6 small business bookkeeping tips 1024x535 1

Pembukuan Praktis dan Akurat, Coba 15 Aplikasi Akuntansi Berikut!

Dalam pengelolaan bisnis, biasanya terdapat beberapa hambatan yang harus diselesaikan diantaranya adalah masalah modal, sumber daya manusia, masalah produksi serta masalah keuangan seperti halnya arus kas. Bagian pengelolaan keuangan merupakan salah satu bagian yang cukup sentral dalam sebuah usaha, entah itu usaha dalam skala kecil, menengah hingga besar. Perlu adanya perhitungan dan ketelitian yang cermat agar sebuah usaha tetap seimbang. 

Dalam dunia bisnis saat ini, semua serba dipermudah dengan hadirnya teknologi. Ya, salah satunya adalah bagian pengelolaan keuangan. Hadirnya aplikasi akuntansi membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, aplikasi akuntansi juga memiliki berbagai fasilitas yang memang diperuntukan untuk pengelolaan uang. Jadi selain bersifat praktis, aplikasi akuntansi juga memiliki hitungan yang cermat dan biasanya sudah terintegrasi secara online maupun offline. Hal ini, juga akan menghemat tempat penyimpanan, mempermudah penelusuran hingga terdapat back up data, jika sewaktu-waktu data utama hilang. 

Dari berbagai aplikasi akuntansi yang tersebar saat ini, tentunya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk itu perlu anda ketahui aplikasi apa yang cocok untuk usaha anda. Dan berikut kami rangkum beberapa aplikasi akuntansi terbaik yang bisa anda coba.

1. Aplikasi Akuntansi Jurnal.id

Jual Info terbaru Jurnal by Mekari bergaransi Ralali.com Harga Grosir 2021 | Ralali.com

Aplikasi akuntansi memang menjadi bagian yang cukup penting dalam pengelolaan keuangan sebuah bisnis. Salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan adalah Jurnal.id. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sangat memudahkan pengelolaan uang. 

Jurnal.id menyediakan sistem penagihan otomatis yang real time dan tersistem. Jadi, kita bisa mengatur kapan waktu penagihan tanpa harus mengingat-ingatnya setiap waktu. Jurnal.id juga menyediakan fitur pembuatan invoice yang dilengkapi dengan informasi yang lengkap yang berkaitan dengan status pembayaran termasuk laporan real time jika tagihan yang sudah jatuh tempo. 

Selain fitur diatas, tentunya Jurnal.id juga dilengkapi fitur wajib untuk pengelolaan keuangan seperti halnya kontrol kas, penawaran, kontrol persediaan yang bisa dilakukan secara real time. Aplikasi ini berjalan semi-otomatis dalam mengelola performa bisnis anda termasuk dalam pengelolaan invoice, inventori, hingga pengelolaan purchasing secara rinci. 

Fitur lain yang disematkan pada aplikasi ini, di antaranya adalah laporan neraca, aset tetap otomatis, stok dan inventori multicabang. Fitur lainnya yang bisa didapatkan: 

  • Pencatatan otomatis & pengelolaan keuangan bisnis lebih praktis.
  • Aplikasi tambahan yang bisa diintegrasikan untuk meningkatkan efisiensi bisnis.
  • Laporan keuangan & bisnis untuk memantau performa bisnis dengan data real time, cepat & akurat.
  • Produk & inventory yang bisa mengelola inventaris barang & gudang dengan lebih optimal.
  • Proses akuntansi otomatis yang minim risiko human error.
  • Atur dan pantau biaya dan anggaran operasional lewat fitur mudah & terintegrasi.
  • Pengelolaan kas & transaksi lebih mudah, terlacak, dan akurat.
  • Buat & kelola pajak secara langsung, cukup sekali klik.
  • Buat & kelola invoice otomatis yang terintegrasi ke dalam laporan.
  • Bisnis tetap terpantau, akses kapan saja & dimana saja dengan aplikasi berbasis mobile. 

Aplikasi Jurnal.id, bisa Anda akses dari mana saja dan kapan saja, sebab berbasis teknologi Cloud. Anda tinggal login dari laptop, tablet atau dari handphone untuk melihat laporan bisnis secara cepat dan real-time. Dan, data Anda akan aman karena tersimpan di cloud yang bisa dibuka multiplatform.

2. Zahir Accounting

Tentang Zahir - Software Akuntansi Terbaik Zahir Accounting

Aplikasi akuntansi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer. Ya, Zahir Accounting merupakan aplikasi akunting yang cukup berpengalaman, dimana aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1997. Hampir sama seperti Kledo, Zahir Accounting juga merupakan aplikasi akuntansi yang dapat dikelola secara online. Sehingga anda bisa membukanya di mana saja. Terdapat juga paket Zahir Small Business yang cocok untuk digunakan  UMKM ataupun para pengusaha dengan lingkup kecil. 

Zahir Accounting memiliki tampilan yang mudah digunakan serta memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari pengelolaan persediaan barang, pembuatan laporan pembelian, pembuatan laporan penjualan barang, pembuatan laporan pembukuan seperti tabungan dan laporan kas, pengelolaan hutang piutang dan masih banyak lagi. Untuk dapat menggunakan aplikasi akuntansi Zahir Accounting, anda harus membayar terlebih dahulu. Dan ketika membuka aplikasi akunting ini , pastikan laptop anda terkoneksi dengan internet.

Baca Juga! : Mengenal Siklus Keuangan Dalam Sistem Informasi Akuntansi Distributor

3. Quick Books Online

QuickBooks® Online | Offical Site | Compare Plans

QuickBooks Online merupakan salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Aplikasi akuntansi ini dirilis oleh perusahaan Intuit inc yang pertama kali meluncur pada tahun 1996. Saat ini Intuit inc sudah merilis berbagai produk pengembangan lainya seperti TurboTax, QuickBase, Quicken dan masih banyak lagi. 

QuickBooks Online juga merupakan aplikasi akuntansi yang berbasis online, sehingga anda perlu koneksi internet untuk membukanya. Aplikasi akuntansi ini juga multiplatform yang bisa anda buka melalui PC/laptop, tablet, dan smartphone. QuickBooks online memiliki fitur yang memang sangat dibutuhkan untuk pengelolaan keuangan seperti halnya untuk pembuatan dan pengelolaan laporan pembelian, laporan penjualan, laporan inventory, laporan laba rugi, laporan hutang piutang, dan neraca. Salah satu keunggulan dari aplikasi akuntansi ini adalah aplikasi ini dapat mengelompokkan transaksi berdasarkan lokasi dan project. Pengelompokan ini akan sangat mempermudah anda dalam hal pembuatan dan penelusuran laporan keuangan anda. 

4. Omega Soft

omegasoft identity

Aplikasi akuntansi ini memiliki tampilan yang simple sehingga sangat mudah digunakan. Omega Soft menyediakan berbagai fitur pengelolaan standar yang lengkap sehingga sangat cocok digunakan untuk UMKM, pengusaha kecil maupun menengah. Omega juga  merupakan aplikasi akuntansi yang berbasis online dimana aplikasi ini menggunakan cloud computing 1.0 yang diklaim sebagai salah satu cloud computing generasi terbaru yang lebih aman dan privat.

Dengan menggunakan Omegasoft yang didukung dengan layanan cloud computing yang canggih, anda bisa mengintegrasikan database cabang usaha anda yang ada di berbagai wilayah asalkan terhubung dengan internet. 

5. Key Software 

Software ERP Terbaik Indonesia | Kelola Bisnis Anda Dengan Program ERP

Key Software juga merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang cukup populer dan banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti halnya perusahaan Jasa retail, distribusi, perusahaan trading, Ekspor Impor, Forwarder hingga perusahaan manufaktur. Aplikasi akuntansi ini memiliki fitur yang sangat lengkap serta sangat mudah digunakan. Dimana key Software memiliki aplikasi dengan versi ERP yang tidak seperti kebanyakan aplikasi ERP lainya yang rumit, Key software ERP sangatlah mudah untuk dikelola dan diimplementasikan untuk mengatur keuangan perusahaan anda. 

Key Software ERP merupakan sebuah perusahaan yang berada di Jakarta, dan untuk versi ERP nya juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Aplikasi akuntansi ini cocok digunakan untuk perusahaan besar diana banyak divisi yang dilibatkan seperti finance, akunting, purchasing, gudang, marketing, produksi, logistik dan divisi lainnya. Key Software ERP merupakan aplikasi akuntansi yang memberikan kemudahan, efisiensi dan efektifitas dalam hal tracking, control dan analisa untuk pengelolaan usaha anda.

6. Sleekr

sleekr shades rgb 1

Aplikasi Akuntansi ini dulunya bernama kiper, yang kemudian berganti nama menjadi sleekr karena diakuisisi oleh perusahaan sleekr. Sleekr memiliki fitur yang sangat lengkap untuk pengelolaan keuangan. Aplikasi akuntansi ini juga berbasis online dimana sleekr akan memberikan anda kemudahan dalam pengelolan, kontrol keuangan serta akses yang bebas dari mana saja, karena aplikasi ini berbasis online. Anda dapat dengan mudah membuat invoice tagihan, pembayaran hingga return barang.  Selain itu, bagi anda yang bergerak di bidang ekspor impor, aplikasi ini sangat cocok untuk anda gunakan, karena menyediakan transaksi dengan nominal mata uang yang berbeda dan mata uang akan dikonversi secara otomatis yang disesuaikan secara real time.

7. SQL Ledger

sql

Merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang dapat anda peroleh secara cuma-Cuma. Ya, SQL Ledger dapat digunakan secara gratis tanpa harus membayar. Aplikasi akuntansi ini berbasis web dengan sistem ERP, sehingga anda dapat dengan mudah memantau laporan keuangan anda dari mana saja. Meskipun gratis, SQL Ledger memiliki fitur yang juga tak kalah lengkap, seperti halnya kontrol inventori, pembuatan purchase order, packing list, point of sales, cek printing, serta multi user dan multi location. Aplikasi akuntansi versi gratis ini sangat cocok bagi anda yang memiliki usaha kecil dan menengah seperti halnya toko ataupun perusahaan yang tidak membutuhkan pengelolaan akuntansi yang kompleks.

Meskipun menyediakan aplikasi yang gratis, SQL Ledger juga memiliki aplikasi berbayar yang tentunya memiliki banyak keunggulan dan fitur tambahan dibandingkan versi gratisnya. Anda akan mendapatkan fitur label printing, invoice consolidation , fitur barcode dan banyak fitur premium yang bisa anda gunakan untuk pengelolaan usaha anda.

8. Jurnal

jurnal

Jurnal juga merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang cukup populer di Indonesia. Ya, selain memiliki fitur yang lengkap, Jurnal juga mudah digunakan karena memiliki tampilan yang user friendly. Fitur Jurnal meliputi laporan stok gudang, anggaran belanja, laporan keuangan, invoicing serta juga ditambahkan berbagai fitur purna jual yang sangat berguna bagi perusahaan . Jurnal dijual dengan harga yang cukup murah, sehingga cocok bagi pengusaha UMKM maupun UKM.

9. GNU Cash

tcashmain2 1

GNU Cash merupakan aplikasi akuntansi dengan tampilan oldschool dengan tampilan yang cukup lengkap. GNU Cash sebenarnya didesain untuk usaha kecil dan menengah seperti halnya UMKM dan UKM. Aplikasi akuntansi ini dibangun dengan mengutamakan prinsip akuntansi professional sehingga laporan keuangan yang dihasilkan semakin akurat. GNU Cash merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang bisa didapatkan secara gratis, namun fitur yang disematkan tidak kalah dengan berbagai aplikasi akuntansi premium. 

Berbagai fitur yang ada di GNU Cash yaitu akun pembayaran, akun investasi, tax table, akun kredit dan pinjaman, akun invoice, depresiasi nilai, receivables, pelacakan pendapatan, pelacakan rekening bank, beban hingga saham. Selain itu juga terdapat fitur double entry accounting yang dapat mendeteksi kesalahan serta memudahkan dalam penemuan sumber permasalahanya. Anda juga dapat menambahkan variabel yang belum ada pada aplikasi akuntansi ini seperti halnya fitur payroll dan fitur pajak. 

10. Turbo Cash

tcashmain2 1

Turbo Cash memiliki tampilan yang user friendly sehingga sangat memudahkan akuntan untuk mengolah data mereka. Turbo Cash juga merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang bisa didapat secara gratis. Fitur yang disediakan aplikasi ini juga terbilang sangat lengkap seperti halnya multi user, access controls, invoicing, point of sale, inventory, report, analysis, stock pricing, quotes, barcodes, batch operation, trial balance, dan VAT Accounting yang bahkan dengan berbagai fitur diatas, Turbo Cash mampu menandingi aplikasi premium seperti halnya Saga dan Quickbook pro.

11. SAP

SAP Logo

SAP merupakan salah satu aplikasi yang sudah cukup populer di Indonesia. Merupakan aplikasi akuntansi ERP yang disematkan berbagai fitur lengkap yang sangat berguna dalam pengelolaan bisnis anda. Aplikasi buatan jerman ini terbukti sangat tangguh dan mampu menjalankan berbagai fitur bisnis dengan sangat baik. SAP juga sudah digunakan oleh banyak perusahaan multinasional di Indonesia. Fitur-fitur yang dimiliki SAP diantaranya adalah sistem CRM, Akuntansi, HR, yang diintegrasikan sehingga anda dengan sangat mudah mampu untuk menganalisa bisnis anda dengan tepat.

SAP bekerja menggunakan teknologi cloud computing yang bisa diakses dimana saja, tanpa perlu takut kehilangan data. Karena backup data bisa dilakukan harian. Selain itu, SAP juga memiliki sistem keamanan yang sangat baik serta memiliki support sistem yang juga professional.

12. Accurate

Accurate Logo

Aplikasi accurate merupakan salah satu aplikasi yang ditujukkan untuk usaha kecil dan menengah UKM dan juga UMKM. Aplikasi akuntansi ini akan sangat membantu anda dalam pengelolaan keuangan bisnis anda. Accurate memiliki fitur yang cukup lengkap, dan salah satu fitur yang sangat membantu dalam pengelolaan keuangan anda adalah penghitungan pajak secara otomatis. 

Accurate juga dapat digunakan di berbagai perangkat seperti komputer, smartphone dan juga pada browser. Selain itu, Accurate juga memiliki sistem keamanan yang sangat baik dengan teknologi enkripsi yang aman.

13. Hashmicro

images

Aplikasi akuntansi Hashmicro memiliki tampilan yang simple dan mudah dipahami. Hashmicro sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ERP yang berpengalaman. Memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari untuk pengelolaan perpajakan hingga pengelolaan stok gudang.  Dengan adanya fitur yang lengkap, aplikasi ini akan sangat membantu pekerjaan staff akuntansi agar lebih cepat dan tepat dalam hal menghasilkan laporan keuangan. Aplikasi Akuntansi ini juga mendukung berbagai macam mata uang yang ada di dunia.

14. Bee Accounting

bee

Merupakan aplikasi akuntansi buatan anak Indonesia yang handal serta sangat pas dengan bisnis serta perpajakan di Indonesia. Bee accounting menyediakan dua versi aplikasi yaitu cloud dan desktop dimana anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam situs resminya Bee cloud merupakan website yang berbasis online yang menggunakan web base dan sistem mobile dashboard approval. Jadi, anda bisa mengakses Bee Accounting dari  berbagai platform dan dari mana saja karena bee accounting support dibuka di android, ipad, maupun melalui komputer.

Bee accounting memiliki berbagai unggulan seperti halnya analisa yang akurat, mudah diakses dari mana saja, praktis, aman, memiliki desain laporan, form dan nota yang dapat dibuat sesuai dengan keinginan, hak akses karyawan, reminder tagihan hingga giro, laporan yang tertata, multi currency untuk perusahan jual beli yang menggunakan valuta asing, dan portable

15. Abipro

download 1

Abipro merupakan pengembang aplikasi akuntansi yang sudah berdiri sejak tahun 1985. Dimana aplikasi akuntansi ini dikembangkan oleh sarjana yang ahli dalam bidang komputer dan akuntansi yang sudah berpengalaman sehingga aplikasi yang dihasilkan tentunya sudah melalui proses penelitian yang matang. Abipro memiliki fitur yang sangat lengkap dimana setiap proses dapat diintegrasikan mulai dari transaksi awal hingga laporan keuangan. Fitur-fitur lainya yaitu pengelolaan buku besar, pembelian, penjualan, inventori, hutang piutang dan stok barang.

 

Menambah kenyamanan dan kemudahan bisnis Anda, kini SimpliDOTS bersinergi dengan aplikasi akuntansi, Jurnal.id yang bisa memproses pembukuan dan laporan keuangan secara cepat, akurat, dan sistematis. 

Cukup integrasikan aplikasi distributor, SimpliDOTS dengan aplikasi akuntansi, Jurnal.id, dan Anda bisa mengelola bisnis semudah beberapa klik saja. Baca artikel Panduan Integrasi SimpliDOTS SFA dan Jurnal.id berikut atau artikel Cara Integrasi SimpliDOTS dan Jurnal.id