3 Tips Memilih Transportation Management System Terbaik Sesuai Kebutuhan Perusahaan

Tips Memilih Transportation Management System

Apakah Anda penah mengenal TMS atau biasa yang disebut dengan Transportation Management System? Jika belum, jangan khawatir karena kesempatan kali ini, SimpliDOTS akan membahas secara tuntas mengenai sistem TMS. Nah sistem ini memberikan banyak sekali nilai terutama guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses distribusi serta bisnis.

Transportation Management System memberikan banyak keuntungan terutama keuntungan yang besar bagi para pengirim atau penjual dalam proses distribusi. Namun hanya untuk perusahaan yang telah melakukan pengujian tertentu, sehingga dapat memilih solusi Transportation Management System yang tepat dan sesuai dengan profil perusahaan dan kebutuhan perusahaan.

Adapun pemilihan konsep TMS yang tepat dapat menjanjikan efisiensi dari segi biaya sampai pengiriman. Transportation Management System akan memotong biaya pengiriman dengan kalkulasi dan prioritas pengiriman mulai dari berat, volume barang yang dikiirm, efektifitas waktu, hingga bisa menghemat tenaga kerja, biaya bensin dan operasional jadi semakin hemat.

Anda perlu berhati-hati dalam menerapkan sistem TMS ini sehingga implementasi yang dilakukan bisa menjawab kendala dan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda saat ini.

Agar tidak salah saat menetukan sistem TMS apa yang cocok untuk bisnis Anda, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mulai dari kapabilitas SDM yang ada, jumlah dan besaran transportasi yang dimiliki perusahaan. Sehingga Anda bisa menentukan vendor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Nah, berikut merupakan tips untuk Anda selaku distributor atau pelaku bisnis agar bisa lebih cermat dalam memilih transportation management system yang tepat. Yuk simak atikel dibawah ini dan dapat dijadikan panduan bagi Anda:

  1. Mehamami Bisnis dari Segala Sisi Transportation Management System

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bagaimana Perusahaan Anda beroperasi dan dapat memanfaatkan Transportation Management System secara efisien. Dengan memahami bagaimana Perusahaan Anda beroperasi pada bidang logostik akan memberi Anda dasar yang kuat untuk bekerja. Sebelum Anda melakilan penelitian soal TMS tertentu yang tersedia, pastikan bagaimana sistem logistik pada perusahaan Anda berjalan.

• Berapa banyak moda transportasi yang dikirimkan oleh perusahaan saya?

Hal ini akan memperngaruhi mobilitas setiap moda transportasi yang dimiliki perusahaan Anda. Jika semakin banyak moda transportasi yang dimiliki maka Anda dipastikan membutuhkan Transportation Management System untuk mengatur operasional pengiriman secara efektif dan efisien.

• Berapa banyak pengiriman yang dilakukan setiap bulan?

Frekuensi pengiriman barang yang dilakukan akan sangat mempengaruhi kinerja operasional atau pengirim barang. Jika semakin banyak maka detail dan ketelitian untuk mengatur akan sangat dibutuhkan.

• Beroperasi dilokasi mana saja?

Jarak tempuh ari gudang pengiriman atau pabrik perusahaan hingga bisa samapi pada tujuan seperti konsumen atau toko retail akan memberikan efek yang cukup besar pada pembengkakan biaya transportasi. Hal ini perlu keahlian dalam optimisasi rute perjalanan agar lebih efektif dan hemat waktu. Tentunya jika masih dilakukan pengaturan secara manual, Transportation Management System tidak akan memberikan arti yang besar karena bisa diatasi dengan sistem yang manual dan jarak tempuh yang tidak terlalu lama. Efek baik yang diberikan Transportation Management System yakni bisa membantu dalam memonitor secara real time selama perjalanan distribusi berlangsung.

• Saat proses pengiriman pada perusahaan Anda, apakah banyak orang yang terlibat?

Jika banyak yang terlibat, pastinya akan memakan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Dengan menggunakan sistem TMS ini, Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga loh.

2.      Memahami Pasar dan fitur Transportation Management System

Setelah Anda memahami tentang fungsionalitas operasional pada perusahaan Anda, Anda bisa menghilangkan Management operasional system yang tidak sesuai.

Misalnya, ada beberapa system yang mengakui dirinya sebagai solusi TMS lengkap, tapi nyatanya mereka hanya menjadi Agregator.

Jika Anda mencari tempat untuk melakukan semua operasi logistik Anda, Anda bisa mengetahui bahwa solusi sederhana seperti Agregator tarif tidak akan berfungsi untuk perusahaan Anda.

Selain itu, mungkin Anda juga bisa menghilangkan solusi TMS lain yang mengharuskan Anda membeli semua fitur yang tersedia, bahkan yang tidak akan Anda gunakan. Dengan begitu Anda bisa mempersingkat waktu dan tenaga Anda dalam memilih.

Pada kehidupan sehari-hari, Anda mungkin bisa mengandalkan dari mulut ke mulut dan situs khusus review untuk melakukan pembelian penting. Membeli TMS seharusnya tidak berbeda. Perlu diingat bahwa untuk memeriksa review atau testimoni dari klien.

3. Memutuskan Anggaran dalam Investasi Transportation Management System

Anda perlu untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang bisa dikeluarkan oleh perusahaan sebagai investasi untuk menerapkan transportation management system.

Sebenarnrnya biaya investasi itu tergantung dari mini riset yang Anda lakukan sebelumnya dimana tingkat kerumita pada persyaratan dalam sistem merupakan aspek penting.

Penerapan TMS yang tepat berguna agar bisnis Anda berjalan dengan optimal. Dalam hal ini, saat Anda akan menentukan tingkat investasi yang akan dilakukan, maka Anda harus mengingat apa yang Anda pertaruhkan.

Karena itu jika penerapan system TMS gagal maka pengiriman akan terkendala. Hal ini mungkin bisa saja jadi pembelajaran bagi Anda dalam mengatur moda transportasi perusahaan. Tapi siapa yang ingin gagal? Tentu saja cermat dalam menentukan Transportation Management System yang tepat bisa menyelamatkan bahkan memberikan keuntungan lebih pada perusahaan Anda. Bagi para distributor, TMS merupakan sistem penting yang perlu dimiliki selain sistem distribusi yang dibangun oleh SimpliDOTS. Jika Anda penasaran dengan sistem distribusi yang dimiliki SimpliDOTS, klik disini.

Untuk itu, hal paling penting yaitu menerapkan sistem TMS dengan tepat dan juga benar untuk pertama kalinya dimana menyesuaikan dengan biaya yang bisa dikeluarkan oleh perusahaan, karena penerapan sistem ini memang tidak murah, sehingga harus dilakukan dengan tepat.

Berikut tadi tips memilih TMS agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan, jadi sebelum Anda menetukan vendor perlu untuk melakukan 3 hal diatas. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap tentang TMS Anda bisa kunjungi laman web disini.

Bagikan Artikel ini via

Postingan Terkait

Bikin Laporan Salesman Makin Satset

Dengan Aplikasi, Urusan Distributor Jadi Mudah Hingga 3X Lipat!