aplikasi-bisnis-online-terbaik-2022

20+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik Wajib Dimiliki 2022

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Untuk Mengelola Project

Untuk mengelola tugas-tugas harian atau project tertentu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengelolanya dengan baik serta bisa menghubungkan setiap departemen atau bahkan setiap anggota tim bisa terlibat.

Lewat aplikasi pengelola project atau tugas-tugas harian berbagai tugas bisa tercatat dan dalam waktu yang telah ditentukan mengingatkan para tim atau manajer perusahaan untuk menyelesaikannya.

Aplikasi-aplikasi berikut bisa Anda gunakan ke dalam bisnis untuk menjaga proyek perusahaan pada sasaran yang tepat dan dalam waktu bersamaan menyenangkan klien Anda.

  1. Trello
aplikasi-bisnis-online-terbaik-2022-project

Aplikasi trello memungkinan para tim terlibat dalam berbagai proyek yang sedang digarap menggunakan kartu-kartu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan desain antarmuka pengguna berupa kartu-kartu yang dapat disesuaikan dan mudah digunakan memungkinkan para pemilik bisnis untuk mengelola tim secara efektif karena tugas dan proyek bisa disatukan dalam antarmuka yang sama.

Trello adalah aplikasi bisnis online terbaik untuk mengelola proyek karena sangat pas digunakan untuk bisnis atau proyek yang penggunanya berjauhan seperti saat ramainya work from home.

  1. Basecamp

Aplikasi basecamp dapat menghubungkan seluruh tim perusahaan yang tersebar bahkan jika anggotanya berasal dari negara yang berbeda.

Dengan tampilan antarmuka pengguna yang lebih berwarna dan sangat fleksibel untuk digunakan lewat handphone, aplikasi ini bisa membuat baik koordinasi dari jarak jauh.

Aplikasi ini dapat memberi jaminan pada pelaku usaha kecil hingga menengah untuk mengkoordinasikan setiap proyek dari awal hingga selesai.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Bisnis Distribusi

Berkembangnya teknologi merambah banyak sektor industri termasuk juga bisnis distribusi.

Sampai saat ini telah banyak aplikasi yang dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan bisnis distribusi dengan berbagai fitur yang ditawarkannya, berikut adalah dua aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan dalam bisnis distribusi Anda.

  1. SimpliDOTS Distribution Management System
Dashboard 5 1

Distribution management system dari SimpliDOTS merupakan solusi satu untuk semua yang akan menyederhanakan seluruh proses dan aspek distribusi mulai dari accounting, stock, purchase order, supervisi sales, hingga data.

SimpliDOTS Distribution Management Software (DMS) adalah solusi terbaik distribusi barang yang modern, real time, dan berbasis teknologi Cloud. 

Ribuan klien dan distributor di seluruh Indonesia telah membuktikan kecanggihan fiturnya. Tidak butuh instalasi, memantau distribusi barang semudah sekali sentuhan jari, lewat smartphone atau desktop. 

Berikut beberapa keunggulannya: 

  • Memudahkan sales untuk taking orders lewat smartphone.
  • Menciptakan rute paling efisien dengan Route Management. 
  • Mengelola persediaan dan gudang secara rapi dan sistematis. 
  • Analisis dan dashboard yang mudah dipahami.
  • Dapat memantau posisi sales di lapangan. 
  • dan banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Distribution management system dari SimpliDOTS merupakan Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi Bisnis Distribusi.

Sederhanakan sistem distribusi Anda dengan Distribution Management System dari SimpliDOTS. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga tidak dibutuhkan instalasi.

  1. Epicor

Epicor merupakan aplikasi distribusi yang juga berbasis cloud.

Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan oleh bisnis distribusi ataupun bisnis industri secara umum karena memang dirancang untuk mempermudah proses distribusi.

Beberapa fitur unggulan yang tersedia dalam aplikasi ini adalah inventaris dan keuangan, CRM, manajemen pesanan, pengelolaan gudang dan manufaktur, serta pengaturan layanan dan pemeliharaan. 

Baca Juga: 10 Aplikasi Distribusi Dan Fitur Yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Email Online

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir banyak orang menghabiskan waktu di internet untuk berselancar di berbagai media sosial, terdapat aplikasi yang digunakan oleh banyak orang yakni aplikasi email.

Email bisa menjadi aplikasi yang dapat menghubungkan perusahaan dengan pengguna secara formal atau bahkan pribadi dengan ketentuan tertentu. Terlebih lagi sudah umum diketahui bahwa setiap akun media sosial harus dibuat menggunakan email. 

Karena kegunaannya yang banyak itu termasuk untuk urusan marketing berikut ini aplikasi email yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis.

  1. Gmail
direct-mail-marketing-promosi-marketing-atl

Sebagai aplikasi yang terhubung langsung dengan seluruh ponsel berbasis android, gmail merupakan aplikasi email terbaik yang bisa digunakan para pebisnis.

Gmail jadi pilihan pertama sebagian besar mungkin hampir menyentuh semua pebisnis karena selain jangkauannya yang sangat luas, gmail didesain sangat responsif untuk akses lewat mobile dan desktop.

Gmail merupakan Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi Email Online. Antarmuka pengguna juga selalu diperbarui untuk memastikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya. 

  1. Zoho Mail
aplikasi-bisnis-online-terbaik-2022-email

Sebagai alternatif untuk penggunaan gmail yang terlalu masif dan mungkin ada keluhan dari beberapa penggunanya, zoho mail hadir sebagai aplikasi email yang ditujukan untuk penggunaan bisnis atau urusan profesional.

Zoho Mail adalah email web bebas iklan yang menampilkan antarmuka pengguna minimalis untuk menambah kesederhanaan dan kurva belajar yang mudah.

Pada awalnya aplikasi ini diluncurkan gratis namun setelah banyak yang menggunakan zoho mail kini memberi batasan kapasitas email gratis dan memiliki tingkatan harga untuk beberapa kategori kapasitas. 

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Desain

Semua bisnis memerlukan desain entah untuk produknya maupun untuk kegiatan lain yang mungkin berhubungan dengan marketing perusahaan.

Namun, tidak semua bisnis bisa atau mampu membayar tim desain untuk kebutuhan bisnis mereka, karena itulah beberapa aplikasi desain ini hadir untuk memenuhi kebutuhan desain bisnis maupun untuk tujuan penggunaan pribadi.

  1. Canva
aplikasi-bisnis-online-terbaik-2022-desain

Aplikasi canva diluncurkan pada tahun 2013 dan kini penggunanya telah mencapai jutaan.

Canva merupakan alat yang dirancang untuk mendesain dengan misi untuk membuat setiap orang di dunia bisa mendesain apa saja yang mereka inginkan.

Aplikasi canva hadir dengan memberikan solusi paling sederhana, pragmatis, dan efektif untuk setiap masalah yang berhubungan dengan desain.

Canva bisa digunakan secara gratis dengan fitur-fitur terbatas dan untuk dapat mengakses semua fitur yang tersedia Anda diharuskan berlangganan dan jadi pengguna premium. Canva merupakan Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi desain.

  1. Be Funky

Aplikasi desain grafis yang gratis ini memungkinkan siapapun untuk bisa membuat konten visual yang berkualitas setara profesional.

Fitur utama yang disediakan Be Funky adalah tiga alat kreatif yang sederhana dan dirancang untuk pemula menyelesaikan berbagai proyek visual, yakni editor foto, kolase, serta desain grafis.

Be Funky hadir dengan moto “menyenangkan dan fungsional” untuk membuktikan bahwa Anda tidak perlu latar belakang dalam desain untuk menghasilkan konten visual yang menakjubkan.

Disediakan juga fleksibilitas kreatif untuk pengguna dengan banyak template yang sangat bagus atau bisa dengan langsung memulai lembar kerja baru. Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam desain.

  1. Pixlr

Alternatif aplikasi desain yang bisa digunakan adalah pixlr yang hadir dengan kuat dan intuitif juga gratis. Pixlr telah mencapai ratusan juta pengguna dan mungkin menjadi aplikasi editor foto online terbaik saat ini.

Sebagai pengguna Anda bisa langsung mulai membuat dan mengedit gambar Anda menggunakan fitur yang ditawarkan oleh pixlr. Dalam hitungan menit desain yang Anda buat sudah bisa langsung digunakan karena pixlr bisa diakses langsung lewat browser.

Ini adalah aplikasi terbaik untuk seseorang yang tidak terlalu memiliki banyak waktu dan uang untuk dihabiskan dengan belajar aplikasi edit foto atau desain yang rumit. 

Sama halnya seperti Canva, untuk mengakses seluruh aset dan fitur yang akan memudahkan dan membuat konten visual Anda lebih menarik dibutuhkan akun Pixlr Pro untuk mengaksesnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hanya dengan $5 per bulannya seluruh aset dan fitur yang tersedia bisa digunakan, sebuah harga yang kecil untuk sebuah aplikasi yang sangat mewah.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Pengelola Dokumen

Menumpuk berbagai arsip dan dokumen penting bagi bisnis Anda dalam sebuah lemari adalah langkah yang buruk untuk mulai melaksanakan bisnis yang terorganisir.

Sebab suatu hari tumpukan dokumen akan terus meninggi dan ketika Anda membutuhkannya akan jadi kerja lain lagi yang menghabiskan waktu dan tenaga.

Namun tenang sudah ada kabar baik untuk mengatasi permasalahan pengarsipan dokumen penting tersebut. Kini telah hadir aplikasi pengelola dokumen yang dapat dengan rapi menjaga dan menyimpannya.

Aplikasi tersebut memakai penyimpanan cloud sehingga bisa dengan mudah diakses kapanpun dan di tempat mana saja ketika Anda membutuhkan informasi itu.

  1. Dropbox

Jutaan pengguna telah menyimpan jutaan filenya dalam layanan penyimpanan cloud yang hebat, yakni Dropbox.

Dropbox memungkinkan para pemilik atau pun tim perusahaan yang ditugaskan untuk mengambil dokumen mendapatkan yang mereka cara secara instan lewat perangkat apa pun yang mereka miliki.

Dropbox tidak hanya memberikan keamanan, namun tampilan antarmuka dan akses untuk berkolaborasi dan berbagi menjadi fitur yang diunggulkan.

Berdiri pada 2007, aplikasi, ini adalah salah satu layanan penyimpanan cloud pertama yang membantu mempopulerkan penggunaan cloud untuk kolaborasi dan penyimpanan. Dropbox adalah Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi pengelola dokumen.

  1. Google Docs/Drive

Sama halnya seperti gmail yang terhubung langsung dengan hosting dari google, google drive dan docs juga memiliki jangkauan pengguna yang luas, dan yang paling penting fitur gratisnya menyediakan ruang yang cukup besar.

Hal tersebut tentu sangat memberdayakan pada pelaku bisnis kecil hingga menengah karena mereka bisa menyimpan setiap dokumen seperti file, gambar, bahkan video yang bisa diakses secara instan di kemudian hari.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Bisnis Last-Mile Delivery

  1. SimpliDOTS Delivery & Route Optimization
MRD 2

SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) adalah sistem yang dibangun untuk memudahkan dan memaksimalkan pengantaran barang.

RO merupakan software berbasis cloud (tidak membutuhkan instalasi) yang akan menjaga data dan informasi perusahaan tetap aman.

Selain itu aplikasi RO sangat mudah digunakan dan fleksibel karena dapat diakses lewat mobile maupun desktop.

Beberapa fitur yang tersedia dalam SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) merupakan fitur-fitur yang dirancang untuk mempermudah proses dan menyelesaikan segala masalah distribusi barang, di antaranya:

  • Auto calculate packing: Kalkulasi kemampuan delivery sesuai dengan volume kendaraan / armada dan jumlah pengantaran
  • Auto delivery allocation: Alokasi pengantaran secara otomatis berdasarkan ketersediaan armada, driver, lokasi/jarak, volume barang hingga prediksi kondisi lalu lintas
  • Multi-Stop Route Planner: Antar banyak barang ke banyak tujuan dengan lebih efektif dan efisien
  • Delivery Window: Ketahui waktu tiba di tujuan (ETA), jam buka toko, serta kapan kendaraan Anda tersedia
  • Live Tracking: Pantau posisi seluruh Armada serta tujuan masing-masing melalui maps.

SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) akan meningkatkan pelayanan pengantaran Anda ke tingkat yang lebih tinggi dengan membuatnya jadi lebih cepat dan hemat. SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi bisnis last-mile delivery.

Langsung coba SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) menggunakan layanan demo yang tersedia dengan klik tautan berikut ini.

  1. Onro

Onro adalah perangkat lunak pengiriman yang mengelola, melacak & meningkatkan bisnis untuk komunikasi yang lebih baik antara pengemudi, pelanggan & toko. Ini juga menyediakan fitur yang kaya seperti aplikasi white-label, aplikasi driver, aplikasi pelanggan, panel admin, aplikasi operator, dll. Mereka juga menyesuaikan fitur mereka & merancang berbagai fasilitas lain berdasarkan kebutuhan pelanggan. Rumah bisnis yang bergerak di bidang jasa pengiriman dapat mencoba onro untuk meningkatkan pendapatan mereka & mengurangi biaya.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Aplikasi Email Marketing

  1. Mailchimp

Ketika membicarakan aplikasi untuk marketing email, maka hampir semua orang akan membicarakan mailchimp diikuti feedback yang bagus.

Pasalnya aplikasi ini benar-benar membantu menyebarkan kampanye marketing lewat email dengan tampilan yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan penggunanya dan itu semua bisa didapatkan dengan gratis.

Mailchimp merupakan aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi email marketing.

  1. Campaign Monitor

Aplikasi yang dapat menjadi pilihan bisnis untuk memasarkan email lainnya adalah Campaign Monitor.

Layanan yang ditawarkan campaign monitor bisa menggapai bisnis kecil dari semua industri dengan fitur pemasaran email otomatis dengan hasil yang kuat.

Dengan campaign monitor Anda juga bisa melacak kinerja kampanye marketing yang dilakukan dengan fitur yang telah tersedia.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik: Sosial Media Marketing

  1. Whatsapp for Business

WhatsApp Business gratis untuk diunduh dan dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. 

Aplikasi ini memudahkan untuk terhubung secara pribadi dengan pelanggan Anda, menyoroti produk dan layanan Anda, dan menjawab pertanyaan mereka sepanjang pengalaman berbelanja mereka.

Dengan menggunakan whatsapp bisnis Anda bisa menggapai pelanggan Anda dan memberikan pengalaman pribadi yang unik dan intim.

  1. Facebook
FB1 1

Facebook merupakan magnet sosial media yang telah lama digunakan oleh jutaan pengguna dan layanan periklanan online yang sudah direvolusi. Aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam media sosial marketing.

Dengan layanan periklanan dan jangkauan pengguna yang sangat luas itu facebook dapat menjadi pilihan terbaik untuk melaksanakan kampanye marketing di sosial media.

Basis pengguna yang aktif dan masih bertahan dapat menjadi peluang untuk perusahaan dalam menguatkan brand awareness mereka misalnya atau juga untuk mengarahkan lalu lintas trafik ke website perusahaan.

Facebook memungkinkan Anda memfilter dan menargetkan audiens yang tepat berdasarkan kelompok usia, minat, jenis kelamin, status hubungan, pola pembelian, dan banyak lagi.

  1. Tiktok

Pada akhir tahun 2019 pengguna aktif tiktok mulai melonjak tinggi dan kini menjadikannya sebagai salah satu media sosial paling populer untuk generasi z.

Tampilan antarmuka yang simpel dan tersedianya berbagai macam konten yang dapat dikreasikan dengan jutaan lagu dan filter yang tersedia dalam aplikasi tersebut membawa tiktok menjadi salah satu media sosial yang dapat dijadikan media periklanan.

Dengan jumlah yang begitu besar, tidak diragukan lagi tiktok menjadi aplikasi yang harus dimiliki oleh pebisnis untuk memenuhi kebutuhan periklanan mereka. 

Gunakan berbagai pengaruh aktif terutama pada gen Z untuk mempromosikan penawaran bisnis Anda secara online.

  1. Instagram

Instagram merupakan media sosial terbaik yang dapat menghasilkan banyak pelanggan jika Anda secara aktif menggunakan dan mengembangkannya dengan konten-konten yang menarik.

Ketika Anda baru akan memulai bisnis dan ingin mempromosikannya, instagram pasti akan sangat membantu. Setelah diakuisisi oleh facebook kini instagram menyediakan layanan periklanan yang luar biasa bagi penggunanya.

Dengan itu, Anda mendapatkan akses mudah ke basis pengguna yang luas dan siap digunakan. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil dan berbagi foto, video, dan konten pemasaran unik tentang produk dan layanan Anda.

Selain itu juga menyediakan platform yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda di situs web Anda tanpa menghabiskan banyak anggaran iklan Anda. Instagram pasti merupakan platform pemasaran yang dapat diinvestasikan untuk mengembangkan bisnis.

Instagram merupakan aplikasi Bisnis Online Terbaik dalam kategori Aplikasi sosial media marketing.

  1. Twitter 

Twitter dikenal karena menyediakan tempat yang sangat menarik bagi pemasar potensial dan bisnis yang sedang berkembang. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi konten promosi dan memposting pesan teks singkat di profil Anda.

Anda juga dapat menggunakannya untuk menemukan tagar serupa yang digunakan pesaing Anda untuk meningkatkan kehadiran online mereka. Ini juga membantu Anda menemukan apa yang dicari oleh pelanggan tertarget Anda.

Ini adalah salah satu aplikasi media sosial terbaik untuk memposting konten hiburan, berita, pembaruan olahraga, dan banyak lagi. 

Gunakan situs media sosial yang luar biasa ini untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan jumlah pendapatan bisnis Anda.

Sukseskan Bisnis Dengan Memilih Aplikasi yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda

Seperti telah disebutkan dalam artikel 20 aplikasi bisnis online terbaik yang Wajib Dimiliki 2022, memilih aplikasi yang menyediakan fitur yang paling tepat untuk bisnis Anda adalah hal yang paling penting.

Dan untuk meningkatkan layanan pengiriman Anda terutama pada bisnis last-mile delivery sekali lagi kami sangat merekomendasikan SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) sebagai aplikasi yang pasti sangat membantu menyelesaikan permasalahan distribusi barang Anda.

Langsung saja buktikan sendiri fitur-fitur unggulan yang disediakan RO dengan klik tautan ini untuk mencoba demo gratis dari SimpliDOTS.

Jangan lupa untuk follow instagram kami @simplidots untuk informasi terupdate setiap harinya.