ke pelabuhan terdekat. Terakhir, 3PL logistic memastikan semua dokumen untuk barang pesanan tersebut lolos bea cukai saat melintasi perbatasan, sampai akhirnya tiba di tangan klien internasional.

Baca juga : Pentingnya Supply Chain Management (SCM) Untuk Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Meminimalisir Resiko Kerugian
source : unsplash.com

Meminimalisir Resiko Kerugian

Mari berpikir sejenak untuk menghitung seluruh waktu yang Anda butuhkan supaya barang produksi yang telah didapatkan, dihasilkan, dikemas hingga akhirnya dikirim ke pelanggan Anda. Sepertinya akan banyak memakan waktu beberapa saat, bukan?. Sekarang mari pikirkan untuk mengambil seluruh waktu itu saat paket tiba dalam keadaan rusak, tidak tepat waktu, atau tidak sampai sama sekali.

Menemukan sebuah perusahaan 3PL yang mumpuni dan hAndal, merupakan cara yang bagus untuk mencegah kekhawatiran Anda menjadi kenyataan. Kabar baiknya perusahaan 3PL akan mengirimkan barang Anda sebagai FTL atau FCL, yang berarti barang kiriman Anda akan diangkut otomatis. Jelasnya pengangkut tidak harus sering berhenti, dan tidak perlu memindahkan barang Anda untuk memuat atau menurunkan produk dari pengirim lain. Secara keseluruhan, metode pengangkutan ini menghemat waktu, uang, dan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Laporan 3PL Logistic

Salah satu sumber daya terbaik yang hadir di industri pengiriman adalah alat tracking atau laporan jejak pengiriman. Melalui laporan inilah pengirim dapat memantau arus pengiriman barang, memastikan tidak ada gangguan dan sampai dengan selamat di tangan pelanggan mereka. Pada tahap ini pengirim dapat dikatakan mempunyai kemampuan untuk memantau 3PL logistic yang mereka pilih dan mewakili merek mereka. Di lain pihak, sebagian besar perusahaan 3PL menyediakan sistem laporan ini secara teratur untuk setiap klien mereka.

Laporan perusahaan 3PL ini biasanya berisi data mengenai kecepatan pengiriman Anda, akurasi daftar inventaris, dan akurasi pesanan. Beberapa laporan berisi banyak poin – poin penting yang berguna dalam membantu peningkatan kualitas kerja dan skala rantai pasokan. Hal ini merupakan alasan penting yang membuat Anda harus menyewa perusahaan 3PL logistic.

Fokus Pada Poin Penting

Ketika Anda menyewa perusahaan 3PL logistic, waktu yang Anda miliki dapat difokuskan pada satu hal, yaitu menumbuhkan bisnis Anda. Perusahaan 3PL hadir untuk menangani semua barang logistik untuk Anda. 3PL logistic akan memastikan bahwa pesanan Anda diambil, dikemas, dan dikirimkan hingga ke tujuan. 

Anda memiliki perusahaan untuk dikembangkan dan banyak sekali data dari 3PL logistic yang dapat Anda manfaatkan guna kemajuan bisnis Anda. Untuk menemukan inovasi bagi perusahaan, Anda memerlukan waktu beberapa saat, dan perusahaan 3PL logistic dapat membantu Anda menggunakan waktu tersebut. 

Penggunaan 3PL Logistic Dalam Berbagai Industri

Penggunaan 3PL Logistic Dalam Berbagai Industri
source : unsplash.com

Beberapa industri memiliki berbagai persyaratan rantai pasokan yang kompleks, namun 3PL logistic mempunyai langkah – langkah solutif untuk mengubah tantangan ini menjadi keunggulan kompetitif. Bagi industri perangkat medis, visibilitas dan proses pengiriman adalah prioritas utama. Untuk memenuhi beberapa persyaratan, inventaris perusahaan harus dilacak dan diawasi pada setiap langkah proses yang terverifikasi. Kondisi ini membutuhkan solusi teknologi yang dapat melacak inventaris di berbagai lokasi, serta menempatkan operator untuk memastikan perangkat dapat dilacak pada saat itu juga.

Industri retail mengalami tren pesat beberapa tahun belakangan ini. Berkat itu pelanggan berharap banyak barang tersedia secara online, juga tersedia di toko – toko terdekat. Jika para pelanggan dapat menerima hampir semua hal dari toko online kurang dari tiga hari, mengapa mereka tidak dapat menerima barang dari toko offline dalam jangka waktu yang sama. Disinilah 3PL logistic berperan untuk meningkatkan rantai pasokan supaya toko offline dapat bersaing lebih baik dengan toko online dalam waktu pengiriman dan akurasi pemenuhan barang. 

Lain halnya dengan perusahaan field services yang ekstensif, dalam lingkup internal atau sekedar penawaran  layanan kepada klien, bermitra dengan 3PL logistic akan membawa keuntungan. Perusahaan jenis field services berada pada kondisi manufaktur dan membutuhkan solusi yang inovatif. Pada perjanjiannya dengan klien, layanan field services menempatkan ekspektasi klien dalam hal yang krusial.  Oleh karena itu pengelolaan program berkelanjutan menjadi tolak ukur stAndar ekspektasi yang terpenuhi atau terlampaui.

Baca juga : Pentingnya Branding Bagi Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Untuk memenuhi ekspektasi yang tinggi ini, 3PL logistic dapat meneruskan item yang umum digunakan di pusat distribusi yang lebih kecil, sehingga menghasilkan respon biaya yang cepat dan lebih rendah. 3PL logistic juga dapat mengembangkan database dari item yang paling sering dipesan, serta memastikan inventaris yang dikelola dapat memenuhi permintaan saat ini. Memiliki item yang tepat saat teknisi servis dibutuhkan akan berkontribusi tinggi pada tingkat kepuasan pelanggan. Teknisi servis akan mengambil item pesanan dan mengantarkannya ke tempat pelanggan.

Bagaimana Cara Kerja 4PL Logistic Pada Supply Chain Management?

Penyedia logistik pihak keempat, atau 4PL logistic, berada pada tingkat supply chain management yang lebih tinggi. 4PL logistic memberikan kliennya pengawasan penuh pada supply chain mereka, mengawasi gudang, pengangkutan, pengiriman barang, serta agen yang dilibatkan. 4PL logistic juga dikenal sebagai Mitra Logistik Utama. 4PL logistic pada dasarnya mendorong perusahaan 3PL selangkah lebih maju dengan mengelola sumber daya, teknologi, infrastruktur, dan pengelolaan eksternal untuk merancang, membangun, dan menyediakan solusi bisnis supply chain management yang lebih menguntungkan.

Peran 4PL logistic membutuhkan keterlibatan yang intens antar penyedia layanan dalam memenuhi kegiatan bisnis klien mereka. 4PL logistic tidak hanya melakukan eksekusi outsourcing namun juga memantau proses logistik. Bila dilihat jangka pendeknya, perjanjian kemitraan terkait biaya dan kolaborasi dasar akan mendorong hubungan kemitraan jangka panjang dimana kualitas layanan merupakan hal utama. Pada akhirnya kerjasama ini membawa kebermanfaatan untuk kedua belah pihak.

Dalam sistem kerja perusahaan 4PL, fungsi logistik dirampingkan dan disederhanakan menggunakan teknologi untuk visibilitas yang lebih besar dan menerapkan disiplin operasional pada semua mitra dan pemasok. Perusahaan Anda dapat lebih berfokus pada kompetensi inti untuk pengembangan bisnis dan  4PL logistic akan mengelola fungsi supply chain perusahaan Anda untuk mendapatkan hasil yang optimum. Sederhananya perusahaan 4PL bertindak seperti perusahaan Anda, jika supply chain management dikelola secara internal.

Ketika perusahaan Anda akan melakukan transisi model supply chain management untuk menyebarkan atau memusatkan sistem distribusi, 4PL logistic dapat membantu Anda mengelola sistem operasi distribusi dan manajemen. Misalnya perusahaan produksi berbasis e-commerce beralih ke model yang lebih gesit untuk mendukung layanan toko online mereka. Disinilah 4PL logistic membantu mengelola penggAndaan jumlah barang yang diperlukan untuk memenuhi kuota permintaan. Perusahaan 4PL tidak menyediakan layanan muatan kargo, namun layanan dioptimalkan menggunakan kurir dan agen untuk menyokong pengiriman barang e-commerce.

Penggunaan 4PL Logistic Dalam Berbagai Industri

Penggunaan 4PL Logistic Dalam Berbagai Industri
source : unsplash.com

Prospek 4PL logistic dalam dunia industri tidak jauh berbeda dari 3PL logistic. Semakin meningkatnya penawaran, makin besar pula strategi 4PL logistic dalam menghadapi semua masalah. 

Dalam industri medis, para ahli bedah membutuhkan protesa segera setelah pasien pulih dari operasi.  Ahli bedah akan memesan beberapa ukuran produk karena mereka tidak tahu pasti mana yang akan mereka butuhkan saat menangani pasien. Untuk itulah 4PL logistic hadir, untuk mengelola persyaratan supply chain yang kompleks dan menjadwalkan pengiriman langsung  untuk memenuhi kebutuhan para dokter, serta mengurangi biaya inventaris.

Pada beberapa kasus, dokter biasanya memesan perangkat lebih dari 500 juta rupiah dalam setahun, tetapi hanya 40% yang benar-benar digunakan. Belum lagi biaya tambahan yang dikeluarkan perusahaan peralatan medis untuk mengirimkan barang-barang rumah sakit. 4PL logistic menawarkan solusi untuk mengurangi biaya inventaris sekaligus meningkatkan layanan pengiriman ke berbagai fasilitas medis. Dengan begitu supply chain management perusahaan alat kesehatan menjadi lebih unggul pada pemusatan biaya.

Untuk menangani dan memperbaiki industri lapangan, 4PL logistic mengambil alih supply chain perusahaan termasuk pergudangan, pemenuhan, transportasi dan teknologi. Proses supply chain management 4PL dimulai dengan menganalisis secara rinci penggunaan item berdasarkan basis data dan basis pelanggan yang dipasang untuk menentukan jenis item, jumlah, dan lokasi geografis agar memenuhi permintaan klien.

Industri retail dan e-commerce besar dapat memposisikan diri mereka sendiri sebagai 4PL logistic untuk mengatur seluruh supply chain. Beberapa perusahaan lain mempunyai kemampuan yang sama sehingga mereka beralih ke 4PL logistic untuk manajemen strategi.

Baca juga : Permasalahan Umum Yang Sering Terjadi Di Bisnis FMCG Dan Cara Mengatasinya

Beberapa tahun kemarin, banyak perusahaan retail menggunakan 3PL logistic untuk transportasi, gudang, dan pengangkutan. Ketika e-commerce berkembang pesat, retailer menggunakan kemampuan 3PL logistic ini ke sistem yang ada, menciptakan supply chain paralel untuk memenuhi permintaan toko online dan offline. Saat logistik e-commerce semakin maju, kemampuan 3PL logistic memiliki prospek yang berkelanjutan untuk memenuhi permintaan klien.

4PL logistic menawarkan visi baru yang strategis sehingga terbentuk supply chain baru yang lebih efisien mengelola aliran barang di semua platform. Rencana inventaris yang ditampilkan membantu retailer dalam mengalokasikan inventaris perusahaan mereka dan memenuhi permintaan klien, terlepas dari status atau lokasi inventaris.

Inventaris yang diaplikasikan dapat menangani toko fisik di berbagai lokasi dan pemenuhan kuota e-commerce. Penanganan di toko fisik mendukung pengisian inventaris di hari yang sama serta pemenuhan pesanan online dari lokasi yang sama.

Memilih Layanan 3PL logistic atau 4PL Logistic?

Memilih Layanan 3PL logistic atau 4PL Logistic?
source : unsplash.com

Memilih perusahaan 3PL atau 4PL dapat menjadi pilihan yang rumit, keputusan Anda bergantung pada kompleksnya supply chain dan tujuan jangka panjang perusahaan Anda. Perbedaan paling mencolok dari 3PL logistic dan 4PL logistic terletak pada aset mereka. Biasanya, perusahaan 4PL tidak memiliki aset transportasi atau gudang. Sebaliknya, 4PL logistic mengkoordinasikan berbagai aspek supply chain tersebut dengan berbagai vendor. Selain itu perusahaan 4PL dapat mengurus aktivitas dan pekerjaan 3PL logistic terutama untuk menangani sistem supply chain. Ditambah lagi fungsi 4PL logistic difokuskan di tingkat integrasi dan optimalisasi, sementara 3PL logistic lebih difokuskan pada sistem operasi sehari-hari. 

Sistem 3PL logistic berjalan baik ketika perusahaan memiliki strategi supply chain yang solid dan didukung oleh rencana yang jelas dan matang. Bekerja dengan 3PL logistic biasanya akan membutuhkan komitmen dan pengawasan manajemen internal yang tinggi untuk memastikan kinerja mereka memenuhi stAndar Anda. 3PL logistic yang berbasis aset menaruh fokusnya untuk memastikan asetnya digunakan sepenuhnya dengan memotong harga menjadi lebih rendah atau memilih outsourcing yang lebih baik dari penyedia outsourcing lain. Untuk perusahaan yang lebih kecil, 3PL logistic merekomendasikan skala kelangsungan, namun memakan biaya besar.

4PL logistic dengan basis non-aset, tidak pilih – pilih pemasok, fokusnya adalah menemukan kombinasi terbaik antara tarif dan layanan. Biasanya, 4PL logistic memiliki teknologi terintegrasi yang memberikan visibilitas tingkat tinggi terhadap supply chain untuk analisis taktis dan strategi. Tentu saja, sumber daya internal masih diperlukan untuk mengelola kinerja 4PL logistic, namun tingkat pengawasannya tidak lebih tinggi daripada 3PL logistic.

Target 3PL logistic berfokus pada fungsi, sedangkan 4PL logistic menargetkan pengelolaan seluruh proses. Sederhananya beberapa layanan 4PL logistic mencakup aspek layanan 3PL logistic, diantaranya:

  • Strategi logistik
  • Analisis tarif pengeluaran transportasi, pemanfaatan kapasitas sumber daya, dan kinerja operator di lapangan
  • Strategi pemasokan barang
  • Analisis dan desain jaringan
  • Konsultasi
  • Perencanaan bisnis
  • Mengubah manajemen proyek
  • Layanan kendali dan manajemen jaringan
  • Mengkoordinasikan pemasok berdasarkan geografis
  • Perencanaan dan manajemen inventaris
  • Manajemen logistik (keluar masuknya pengiriman)

Ketika bekerjasama dengan partner yang inovatif, solusi supply chain perusahaan Anda dapat dioptimalkan untuk memberi pelayanan maksimum dengan berbagai keunggulan. Bermitra dengan perusahaan logistik sukses memadukan aliran produk dan aliran informasi, dan disitulah teknologi benar-benar hadir untuk membantu management supply chain.

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Route Optimization Untuk Perusahaan Distribusi

Aplikasi SimpliDOTS untuk Kelancaran Kinerja Distributor

Jika management supply chain perusahaan Anda semakin kompleks dan terus berusaha untuk memenuhi permintaan klien, maka 3PL logistic atau 4PL logistic yang inovatif mungkin merupakan solusi terbaik untuk Anda. Ingin kinerja distribusi perusahaan semakin lancar? Sudah saatnya, Anda menerapkan teknologi modern untuk mendukung performa distributor. Yuk, daftar dan coba aplikasi SimpliDOTS GRATIS (14 Hari) klik di sini

SimpliDOTS sangat membantu monitoring dan pengelolaan distribusi barang, terutama update stok barang, serta pengawasan sales person di lapangan. Semuanya berbasis teknologi Cloud, sehingga Anda cukup membuka aplikasinya di HP untuk memudahkan monitoring tim penjualan. Info selengkapnya, follow dan like juga akun Instagram @simplidots