10 Aplikasi Sales Lapangan

10 Aplikasi Sales Lapangan

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan terutama pada urusan bisnis. Bagi sebuah perusahaan distributor, baik yang bergerak pada bidang manufaktur, FMCG, Farmasi, maupun perusahaan distributor lainnya sangat perlu untuk melakukan monitoring. 

Hal ini penting untuk meningkatkan produktivitas tim sales lapangan dan mempermudah proses penjualan secara optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan dalam manajemen SDM dan kinerja sales lapangan adalah teknologi aplikasi sales lapangan. 

Umumnya, sales lapangan tidak bisa selalu muncul di kantor karena lebih sering bekerja langsung menjumpai pelanggan atau terjun langsung menangani penjualan di pasar. Namun, dengan aplikasi sales lapangan, koordinasi dan komunikasi antara staf di kantor dan sales lapangan bisa terjalin dengan baik. Aplikasi sales lapangan memungkinkan admin di kantor dan sales lapangan tetap mengelola penjualan dalam satu platform real time berbasis Cloud. Jadi, bisa diakses kapan saja dan di mana saja. 

Apa itu Aplikasi Sales Lapangan?

definisi aplikasi sales lapangan
sumber : freepik

Aplikasi sales lapangan adalah aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah manajer sales untuk melakukan monitoring dan melacak kinerja sales lapangan sehingga dapat memastikan bahwa pekerjaan sales berjalan dengan baik. 

Mengingat pentingnya tugas sales lapangan untuk melakukan pemasaran dan penjualan secara langsung, maka meningkatkan produktivitasnya adalah hal yang perlu dilakukan. Oleh karena itu, aplikasi sales lapangan hadir untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang biasanya dihadapi seorang manajer sales dengan tim sales lapangan mereka. 

Dengan adanya aplikasi sales lapangan, manajer sales akan lebih mudah dalam melakukan monitoring dan mengetahui kondisi sales di lapangan, mengelola calon prospek, dan mengukur KPI (Key Performance Indicator) salesman

Selain itu, melalui aplikasi ini, tim sales lapangan juga akan dipermudah dalam hal komunikasi, fleksibilitas, dan otomatisasi sehingga proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan secara mudah dan diharapkan dapat mencapai kesuksesan penjualan.

Fitur-fitur Penting Aplikasi Sales Lapangan

aplikasi sales lapangan fitur fitur penting
sumber : freepik

Berikut fitur-fitur penting yang ada di aplikasi sales lapangan untuk mempermudah tim sales dalam melakukan monitoring dan mengukur kinerja sales lapangan.

1. Akses Mobile

Aplikasi sales lapangan yang baik memiliki fitur akses mobile sehingga dapat mempermudah sales lapangan dalam melakukan pekerjaannya. Dengan adanya fitur akses mobile maka sales lapangan akan lebih mudah dalam absensi, mengelola data pelanggan, serta sinkronisasi dan otomatisasi tanpa perlu memasukkan data secara manual. 

Seperti kita ketahui, sales lapangan memiliki banyak tugas yang harus dilakukan terutama melakukan meeting bersama klien di lokasi-lokasi yang berbeda. Dengan adanya akses mobile maka pekerjaan sales lapangan akan lebih efektif dan tetap produktif meskipun berada di luar kantor.

2. Manajemen Calon Pelanggan

Fitur aplikasi sales lapangan selanjutnya adalah fitur manajemen calon pelanggan. Melakukan manajemen calon pelanggan yang baik sangat diperlukan agar proses penjualan bisa sukses dan optimal. Fitur manajemen calon pelanggan akan membantu tim sales lapangan dalam mengelola calon prospek dari awal sampai dengan akhir. 

Aplikasi sales lapangan yang baik akan memungkinkan perusahaan dapat menganalisis asal calon prospek sehingga dapat mengoptimalkan penjualan melalui sumber prospek terbesar. Dengan adanya fitur manajemen calon pelanggan, maka akan membantu dan mempermudah tim sales lapangan dalam proses follow-up, mengatur jadwal, dan memantau deals yang sedang berlangsung.

3. GPS Tracking

Salah satu fitur terpenting yang paling banyak dicari pengguna aplikasi sales lapangan adalah fitur GPS tracking. Hal ini karena dengan adanya fitur GPS tracking maka admin, manajer sales, maupun perusahaan dapat melakukan monitoring dan memantau kinerja sales lapangan secara jarak jauh. 

Hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas sales lapangan dan tim sales dalam melakukan proses pemasaran dan penjualan. Dengan adanya fitur GPS tracking maka lokasi sales lapangan akan jelas dan mudah diketahui hanya melalui aplikasi.

4. Pelacakan KPI Salesman

KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator yang digunakan perusahaan untuk mengukur kinerja setiap tenaga sales ataupun tim sales dalam menghasilkan pendapatan untuk perusahaan. 

Aplikasi sales lapangan yang baik akan memiliki fitur KPI salesman sehingga perusahaan terutama manajer sales dapat mengetahui kinerja sales lapangannya dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk memperbaiki proses pemasaran dan penjualan.

Baca juga : Sales Motoris, Kanvasing Dan Taking Order, Ini Perbedaannya

10 Aplikasi Sales Lapangan

Aplikasi sales lapangan sangat diperlukan untuk melakukan monitoring terhadap kinerja sales di lapangan. Manajer sales akan sangat dipermudah dengan hadirnya aplikasi sales lapangan yang bisa melacak seluruh aktivitas karyawan atau sales lapangannya. 

Berikut 10 Aplikasi sales lapangan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan monitoring dan melacak penjualan.

1. Aplikasi Sales Tracker Creatio

10 Aplikasi Sales Lapangan
sumber : creatio

Aplikasi sales tracker merupakan salah satu aplikasi sales lapangan yang akan mempermudah Anda sebagai manajer sales dalam melakukan monitoring. Dengan adanya aplikasi ini, manajer sales akan dapat memantau lokasi real time tim sales lapangan Anda dimanapun mereka berada. Bahkan ketika sales sedang berhenti di toko mana pun Anda bisa memantau dan mengetahui lokasinya dengan jelas melalui aplikasi. Aplikasi ini memiliki dua role, yakni admin dan sales. Fitur untuk admin sendiri dapat digunakan untuk memantau kegiatan sales dan mendaftarkan sales baru untuk bergabung dalam tim.

Selain itu, melalui aplikasi Sales Tracker tim sales lapangan juga akan dipermudah karena aplikasi ini memuat fitur laporan kunjungan yang dapat dilakukan saat sales berada di lokasi. Dengan adanya fitur ini sales tidak perlu menunggu untuk memberikan laporan kunjungan setelah mengunjungi beberapa toko. 

Aplikasi ini juga didesain secara sempurna dengan tampilan yang menarik. Aplikasi Sales Tracker didukung teknologi GPS yang mumpun sehingga sales lapangan bisa menggunakan fitur switch untuk mengaktifkan lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan real time tracking.

2. Aplikasi CRM Barantum

barantum sales lapangan
sumber : barantum

Aplikasi CRM yang dibuat oleh Barantum.com ini juga menjadi salah satu aplikasi sales lapangan yang akan membantu tim sales dalam melakukan aktivitas dan tugasnya. Aplikasi CRM ini telah digunakan oleh ratusan perusahaan di Indonesia. Aplikasi CRM merupakan Aplikasi yang bisa memudahkan manajer sales untuk melakukan monitoring sales lapangan yang bekerja secara jarak jauh dari kantor. 

Aplikasi ini memiliki fitur pelacakan sales yang akan memudahkan manajer sales untuk melakukan monitoring dan mengecek keberadaan sales di lapangan. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan untuk manajemen pelanggan, monitoring aktivitas penjualan, hingga berbagi dokumen kepada sesama anggota tim. Hal ini membuat pekerjaan Anda dan tim sales lapangan dapat terlaksana dengan baik.

3. Aplikasi MySales

aplikasi sales mysales
sumber : apkcombo

Aplikasi sales lapangan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memantau aktivitas sales dari jarak jauh adalah aplikasi MySales. Aplikasi ini memuat fitur-fitur yang akan memudahkan penggunanya, baik seorang manajer sales maupun tim sales lapangan. Sebagai sebuah tim yang bergerak dalam bidang penjualan dan pemasaran, komunikasi yang baik perlu dijalin agar proses penjualan berjalan dengan maksimal. 

Melalui aplikasi MySales seorang manajer sales atau admin dapat memantau dan melacak keberadaan lokasi sales. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti pengecekan daftar kunjungan sales secara realtime, pengecekan sales order, pengecekan stok barang dan taking order, serta point of interest.

4. Aplikasi JojoTimes

aplikasi sales lapangan jojo
sumber : appstore

Aplikasi JojoTimes merupakan sebuah aplikasi sales lapangan yang berfungsi untuk mempermudah  kegiatan monitoring perusahaan terhadap kinerja sales lapangannya. Melalui aplikasi ini, Anda dapat memasukkan data-data karyawan sales lapangan secara lengkap dan jelas. 

Aplikasi JojoTimes akan membantu Anda dalam memantau dan melacak lokasi sales secara jelas dan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat mengetahui daftar kehadiran sales di kantor tanpa dilakukan dari kantor sendiri. Bahkan aplikasi ini bisa mengetahui apakah laporan kehadiran tersebut palsu atau tidak. 

Melalui aplikasi JojoTimes Anda juga bisa mengetahui kinerja sales lapangan dengan adanya laporan pencapaian sales yang tercatat secara rapi dan otomatis di aplikasi. Adapun, fitur-fitur canggih dan menarik yang terdapat di aplikasi JojoTimes, antara lain seperti Check In and Check Out Monitoring, Integrated Attendance System, Schedules and Job Shifts, Fake ID Detection, Fingerprint Feature, dan lain sebagainya.

5. Aplikasi BOSS

boss 10 Aplikasi Sales Lapangan
sumber : bosspintar

Aplikasi sales lapangan selanjutnya adalah aplikasi BOSS. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sales lapangan lainnya, aplikasi BOSS juga akan membantu Anda dalam melakukan monitoring sales di lapangan dan manajemen sumber daya manusia perusahaan. Melalui aplikasi ini Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tim sales saat sedang bekerja di lapangan. Hal ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang akan memudahkan Anda untuk melakukan kontak dengan tim sales secara jarak jauh. 

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur absensi mobile sehingga sales dapat melakukan absensi dengan lebih mudah dan praktis melalui aplikasi. Dengan adanya fitur ini, sales dapat dengan mudah melakukan check-in saat datang dan check-out saat waktunya pulang. Aplikasi BOSS juga menggunakan teknologi GPS sehingga cocok digunakan untuk melakukan monitoring sales yang sedang bekerja secara jarak jauh di lapangan.

6. Aplikasi Sales Tracking

young adult friendly confidence asian woman with headsets working call center with social distance table as new normal practice call center telemarketing sale concept 63253 8407
sumber : freepik

Aplikasi Sales Tracking merupakan salah satu aplikasi sales lapangan yang bisa Anda gunakan untuk memonitori aktivitas sales secara jarak jauh. Melalui aplikasi Sales Tracking Anda bisa mengetahui dan memantau kinerja sales lapangan Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur real time yang bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa sales Anda telah bekerja dengan benar dan telah memenuhi kunjungannya. 

Melalui fitur realtime ini seorang manajer sales, admin, maupun pimpinan perusahaan dapat mengetahui lokasi mana saja yang telah dikunjungi sales lapangan dan memastikan bahwa sales telah mengunjungi berbagai lokasi yang harus dikunjungi. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kontak secara mudah dengan memberikan pesan kepada sales melalui aplikasi Sales Tracking. Fitur menarik lainnya yang terdapat di aplikasi Sales Tracking adalah pengecekan sales order. Dengan adanya fitur pengecekan sales order, pihak perusahaan dapat menindaklanjuti pesanan tanpa perlu menunggu kedatangan sales lapangan dari lokasi kunjungan. Hal ini akan membuat proses pelayanan perusahaan kepada pelanggan menjadi lebih cepat dan semakin memuaskan.

7. Aplikasi Blink

Aplikasi Sales Lapangan Blynk
sumber : nyebarilmu

Aplikasi Blink adalah salah satu aplikasi sales lapangan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan monitoring pekerjaan sales secara jarak jauh atau remote working. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk melakukan manajemen sales atau karyawan secara jarak jauh. Melalui fitur yang terdapat di aplikasi Blink, sales yang sedang bekerja secara remote dapat tetap terhubung dengan staf kantor. 

Hal ini akan membuat komunikasi dapat berjalan dengan baik. Baik pihak kantor maupun sales dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diperlukan dengan menggunakan alat kolaboratif yang tersedia di aplikasi ini, fitur chat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, berbagi dokumen, dan masih banyak lagi. 

Dengan demikian, antara sales lapangan dan staf kantor akan tetap terhubung dan bisa  mewujudkan manajemen tim yang baik dan mudah meskipun dari jarak jauh.

8. Aplikasi Insightly

10 Aplikasi Sales Lapangan
sumber : insightly

Aplikasi sales lapangan yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah aplikasi Insightly. Aplikasi Insightly merupakan salah satu aplikasi sales lapangan yang dapat memudahkan tim pemasaran dan penjualan Anda untuk melakukan manajemen pelanggan. Melalui fitur yang terdapat di aplikasi Insightly, sales dapat dengan mudah mengelola data pelanggan saat ini maupun data calon pelanggan di suatu tempat tertentu. 

Hal ini tentunya akan mempermudah sales sehingga produktivitasnya dapat optimal. Dengan adanya aplikasi ini, manajer sales dapat dengan mudah melakukan monitoring terhadap kinerja sales di lapangan. Melalui aplikasi ini, sales atau tim penjualan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan manajer atau supervisor.

9. Aplikasi Pakaryo.id

10 Aplikasi Sales Lapangan
sumber : appadvice

Aplikasi sales lapangan lainnya adalah aplikasi Pakaryo.id. Aplikasi Pakaryo.id merupakan salah satu aplikasi sales lapangan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan monitoring sales lapangan dengan mobilitas yang tinggi. Aplikasi Pakaryo.id adalah aplikasi untuk sales dan manajemen penugasan sales lapangan berbasis lokasi. Melalui aplikasi Pakaryo.id, Anda dapat membangun komunikasi dua arah yang baik antara manajer dan tim sales lapangan. 

Aplikasi ini tersedia untuk manajer sales atau supervisor dan juga aplikasi khusus untuk tim sales lapangan. Hal ini akan memungkinkan manajer sales dapat memantau dan mengetahui hasil aktivitas sales di lapangan beserta analisis hariannya. 

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kesempatan kepada tim sales penjualan untuk saling bertukar informasi. Aplikasi Pakaryo.id dilengkapi dengan fitur alat pelaporan yang tepat dengan sistem CRM yang sederhana sehingga memudahkan Anda untuk memantau kinerja, melacak, dan mengukur keberhasilan tim sales lapangan Anda.

10. Aplikasi SimpliDOTS

simplidots aplikasi sales lapangan

Nah, aplikasi sales lapangan yang paling direkomendasikan bagi Anda yang bergerak di bidang distribusi dan retail adalah SimpliDOTS. Aplikasi SimpliDOTS adalah software terintegrasi antara Distributor Management System, Monitoring, serta New Retail dalam satu sistem. 

Dikembangan untuk membantu kegiatan distribusi barang lebih modern, sistematis, dan semudah beberapa kali sentuhan jari. Layanan SimpliDOTS dapat mendukung koordinasi berbagai unit kerja. Seperti tim admin di kantor dengan sales lapangan atau petugas lapangan. 

Melalui SimpliDOTS Monitoring, manajer sales dapat memantau kinerja sales lapangan dan melacak aktivitas sales secara real time. Adapun, fitur-fitur menarik yang terdapat di aplikasi SimpliDOTS Monitoring, antara lain: 

  • Monitor Kinerja Salesman

Kunjungan dan kinerja salesman lebih mudah dipantau cukup melalui genggaman. Dari Dashboard aplikasi SimpliDOTS, manajer sales bisa memantau kunjungan, penjualan, dan penagihan barang. Hal ini dapat mencegah tindakan kecurangan atau fraud lebih awal. Laporan kunjungan dan monitoring terhadap tim sales akan lebih mudah diakses kapan saja  secara real time. 

  • Lacak Posisi Salesman

Melakukan pengawasan dan supervisi unit kerja penjualan sales lapangan hanya semudah beberapa kali klik saja. Admin kantor dan manajer, bisa lebih mudah mengetahui posisi salesman secara akurat dengan GPS tracking. Audit toko juga semudah dalam genggaman smartphone. 

  • Informasi Lokasi Outlet

Temukan toko atau lokasi outlet yang ingin dikunjungi lebih cepat dan mudah dari kolom pencarian. Peta lokasi akan muncul otomatis dari layar smartphone untuk menghindari salesman tersesat serta mencegah adanya kekeliruan kunjungan outlet. 

Tak salah lagi, aplikasi SimpliDOTS layak menjadi solusi ideal untuk memudahkan proses distribusi barang dan otomasi sales di lapangan. Yuk, coba GRATIS 14 hari aplikasi SimpliDOTS melalui tautan ini untuk membuktikan keunggulan fitur-fiturnya! Follow juga akun Instagram @simplidots untuk aktivitas terupdate dan info menarik lainnya.

Baca juga : Aplikasi Stok Barang : Solusi Mudah Membuat Berbagai Jenis Laporan Stok Barang